Tuesday, June 26, 2018

My first Mudik Experience: Tasikmalaya here I come (30 Hari Menulis: Hari ke-2)


Yey, mudik ke Tasik
#30harimenulis #30harimenulis2018 #harike2

My first Mudik Experience: Tasikmalaya here I come

Lebaran tahun lalu adalah lebaran yang sangat spesial buat gua, apa pasal? Yes, karena di tahun itu, gua akhirnya bisa ngerasain yang namanya mudik coy! *norak mode: on*

Eit, sebenernya sih bukan kali pertama ini sih gua mudik. Hmm, berarti judul postingan ini bohong atuh? Ah sotoy nih yang baca, nih ya gua jelasin, sebenernya tiap taun pun gua mudik ke rumah nenek gua, tapi... rumahnya  cuman beda kampung dan beda erte erwe, so mudiknya belum begitu sah gitu lho.. *ya iyya lah* wakaka.. Nah, untuk yang sekarang mah mudiknya beneran ke luar kota bray.. Cuma karena gua ga punya kampung, alhasil gua pun hanya bisa ngikut ke kampung orang. Sayangnya bukan kampung calon bebeb gua, tapi kampungnya salah satu temen ngaprak di Woles Futsal yang ada di kota Tasikmalaya. Eh, ralat deh, kampungnya belum nyampe kota, alias baru masuk Kabupaten *penting* heuheuheu..

Rencananya, mudik ke Tasik ini bakalan dihelat (jeilah bahasanya dihelat) di H+1 setelah lebaran, namun karena si Imin sang empunya hajat hanya dikasih libur sekitar 4 harian aja, jadinya hari keberangkatan pun dimajukan menjadi pas Hari H nya banget. Alesannya mah supaya bisa lebih puas pas di kampungnya, ga cuma dateng, numpang boker, numpang tidur, balik lagi. Eaa.. Ngedenger keputusan itu pun gua sempet ragu, karena di Hari H pan gua teh pasti masih hilir mudik silaturahim ke keluarga dan tetangga gitu lho.. Apalagi beberapa temen yang sempet mau ikut juga jadi ngundurin diri pas tau tanggalnya dimajuin. So, biarpun mudiknya kagak dicancel, gua bakalan cuma berangkat satu motor doang. Huhu...  Tapi akhirnya, gua buletin tekad –pake pensil 2B *halah*- untuk tetep ikut, sambil minta ke si Imin buat berangkatnya pas sore atau abis maghrib supaya sedari pagi ampe sorenya gua bisa ngider dulu, pan si gua teh ga mau dicap anak durhaka di keluarga sendiri atuh, iye nggak? :p

Oke sip lah, setelah semua rencana udah deal. Saatnya menunggu hari yang dinanti dan capcus dengan perasaan nan gembira. Ahay..

-=-=-=-=-=-=-=-

Di sore hari yang telah dijanjikan, si Imin mulai ngabarin kalo dia udah ready dan nanya gua ada dimana. Seperti kebanyakan orang kalo ditanya posisi, gua jawab aja 'OTW' yang kalo kata bule mah artinya 'On The Way' tapi kalo kata orang Sunda 'Ok, tangguan we' alias 'Ok, tunggu ya'. Hehe.. Lagian gua juga baru aja silaturahim ke keluarga yang ada di Depok, jadinya butuh nafas dulu bentar atuh. Untungnya barang bawaannya udah dipacking dari semalem, jadinya ga perlu rempong bin riweuh lagi deh. Jam dinding udah nunjukin pukul setengah lima, saatnya capcus kalo gitu.

Sekitar jam 5 udah sampe di rumah kontrakan si Imin. Dia juga udah selesai packingnya. Ini sih tinggal berangkat doang. Tapi berhubung jamnya tanggung mau ke Maghrib, jadinya kita nungguin waktu Shalatnya dulu deh. Beres Shalat, kita pastiin lagi barang bawaan biar ga ada yang ketinggalan dan saatnya ngucapin sayonara dulu ke kota Bogor. Hohoho..

Karena kita berangkat naik motor, buat sampe ke Tasik, jalur yang bakal dilewatin adalah Puncak - Cibodas - Cianjur - Ciranjang - Padalarang - Cibiru - Cicalengka - Nagrek - Malongbong Garut - Tasik. Normalnya sih kalo ga ada halangan rintangan berarti (kayak mantan nyuruh balik gitu.. heuheu..), waktu yang ditempuh palingan sekitar 10-12 jam. Ini juga udah kelamaan, karena diitungnya pake speed woles ala-ala gua (50-80 km/jam). Soalnya, gua ini kan tipe yang kalo travelling itu ga mau diburu-buru dan pengen nikmatin setiap km perjalanannya. Supaya kenangannya ga gampang dilupain, ga kayak kamu yang gampang ngelupain aku. Hiks.. *maap, curcol*.

Awal perjalanan melewati Puncak ternyata sangat lancar. Padahal biasanya pan di sini teh selalu macet. Apalagi ini kan lagi lebaran dan musim lebaran. Hmm, berarti orang-orang masih milih untuk berkumpul di rumah sanak saudaranya dibanding jalan-jalan *ya iyya lah*. Tapi ga tau deh kalo besok, dijamin macet lagi gak ya? Ah, whatever, yang penting sekarang gua bisa ngendarain motor ini dengan santai. Saking santainya, tanpa sadar udah sampe ke daerah Cibodas, dan berhubung pasokan bensin mulai menipis, melipirlah kita di pom bensin. Sambil istirahat, karena bahu udah mulai pegel plus pantat udah panas. Sekitar 15 menitan kita istirahat, perjalanan pun dilanjut kembali.

Dari Cibodas ini, arus lalu lintas masih tergolong lancar bingit. Hingga tak terasa udah sampai di Ciranjang. Dari sini mulai deh ada tantangannya, mulai ketemu ama bus-bus antar kota dan truk-truk gede, kudu makin ati-ati deh. Untungnya, pas sampe di daerah Padalarang, jalanan kembali sepi. Mungkin karena udah ampir tengah malem juga kali ya. Banyak yang mulai melipir juga. Gua ama temen pun mutusin buat ikutan melipir ke pom bensin dulu. Kelupaan euy belum Shalat Isya, terus rada kebelet juga, kalo bensin sih masih rada full. Kelar Shalat, kita pun istirahat sebentar, mejemin mata paling nggak satu jam saja *langsung nyetel lagu Audy #eaa*. Namun, berhubung banyak orang  yang melipir juga, tempatnya jadi kurang pewe, alhasil cuma bisa istirahat sekitar setengah jam aja. Tapi lumayan lah mata juga jadi ga ngantuk-ngantuk amat.

Lanjut perjalanan dari Padalarang sekiar jam 1 dini hari. Suhu udara juga mulai turun, jalanan pun berkabut. Volume kendaraan juga jarang pisan, udah kayak lagi syuting film Silent Hill deh *lebay*. Alhasil biarpun jalanan ampir kosong, speed kendaraan diturunin lagi supaya ga gitu dingin jadinya. Euh, coba aja boncengannya bukan ama si Imin, tapi ama kamu, pasti aku udah minta peluk *preet*. Eh, ga kerasa *lagi* kita udah sampe di Cimahi, ikutin plang petunjuk yang ke arah Tasik, kita pun diarahin ke Jl. Soekarno Hatta-nya Bandung, yang super duper lurus panjang, ngeboringin, plus ngebetein karena banyak lampu merahnya. Wekeke.. Hingga akhirnya, kita pun sampai di Cicalengka sekitar jam 3 pagi, dan si mata ini udah ga bisa dikompromiin lagi. Kita putusin cari Masjid untuk tidur sampai waktu Subuh. Yah, tadinya sih mau nyari hotel atau penginapan gitu, tapi entar takut disangka pasangan apalah-apalah << padahal aslinya mah biar gretongan kalo di Masjid. Hihi..

Beres istirahat dan Shalat Subuh di Masjid, kita lanjut lagi perjalanannya. Sepertinya, mudikers lain mulai keluar dari tempat peristirahatannya juga, karena jalan kembali ramai. Apalagi setelah masuk daerah Nagrek, macet pisan euy. Beruntung kita mah pake motor, jadi tetep bisa selap selip, sehingga kagak stuck gitu aja *ga kayak hubungan aku dan kamu #euh*. Beres dari Nagrek pun macet masih terus aja sampai Malongbong Garut, bikin Hayati lelah pisan ini mah. Baru deh selepas Ciawi Tasik, mulai lancar lagi hingga akhirnya kita sampai di daerah Raja Polah dan belok kanan ke Cisayong menuju rumah ortu si Imin. And finally, kita pun sampe di tkp -yang dikelilingin oleh sawah dan kebun- sekitar pukul 10 pagi.

Keluarga si Imin pun menyambut dengan sukacita kepulangan anaknya. Bahkan gua yang bukan termasuk keluarganya pun disambut dengan ramah. Ciri khas keramahan warga Sunda pisan lah. Eh, tapi ada masalah nih.. Logat dan beberapa kosakata sunda orang Tasik ini ternyata beda ama Bogor. Jadi beberapa kali, gua roaming ama yang mereka omongin. Sundanya kebanyakan Sunda lemeeees pisan. Ditambah ngomongnya juga speed fast banget. Jadi ga heran beberapa kali gua hanya bisa jawab dengan 'Iya, enya, muhun' doang. Kayak orang gagap Inggris ditanya bakal jawab yesno-yesno doang. Hahaha..

Btw, kampungnya ini beneran bikin pewe banget euy. Biarpun rumahnya masih berupa bilik bambu beralaskan kayu, masak pun pake hawu (tungku), tapi suasananya bikin betah pisan. Kira-kira bakal males pulang gak ya? Atau gua cari calon orang sini aja ya, biar bisa rasain sensasi ini tiap taun? Wekeke..

Yang pasti pengalaman mudik pertama kali ini sangat berkesan buat gua. Tahun depan, nyobain mudik kemana lagi ya? 

1.227 kata

Besoknya main ke Kawah Gunung Galunggung, lumayan 500an tangga

Masakannya sederhana tapi endes..

Si Imin. XD

1 comment:

duniaputri said...

saran ke tulisannya; rapikan? bosen ngak sih? disuruh rapi? hahhaaha. biyar enak gitu, kek buku2 yang isinya bahkan ada dari potongan2 celotehan Twitter. gosipnya sih ada buku kek gt, ngak tau jugak. klo genre palingan, lebih ke kaya, Pop Culture alias Budaya Pop gt sih yak. buat media penulisan, ini komentar pakek akun mblog yg BP jugak. klo yg buwat #30HM di Wordpress. jadi, tanggapan ke media penulisan: BRO, GEDEIN SIH tampilan hurufnya. cik atuh ey, diganti temanya. kesian tim juri pening matanya.