Thursday, June 28, 2018

Drama Ojol bagian 2 (30 Hari Menulis: Hari ke-4)

#30harimenulis #30harimenulis2018 #harike4

Drama Ojol
Bagian kedua

Sekitar bada Subuh, Abdi sudah mulai ngider di jalanan kota Bogor. Inget lho, dia tuh ngider bukan karena lagi jadi babi ngepet, tapi dia lagi jadi babang ojol atau ojek online yang sedang mencari penumpang. Syukur-syukur, selain dapet penumpang, dia juga bisa dapet jodoh, ye kan? Emang banyak kejadian sih, penumpang yang kecantol dan akhirnya merit sama driver ojol. Makanya ga salah dong kalo Abdi juga ngarep itu bakal kejadian di drama percintaannya? Hehehe..

Ah, sudahlah. Biarlah itu jadi misteri Ilahi saja. Sekarang mah Abdi mesti fokus cari rezeki dulu. Merit juga butuh biaya juga keles. Meskipun yang terpenting butuh calon pasangannya terlebih dahulu (Eh, malah dibahas soal jodoh lagi. *penulis langsung dikepruk si Abdi*).

Ting nung.. Ting Nung.. Ting Nung.. Notifikasi aplikasi driver di hape Abdi berbunyi. Secepat kilat, tangan Abdi membuka kunci ponselnya yang dia tempel di kaca speedometer, kemudian terpampang nama Luna, alamat penjemputan depan minimarket, tujuan stasiun Bogor, pembayaran dengan tunai sebesar 8 ribu rupiah.

“Asyik, panglaris euy. Cocol ah..” ucap Abdi seraya mengklik tanda ‘terima’ di layar hapenya.

Setelah orderan itu diterima, chat dari pelanggan bernama Luna itu pun masuk, yang dengan sigap Abdi jawab demi mementingkan kepuasan pelanggan.

‘Mas, posisi dimana?’

‘Saya di dekat komplek TNI.. Mbak di depan minimarket? Sebentar saya ke situ..’

‘Ok, jangan lama-lama ya, mas.. Saya udah mau telat nih.’

‘Siap!’
.
.
.
‘Mbak, saya sudah di depan minimarket.’

‘Ok, mas, tunggu ya..’

Sambil menunggu pelanggannya datang, Abdi mematikan mesinnya terlebih dahulu, dan iseng membuka-buka halaman medsosnya. Barangkali ada yang komen atau like statusnya. Soalnya sebelum berangkat tadi dia kan sudah bikin status dengan mengutip kata-kata mutiara yang dia comot dari mbah Gugel. Euh, mata Abdi tiba-tiba merengit, ternyata masih satu doang yang ngelike euy dan itu teh dia-nya sendiri yang like. Hadeuh..

“Mas Abdi?”

“Uh, oh, Mba Luna ya..” Abdi rada kaget.

“Iya, mas.. Buru ih, jangan maen hape melulu. Ngelamain aja, udah mau terlambat nih!” cerocos pelanggannya itu.

“Oh iya, maaf Mba..” jawab Abdi pasrah, padahal perasaan si Mba-nya itu deh yang lama datang ke titik penjemputannya. Fyuh, sabar wae lah, batinnya.

Abdi pun menyerahkan helm ojolnya kepada Mba Luna. Setelah dia memakai helm dan naik ke jok belakang, motor matic Abdi pun langsung ditarik gasnya dan diarahkan ke tujuan.

“Mas, bisa lebih cepet lagi ga? Kan saya bilang, tadi saya lagi buru-buru..” pelanggannya nyolot lagi.

“Ok, Mba.. Saya bawa kebut ya.. Pegangan yo!” Abdi hanya bisa menuruti request dari customernya lagi.

Motor maticnya pun digeber dengan kecepatan yang lumayan bisa membuat The Flash merasa minder saking kalah cepat. Dan sekitar lima menit perjalanan, mereka pun sampai di alamat tujuan, Stasiun Bogor.

Pelanggannya pun turun dengan tetap memasang muka jutek, sambil melepas helm, dia menanyakan berapa biaya antarnya.

