Friday, June 29, 2018

Drama Ojol bagian 3 (30 Hari Menulis: Hari ke-5)


#30harimenulis #30harimenulis 2018 #harike5

Drama Ojol
Bagian Ketiga

Pekerjaan di lapangan sering dijadiin alesan oleh kebanyakan orang untuk ngebatalin puasa mereka. Makanya profesi kayak pemain bola, wasit, pemain basket, voli, bulu tangkis suka pada ga puasa. Eh, tunggu, perasaan contohnya rada aneh ya? Maksud pekerja lapangan teh bukan mereka yang kerjanya main di lapangan doang keleus, tapi mereka yang bekerja di luar ruangan alias outdoor (backsound: krik.. krik..). Termasuk pekerjaan  yang sedang digeluti Abdi saat ini, yaitu Ojek Online.

Tapi, bukan Abdi namanya kalo mesti batalin puasanya hanya karena ngojek doang. Lagian, malu atuh ama ponakannya yang masih balita tapi sudah bisa puasa sampe pol. Kerjaan ojol juga ga berat-berat amat kok (ga disuruh angkat-angkat motor kan?), penumpang pun ga selalu ada setiap saat, jadi waktu istirahatnya juga banyak. Sekarang saja Abdi sedang tiduran di basecamp dari siang. Ga heran juga kan dia bisa puasa sampe Maghrib, karena kalo ga ada penumpang, kerjaannya ya tidur doang. Gak boleh ditiru ya, harusnya bulan puasa mah dibanyakin ibadahnya. Hehe..

“Di.. Abdi.. Bangun uy.. Itu hapenya bunyi, ada order masuk kali tuh..” teman ojolnya yang bernama Acung berusaha membangunkan Abdi. Mau tak mau Abdi pun membuka matanya dan mengecek hapenya itu.

“Oh iya, orderan makanan euy, lumayan.. Emang sekarang jam berapa ya? Kok tumben di bulan puasa ada yang mesen makan siang-siang ya?”

“Et dah, bro! Siang apanya? Makanya melek yang bener dulu. Sekarang udah jam 5 sore tauk!”

“Ah yang bener?” Abdi mengucek-ngucek matanya lagi supaya bisa lebih fokus kemudian dia arahkan matanya ke jam dinding yang ada di basecampnya, dan ternyata perkataan temannya memang benar. “Waduh, bukan bangunin dari tadi atuh.. Belum Shalat Ashar deh jadinya.”

“Yee, salah sendiri atuh tidur melulu.. Udah deh tuh urusin orderannya dulu. Sekalian minta waktu buat shalat juga ke customernya, supaya lo ga dapet rating jelek lagi gara-gara kelamaan. Hehe..” goda Acung yang langsung membuat Abdi tertawa getir karena teringat rating bintang satu yang pernah dia dapat.

“Sialan lu.. Udah diem dah, sekarang mau gua telpon dulu nih customernya.. Jrit, namanya Luna juga pula, tapi semoga beda orang dan beda kepribadian ama yang kemaren-kemaren,” ucap Abdi, sambil melihat rincian orderannya. Acung pun hanya cekikikan saat melihat temannya harap-harap cemas setelah melihat nama pemesan yang sama dengan pemberi bintang satu pada waktu itu.

“Ssst.. Diem eh, udah diangkat nih teleponnya..” seru Abdi kepada Acung yang membalas dengan mengangkat kedua ibu jarinya. “Halo, dengan Mba Luna yang memesan makanan di Ria Ricis, eh, Ricis paktori?”

“Halo, iya mas, saya yang memesan makanan..” terdengar suara syahdu seorang wanita dari speaker hape.

“Pesananannya sesuai aplikasi?” tanya Abdi untuk memastikan.

“Iya, sesuai aplikasi aja..”

“Agak lama ga apa-apa ya, Mba? Saya harus Shalat Ashar dulu..”

“Oh, ga apa-apa, mas.. Asal jangan lewat dari Maghrib, kan itu juga saya pesankan buat buka puasa mas-nya..”

“Eh, maksudnya?”

“Si mas  puasa kan?”

“Iya, puasa.. Insya Allah..”

“Ya sudah, itu sudah saya pesankan buat berbuka masnya ya.. Saya bayarnya juga sudah via aplikasi ya..”

“Waduh, seriusan Mba? Makasih ya. Semoga si Mba semakin dilimpahkan rezekinya..”

“Aamiin.. Doa yang sama buat, mas..”

“Ok, sekali lagi makasih, Mba..”

Lagi-lagi feeling Abdi bener kan? Sifat Mba Luna yang satu ini bener-bener kebalikan dari yang sebelumnya. Tak hentinya dia ucapkan rasa syukur kepada sang Pencipta karena telah menurunkan seorang bidadari berhati mulia seperti ini *lebay mode: max*.

“Bro, lo beneran ditraktir ama customer lo?” Acung penasaran, Abdi pun mengangguk. “Enak bener.. Berapa porsi, bro?”

“Ya satu aja lah.. Buat gua.. Udah ya, gua mau Shalat Ashar dulu, terus capcus buka di Ricis Paktori. Ahahay..”

“Bawa ke sini lah, bro, makanannya.. Sumpah gua belum pernah ngerasain makanan itu, padahal gua sering mesenin.. Plis atuh, bro.. Bro, elah, bro!” Acung memohon-mohon kepada Abdi, yang dia katakan lagi-lagi emang benar adanya sih, kebanyakan ojol sering mesenin makanan tapi mereka belum pernah nyicipin.

Tapi berhubung dari tadi Abdi digodain dia, saatnya godain balik. Tanpa menggubris temennya, Abdi langsung naik motor dan meninggalkan basecamp. Dia pun tertawa puas saat mendengar teriakan Acung. “Woy, Abdi.. Jangan anggurin gua woy! Awas lo kalo kagak balik ke sini  sambil bawa makanannya”

“Iya entar gua bawain fotonya doang ya.. Ahaha..” balas Abdi sambil melambaikan tangan.

Ah, sweet revenge.

Selesai

#690kata

NB:
Dari kemaren kan drama ojolnya soal yang resiko yang mesti ditanggung para ojol. Nah, kali ini sengaja ngangkat hal positifnya. Yep, beberapa kali sering liat berita viral soal pelanggan yang memesan makanan kemudian memberikannya kepada babang Ojolnya. Meskipun mungkin harga makanannya ga seberapa tapi pasti sangat berarti buat para abang ojol. Well, semoga kisah ini bisa jadi inspirasi buat kita semua untuk berbuat kebaikan juga ya.

No comments: