#30harimenulis #30harimenulis2018
#harike21
Tema: Kekinian
“Hey, guys.. Kali ini gua ada di
salah satu restoran yang lagi ngehits di Bogor lho.. Gua juga mau nyobain
makanan andalan mereka yang lagi booming, ayam geprek mozarella yang ada level
pedasnya gitu lho! Terus nanti di sana juga gua bakal.. bla.. bla.. bla..”
Yeah, begitulah contoh salah satu
aksi seorang vlogger (video blogger) atau youtuber ketika ngebahas soal restoran atau makanan yang lagi kekinian
di salah satu daerahnya. Yep, ke.. ki.. ni.. an. Emang sebenernya apa sih
kekinian itu? Hmm, mungkin bisa jadi diartiin sebagai hal yang sedang booming
dan paling up-to-date kali ya. Jadi kalo lo-lo semua ga ngelakuin hal yang lagi
kekinian tuh rasanya kudet (kurang apdet) dan basi banget deh pokoknya.
Alhasil generasi zaman kiwari bin
masa kini pasti selalu ngerasa takut atau bersalah kalo mereka ga ngikutin
hal-hal yang sedang ngehits di waktu itu. Contohnya nih, di tahun kemaren,
mainan spinner tiba-tiba booming
banget di seluruh penjuru dunia dan ga perlu nunggu waktu lama deh buat hampir semua
generasi kekinian untuk punya mainan itu. Atau seperti contoh di awal, ketika
salah satu makanan booming kayak ayam geprek atau es kepal gitu, langsung deh
semua bakal nyariin dan rela antri panjang untuk nyobain. Padahal mereka
biasanya ngelakuin itu agar bisa pamer di medsos doang.
Tapi kekinian gitu juga ga melulu
tentang barang atau makanan lho, soal pekerjaan pun ada. Contohnya kayak jadi Vlogger atau Youtuber, jadi Selebgram,
atau yang terbaru jadi seleb tik tok. Soalnya pernah liat salah satu liputan
dimana sang reporter coba nanyain ke anak-anak SD kisaran kelas 1-3 soal
cita-cita mereka dan jawabannya udah ketebak, banyak dari mereka yang kepengen
jadi Youtuber.
Sebenernya ga jelek juga, toh itu
pekerjaan halal. Cuman kok rasanya miris aja, ketika kids jaman old bener-bener
ngegantungin cita-cita setinggi langit kayak mau jadi pilot, astronot, dokter,
dll lha sekarang malah mau jadi Youtuber
atau Selebgram kayak gitu aja. Tapi
sekali lagi, namanya anak-anak atuh ya, masih pada polos dan belum mikirin ke
depannya. Mereka juga palingan mau jadi itu karena ngikutin apa yang diliat atau
ditonton oleh mereka sehari-hari.
Efek kekinian juga ga melulu
negatif sih, kalo kita bisa manfaatin momen malah bisa dapet untung banyak dari
itu. Makanya ketika misal ayam geprek booming, banyak restoran yang langsung
nyediain menunya. Terus banyak juga pengusaha yang nyoba buka restorannya. Kan
lumayan tuh, kayak gayung bersambut pisan. Bahkan pihak bioskop kalo ada film
yang dijamin hype-nya tinggi, ga
takut untuk muter film itu di semua studionya.
Hanya saja, efek tersebut juga
biasanya ga akan tahan lama. Ya iya lah, namanya aja kekinian, jadi kalo udah
lewat masanya, pasti abis deh, ga akan laku lagi, dan orang-orang bakal nyari
hal yang lebih kekinian lagi. Coba aja sekarang, kayaknya udah hampir ga pernah
liat ada anak yang maen spinner lagi, kalo ke toko mainan juga pasti selalu
liat masih banyak stoknya yang belum kejual meskipun udah diobral abis. Atau kalo
minuman tuh ada kayak Capcin (cappucino
cincau) yang udah jaraaang banget yang jualan, saking udah basi alias ga
kekinian pisan.
Nah, sekarang keputusan tinggal di
tangan kita masing-masing deh. Mau ikutan arus dengan selalu ngikutin hal
kekinian atau jadi generasi woles (selow)
yang mau ada hal booming apapun juga sebodo amat, yang penting tau kalo itu ada
dan ga kudet banget. Well, apapun pilihannya yang penting itu semua ga sampe
ngerugiin diri sendiri dan juga orang lain deh ya. :-)
#558kata
No comments:
Post a Comment