“8 ribu, mba..” jawab Abdi dengan singkat, padat, dan terpercaya, setelah itu si Mba-nya memberi selembar uang 100 ribu kepadanya. “Waduh, maaf, Mba.. Saya baru keluar jadi belum ada kembaliannya..”

“Yaelah, masa ga ada kembaliannya? Ya udah, cari dong.. Cepetan ya!”

Sabar, Sabar.. batin Abdi menyemangati dirinya agar tetap bisa melayani pelanggannya dengan baik. Akhirnya dia pun mencoba menukar uang tersebut ke beberapa teman ojol yang ada di sekitar. Tapi mereka pun sama-sama belum memegang uang receh. Babang Ojol lain menyarankan agar dia menukar uang itu ke warung yang berjarak 100 meter dari tempat itu. Katanya sih di situ selalu sedia uang receh dengan syarat minimal kudu jajan.

Mau tak mau, Abdi berjalan ke warung tersebut. Dia belanjakan uang itu dengan membeli sebotol air mineral. Fyuh, Alhamdulillah, uang recehnya ada. Sepuluh menit kemudian, Abdi kembali ke tempat pelanggannya berada. Dia berikan uang kembalian sebesar 92 ribu rupiah yang dengan kasar diterima oleh si Mba-nya.

“Huh, lama banget sih! Sumpah pelayanannya parah! Gua kan jadi telat gawe, dasar kang ojek semprul!” serapah Mba Luna, seraya berjalan masuk ke Stasiun Bogor.

Abdi pun hanya bisa mengelus dada dan membatin, Kok ada sih cewek cantik tapi kayak gitu kelakuannya. Udah mah dilayanin baik, malah nyemprot, ga ngasih tips lagi. Ah, whatever lah sekarang mah move on aja, masih banyak cewek yang lain. Tapi kok kayak jadi ada feeling ga enak ya?

Dan benar saja feeling Abdi, karena saat dia buka aplikasi drivernya, akunnya ter-suspend karena mendapatkan rating bintang 1 dengan komentar: “Lain kali sediain uang receh dong! Biar ga bikin orang lain telat kerja! Nyetirnya juga ngebut-ngebut banget, rambut gua jadi berantakan nih!”

Selesai membaca pesan tersebut, Abdi sempat ingin membanting hapenya namun tidak jadi karena teringat hapenya belum lunas. Dia pun hanya bisa merutuk kesal sambil mendoakan yang ‘baik-baik’ kepada pelanggan supernya itu. Masalahnya untuk membuka suspend itu, dia harus ke kantor perwakilan Ojol dan mengajukan banding. Tapi biasanya, jarang banget yang menang bandingnya, dan malah berujung putus mitra.

Akhirnya, saking stressnya, Abdi hanya bisa berteriak, “Emaaaaak.. Abdi kudu kumaha ieu teh? Moal bisa nabung jeung modal kawin deui atuh! Huaaa...”

Sekian

#805kata

Translate kalimat terakhir: “Hiks, Ibuuu.. Abdi harus gimana lagi dong? Ga bisa nabung buat modal kawin lagi atuh! Huaa...”

NB:
Yo, kembali lagi dengan kisah Drama Ojol-nya si Abdi. Cerita ini diangkat dari kisah viral seorang bapak yang kena suspend karena ada pelanggan buru-buru karena telat gawe, tapi bayar pake uang gede. Cik atuh mikir.. Kalopun lagi buru-buru, plis siapin uang pas (mungkin plus tip juga). Dan kalopun minta nyetirnya dipercepat, ya jangan komplain soal nyetir kok kebut-kebut. Dan tolong atuh ya, jangan asal bintang 1 aja untuk masalah sepele. Bisa matiin rezeki orang secara langsung lho itu! Untungnya kisah si bapak itu viral, makanya kantor ojolnya pun ngebukain lagi suspendnya. Semoga ga ada pelanggan tipe kayak gitu lagi ya and tunggu kisah drama ojol berikutnya dari blog ay ini ya. Hoho..

No comments: