Monday, July 23, 2018

Eksplor Pantai Legon Pari Sawarna (30 Hari Menulis: Hari ke-29)

#30harimenulis #30harimenulis2018 #harike29

Eksplor Pantai Legon Pari Sawarna
Pantai Legon Pari Sawarna
 
Seperti disebut di postingan sebelumnya, pada Sabtu dan Minggu 21-22 Juli 2018 kemaren, gw baru aja ngelakuin perjalanan ke salah satu pantai yang berada di wilayah Sawarna, Bayah, Banten. Di kawasan Bayah ini memang terkenal dengan kawasan pantainya yang bagus-bagus khas pantai daerah selatan Jawa. Yang paling terkenal dan ramai dikunjungi tentunya Pantai Ciantir alias Pantai Pasir Putih Sawarna dengan Tanjung Layarnya. Makanya ga heran, banyak orang itu tahunya Pantai Sawarna ya cuma Pantai Pasir Putih ini, kayak orang luar nyangka Indonesia itu cuma Bali. Padahal masih banyak pantai lain yang keren di daerah sini lho, seperti Pantai Pulomanuk, Pantai Goa Langir, dan Pantai Legon Pari. Nah, kemaren, pantai yang gw datengin itu Pantai Legon Pari. Gimana sih pesona pantai ini? Apa benar bagus atau B-ajah? Let’s cekidot!

Sebelum berangkat, gw sempet khawatir ketika denger berita kalo ombak di pantai selatan lagi gede-gedenya. Kata BMKG sih karena ada angin yang meskipun kecil tapi terus berhembus dari arah selatan, makanya kata mereka ombaknya pun bisa ampe setinggi 5 meter. Tapi berhubung gw udah pernah ke Pantai Legon Pari sebelumnya dan tahu bahwa pantai itu merupakan sebuah teluk (laut menjorok ke daratan berbentuk setengah lingkaran), jadinya yakin segede-gedenya ombak ga akan ampe tinggi banget. Akhirnya, di Sabtu siang, gw dan beberapa geng tetep mantapin hati untuk berangkat sambil berdoa semoga perjalanan kita ini aman sentosa dari berangkat sampai pulang.

Lama perjalanan dari Bogor menuju Bayah itu kurang lebih sekitar 6 jam sudah termasuk istirahat beberapa kali. Rute yang dilewatin adalah Bogor – Cihideung – Cigombong – Cicurug – Parung Kuda – Cikidang – Pelabuhan Ratu – Cisolok – Bayah. Selama perjalanan siang sampai sore itu kita gak nemuin kemacetan lho, padahal berangkat weekend. Mungkin karena mendekati akhir bulan keleus yah. Hehe.. Jalanannya juga overall bagus, kecuali pas udah mau sampe ke Desa Sawarna-nya, jalanannya rusak parah. Banyak aspal yang terkelupas dan berlobang. Tapi kayaknya sih lagi ada perbaikan dan pelebaran juga. Mudah-mudahan kalo entar ke sini lagi mah udah makin rapi ya..

Pas sampai di Desa Sawarna ini, plang Pantai Legon Pari jangan sampe kelewatan ya! Plang itu ada tepat di SD Negeri 1 Sawarna,harusnya sih gampang keliatan, meskipun plangnya kecil. Pokoknya kalo kalian ternyata malah sampe di pintu gerbang Pantai Pasir Putih Sawarna, berarti udah kelewat, soalnya gang menuju Pantai Legon Pari ini ada beberapa ratus meter sebelum gerbang Pantai Sawarna itu.

Buat yang pake mobil, sori-sori nih, kalian mesti parkir di tempat parkir yang ada di sekitar jalan masuknya dan lanjut ke dalam dengan jalan kaki. Sedangkan buat yang pake motor, bisa labas ampe pantai. Tapi mesti hati-hati juga euy buat yang pake motor, karena jalan masuknya itu berupa jalan setapak sempit yang kalo kita lengah dikit aja, bisa nyusruk ke kebon orang. Adaw! Oh iya, nanti kita juga bakal lewatin jembatan gantung lho! Sebelumnya lewatin, kita mesti bayar htm Pantai sebesar 5rb per orang dulu. Kudu fokus dan hati-hati deh ketika nyeberangin Sungai Muara Sawarna ini, soalnya jembatan gantungnya itu bakal goyang-goyang pas kita lewat. Buat yang motornya boncengan mendingan turunin dulu boncenger-nya, supaya bisa lebih seimbang lagi. Dan, voila, setelah kita pacu motor sejauh 100 meteran, pantai pun mulai terlihat, dan deburan ombak juga mulai terdengar.

Pasir pantainya lembut
Waktu itu kita dateng pas momen sunset, sayangnya Pantai Legon Pari ini bukan spot untuk ngeliat matahari tenggelam itu. Soalnya si matahari malah ada di arah belakang, bukan tenggelam di lautnya. Tapi tenang aja, guys, besoknya kita bakal bisa liat sunrise. Bukan terbit dari lautnya juga sih, tapi di sekitaran Karang Taraje yang berada di ujung kiri pantai ini. Biarpun gitu, dijamin bakal tetep keren deh.

