#30harimenulis #30harimenulis2018 #harike4
Drama Ojol
Bagian kedua
Sekitar bada Subuh, Abdi sudah
mulai ngider di jalanan kota Bogor. Inget lho, dia tuh ngider bukan karena lagi
jadi babi ngepet, tapi dia lagi jadi babang ojol atau ojek online yang sedang
mencari penumpang. Syukur-syukur, selain dapet penumpang, dia juga bisa dapet
jodoh, ye kan? Emang banyak kejadian sih, penumpang yang kecantol dan akhirnya
merit sama driver ojol. Makanya ga salah dong kalo Abdi juga ngarep itu bakal
kejadian di drama percintaannya? Hehehe..
Ah, sudahlah. Biarlah itu jadi
misteri Ilahi saja. Sekarang mah Abdi mesti fokus cari rezeki dulu. Merit juga
butuh biaya juga keles. Meskipun yang terpenting butuh calon pasangannya
terlebih dahulu (Eh, malah dibahas soal jodoh lagi. *penulis langsung dikepruk
si Abdi*).
Ting nung.. Ting Nung.. Ting
Nung.. Notifikasi aplikasi driver di hape Abdi berbunyi. Secepat kilat, tangan
Abdi membuka kunci ponselnya yang dia tempel di kaca speedometer, kemudian
terpampang nama Luna, alamat penjemputan depan minimarket, tujuan stasiun
Bogor, pembayaran dengan tunai sebesar 8 ribu rupiah.
“Asyik, panglaris euy. Cocol ah..”
ucap Abdi seraya mengklik tanda ‘terima’ di layar hapenya.
Setelah orderan itu diterima,
chat dari pelanggan bernama Luna itu pun masuk, yang dengan sigap Abdi jawab
demi mementingkan kepuasan pelanggan.
‘Mas, posisi dimana?’
‘Saya di dekat komplek TNI.. Mbak
di depan minimarket? Sebentar saya ke situ..’
‘Ok, jangan lama-lama ya, mas..
Saya udah mau telat nih.’
‘Siap!’
.
.
.
‘Mbak, saya sudah di depan
minimarket.’
‘Ok, mas, tunggu ya..’
Sambil menunggu pelanggannya
datang, Abdi mematikan mesinnya terlebih dahulu, dan iseng membuka-buka halaman
medsosnya. Barangkali ada yang komen atau like statusnya. Soalnya sebelum
berangkat tadi dia kan sudah bikin status dengan mengutip kata-kata mutiara
yang dia comot dari mbah Gugel. Euh, mata Abdi tiba-tiba merengit, ternyata masih
satu doang yang ngelike euy dan itu teh dia-nya sendiri yang like. Hadeuh..
“Mas Abdi?”
“Uh, oh, Mba Luna ya..” Abdi rada
kaget.
“Iya, mas.. Buru ih, jangan maen
hape melulu. Ngelamain aja, udah mau terlambat nih!” cerocos pelanggannya itu.
“Oh iya, maaf Mba..” jawab Abdi
pasrah, padahal perasaan si Mba-nya itu deh yang lama datang ke titik
penjemputannya. Fyuh, sabar wae lah,
batinnya.
Abdi pun menyerahkan helm ojolnya
kepada Mba Luna. Setelah dia memakai helm dan naik ke jok belakang, motor matic
Abdi pun langsung ditarik gasnya dan diarahkan ke tujuan.
“Mas, bisa lebih cepet lagi ga?
Kan saya bilang, tadi saya lagi buru-buru..” pelanggannya nyolot lagi.
“Ok, Mba.. Saya bawa kebut ya..
Pegangan yo!” Abdi hanya bisa menuruti request dari customernya lagi.
Motor maticnya pun digeber dengan
kecepatan yang lumayan bisa membuat The Flash merasa minder saking kalah cepat.
Dan sekitar lima menit perjalanan, mereka pun sampai di alamat tujuan, Stasiun
Bogor.
Pelanggannya pun turun dengan
tetap memasang muka jutek, sambil melepas helm, dia menanyakan berapa biaya
antarnya.
“8 ribu, mba..” jawab Abdi dengan
singkat, padat, dan terpercaya, setelah itu si Mba-nya memberi selembar uang
100 ribu kepadanya. “Waduh, maaf, Mba.. Saya baru keluar jadi belum ada
kembaliannya..”
“Yaelah, masa ga ada
kembaliannya? Ya udah, cari dong.. Cepetan ya!”
Sabar, Sabar.. batin Abdi menyemangati dirinya agar tetap bisa
melayani pelanggannya dengan baik. Akhirnya dia pun mencoba menukar uang
tersebut ke beberapa teman ojol yang ada di sekitar. Tapi mereka pun sama-sama
belum memegang uang receh. Babang Ojol lain menyarankan agar dia menukar uang
itu ke warung yang berjarak 100 meter dari tempat itu. Katanya sih di situ
selalu sedia uang receh dengan syarat minimal kudu jajan.
Mau tak mau, Abdi berjalan ke
warung tersebut. Dia belanjakan uang itu dengan membeli sebotol air mineral.
Fyuh, Alhamdulillah, uang recehnya ada. Sepuluh menit kemudian, Abdi kembali ke
tempat pelanggannya berada. Dia berikan uang kembalian sebesar 92 ribu rupiah
yang dengan kasar diterima oleh si Mba-nya.
“Huh, lama banget sih! Sumpah
pelayanannya parah! Gua kan jadi telat gawe, dasar kang ojek semprul!” serapah
Mba Luna, seraya berjalan masuk ke Stasiun Bogor.
Abdi pun hanya bisa mengelus dada
dan membatin, Kok ada sih cewek cantik
tapi kayak gitu kelakuannya. Udah mah dilayanin baik, malah nyemprot, ga ngasih
tips lagi. Ah, whatever lah sekarang mah move on aja, masih banyak cewek yang
lain. Tapi kok kayak jadi ada feeling ga enak ya?
Dan benar saja feeling Abdi,
karena saat dia buka aplikasi drivernya, akunnya ter-suspend karena mendapatkan
rating bintang 1 dengan komentar: “Lain kali sediain uang receh dong! Biar ga
bikin orang lain telat kerja! Nyetirnya juga ngebut-ngebut banget, rambut gua jadi
berantakan nih!”
Selesai membaca pesan tersebut,
Abdi sempat ingin membanting hapenya namun tidak jadi karena teringat hapenya
belum lunas. Dia pun hanya bisa merutuk kesal sambil mendoakan yang ‘baik-baik’
kepada pelanggan supernya itu. Masalahnya untuk membuka suspend itu, dia harus
ke kantor perwakilan Ojol dan mengajukan banding. Tapi biasanya, jarang banget
yang menang bandingnya, dan malah berujung putus mitra.
Akhirnya, saking stressnya, Abdi
hanya bisa berteriak, “Emaaaaak.. Abdi
kudu kumaha ieu teh? Moal bisa nabung jeung modal kawin deui atuh! Huaaa...”
Sekian
#805kata
Translate kalimat terakhir: “Hiks,
Ibuuu.. Abdi harus gimana lagi dong? Ga bisa nabung buat modal kawin lagi atuh!
Huaa...”
NB:
Yo, kembali lagi dengan kisah
Drama Ojol-nya si Abdi. Cerita ini diangkat dari kisah viral seorang bapak yang
kena suspend karena ada pelanggan buru-buru karena telat gawe, tapi bayar pake
uang gede. Cik atuh mikir.. Kalopun lagi buru-buru, plis siapin uang pas
(mungkin plus tip juga). Dan kalopun minta nyetirnya dipercepat, ya jangan
komplain soal nyetir kok kebut-kebut. Dan tolong atuh ya, jangan asal bintang 1
aja untuk masalah sepele. Bisa matiin rezeki orang secara langsung lho itu!
Untungnya kisah si bapak itu viral, makanya kantor ojolnya pun ngebukain lagi
suspendnya. Semoga ga ada pelanggan tipe kayak gitu lagi ya and tunggu kisah
drama ojol berikutnya dari blog ay ini ya. Hoho..
No comments:
Post a Comment