Di malam pertama di Pantai Legon Pari ini, gw dan geng yang udah bawa perlengkapan tenda pun mutusin untuk kemping di salah satu sudut pantai yang dirasa aman. Kita pilih kemping di dekat satu warung yang ada toiletnya juga. Sebelumnya izin dulu ke pemilik warung terus kita juga nanya biaya kalo kita booking toiletnya dari malam ini sampe besok berapa. Ternyata kita cuma ditagih sebesar 10rb per orang dan kita bebas make toiletnya itu sampe pulang. Yep, warga Sawarna memang dikenal ramah-ramah dan warungnya juga ga nembak harga kok. Makanya kalo kalian ke sini dijamin bakal kangen buat balik lagi di lain waktu. Oh iya, buat yang ga mau kemping, di pantainya juga banyak disewain saung-saung. Ada penginapan juga tapi rada jauh dari pantai.

Ngemeng-ngemeng soal pantainya, Pantai Legon Pari ini memiliki pasir putih yang halus dan luas lho. Jadi, biarpun kalian tiduran di pasirnya dengan beralaskan tiker yang tipis pun pasti bakal ngerasa nyaman dan pewe banget. Ajibnya lagi, karena letak pantainya ini rada tersembunyi,  pengunjungnya itu sedikit banget. Di pantainya juga masih bebas dari sampah berserakan. Bersih pisan lah.

Biasanya ombak di Pantai Legon Pari ini kecil, tapi sayangnya, bener kata ramalan BMKG, ombak pantai selatan lagi gede-gede euy, meskipun ga ampe 5 meter juga sih, tapi jadi bikin gw waswas pas tidur di dalem tenda, takut aernya sampe naek gitu. Soalnya di hari sebelumnya juga ada video viral dari pantai selatan Jogja ketika ombak naek dan menggerus tenda yang lagi pada kemping. Terus kata si ibu warung juga, pas hari Selasa, ombaknya sempet nyampe warungnya. Alhasil, semaleman gw jadi sering kebangun beberapa kali, sambil ngintip dan ngecek ketinggian air laut dan ombaknya. Hadeuh-hadeuh.

Untungnya, ga ada hal buruk yang terjadi dan keesokan harinya gw pun terbangun dengan perasaan ga sabar untuk segera menyambut sang matahari terbit sebentar lagi. Dengan semangat, gw pun jalan menuju Karang Taraje yang merupakan spot terbaik melihat sunrise. Selain itu, di Karang Taraje ini cocok buat spot foto-foto lho. Bentuk karangnya itu unik dan bagus. Terus juga ada satu karang dimana ketika ombak besar muncul, air yang membuncah ke atas bakalan turun lewatin karang itu dan ngebentuk curug/air terjun dadakan yang lumayan gede. Tapi momen itu sangat jarang euy, kita kudu sabar nungguin sekitar 15 menitan sekali buat dapetinnya, itu juga cuma ada pas pagi hari dimana ombak lagi ganas-ganasnya.

Curug Ombak Karang Taraje

Hello, Sunrise!
Ah, ternyata si matahari terbitnya keluar dengan malu-malu dengan ketutupan awan. Dan baru full keluar setelah posisinya rada  tinggi. Tapi tetep keren dah, dan spot Karang Taraje emang tempat yang tepat untuk itu. So, tunggu apalagi? Mari kita abadiin momen ini dengan ber-selfie ria. Hoho..

Btw, ternyata di Pantai Legon Pari ini ada satu pantai lagi yang bisa dikunjungi, namanya Pantai Sepang. Pantainya ini masih sepi dan belum dikelola. Makanya buat ke Pantai Sepang ini butuh perjuangan ekstra dengan lewatin bukit yang ada di deket Karang Taraje. Jalannya masih berupa tanah yang cuma setapak dan hanya cukup buat satu motor. Pas kemarau kayak gini aja, motornya tuh butuh perjuangan ekstra karena kudu lewatin tanjakan dan turunan yang lumayan ekstrim, apalagi kalo pas musim ujan, mendingan skip deh. Tapi kalo mau disamperin dengan jalan kaki juga bisa kok, dan pastinya lebih aman. Jaraknya ga gitu jauh juga, palingan jalannya sekitar setengah jam aja.

Mari terbang ke khayangan..

Main air di Pantai Sepang
Pantai Sepang ini bertipe sama dengan Pantai Legon Pari, sama-sama teluk dan berpasir putih luas juga. Hanya saja karena belum dikelola, jadi lebih sepi dan lebih private. Kemaren aja, Cuma ada rombongan kita doang di sini. Tapi sayangnya, tempatnya masih jarang pepohonan, jadinya dijamin lebih panas, karena susah nyari tempat berteduh. Well, semoga aja nanti mah segera dikelola yah, jadinya kan makin nambah pilihan pantai pas maen ke daerah sini.

Yeah, pokoknya meskipun liburannya ga lama dan ga jauh-jauh dari Jawa Barat, gw  udah puas pake banget dah! Pantai Legon Pari ini sangat recommended pisan buat yang mau liburan dengan suasana yang damai dan ga gitu rame.

Jadi, kapan atuh kalian ke sini juga? XD

Geng Ngaprak dari Track Kaskus

#1240kata

2 comments:

Unknown said...

Mas kalau untuk penginapan atau homestay di lagon pari ada tidak ya? Dan kisaran harga brp permalam?

A-Bye said...

Untuk homestay kayaknya lebih banyak daerah pantai pasir putih atau Tanjung layar. Kalau di deket Legon pari kebanyakan hanya saung atau bale-bale gitu setau saya.