Tips Waspada Bencana

Seperti kita ketahui beberapa bulan belakangan ini banyak terjadi bencana di negeri kita tercinta. Ada banjir, angin puting beliung, gempa, tanah longsor, miyabi (yeah, ini juga bencana klo beneran dateng.. hihi), dll. Nah, oleh karena itu gw terdorong untuk mengangkat soal masalah ini. Tapi bukan untuk membahas soal kenapa itu bisa terjadi tentunya, melainkan untuk membahas hal-hal apa saja yang harus kita lakuin ketika bencana itu datang di tempat kita. Semoga ajah dengan adanya tips ini teh kita semua bisa lebih aware bin waspada gituh.

Okeh, seperti biasa tanpa berlama-lama, kita langsung masuk ke tipsnya:


1. Jangan panik!
Yeah, kunci agar kita selamat dari bencana emang inih. Bagaimana nggak, dengan kita bersikap tenang semua bencana dijamin bisa dilewati. Sebagai contoh, jika rumah kita tiba-tiba mulai tergenang air, tenang dulu, selamatkan benda-benda berharga kita. Kalau perlu jualin dulu, lebih mudah nyimpen dalam bentuk duit daripada barang2 yang gede-gede kan? Trus, kalau misalnya pas kejadian, kitanya lagi mandi, jangan lupa pake baju atau handuk dulu ya sebelum nyelametin diri. Terus kalau misalnya air masih semata kaki juga tetep jangan panik dulu, nah, pas udah sedada baru boleh dah tuh teriak minta tolong dan panik ke sana kemari *dikepruks pembaca karna ga konsisten*. Yah, pokoknya sekali lagih, kuncinya jangan panik yo!

2. Kasih tahu orang lain
Yep, kalau ada bencana teh jangan dipendem sendiri, ntar bisa-bisa jerawatan. Kasih tahu orang sekitar kita yang mungkin masih belum menyadari datengnya bencana. Bisa dengan teriak pake TOA alias speker mesjid, pake pentungan, pake kentut atau pura-pura bunuh diri gara-gara abis diputusin pacar *digetok*. Yah, pokoknya biar orang-orang laen juga pada tau kalau ada bencana, terus bisa lari bareng-bareng deh. Tapi jangan heran juga kalau misalnya setelah kita kasi tau, eh, mereka tetep cuek bebek. Bisa ada beberapa alesan kenapa mereka ngegaringin gitu sih, diantaranya kalau misalnya gw yang teriak ngingetin, mereka bengong karena baru kali ini liat cowo ganteng gituh.. *pada muntah* wekeke..

3. Lari ke tempat aman
Weits, betul sekali, lari ke tempat aman. Kalau misalnya banjir lari ke tempat tinggi kayak pohon atau lantai atas atau bukit. Kalau gempa, lari ke lapangan luas, atau lari ke kebun yang pohonnya lagi berbuah, lumayan kan tuh buahnya bisa pada jatohan. hehe.. Kalau angin puting beliung, masuk ke bawah tanah, atau kalau ga punya ruang bawah tanah, ngumpet di bawah daster ibu kalian aja udah aman kok. *ditakol* Yep, intinya cari tempat yang seyogyanya bisa meminimalisir diri kita jadi korban tak berdosa.

4. Bantu orang lain
Jangan lupa membantu orang lain kalau ada yang butuh bantuan. Misalnya aja, pas ada banjir dia lagi makan, bantuin abisin makanannya deh supaya dia bisa cepet lari juga. Atau pas dia lagi buang air besar, cebokin kalau mau, supaya bisa buru-buru kabur juga. Semoga aja bisa dapet pahala yah.. :D

5. Banyak-banyak Berdoa
Beuh, salah satu alesan datangnya bencana itu selain untuk memperingatkan kita yang beriman, juga sebagai azab bagi orang-orang yang tidak bertakwa (weh tumben kali ini gw ngomong yg bener.. hihi..). Jadi, sudah pasti solusinya adalah berdoa dan memohon ampun atas dosa kita. Oh iya, doanya jangan macem-macem yah, cukup berdoa supaya diberi keselamatan, jangan malah berdoa minta mobil, minta jadi orang kaya, dll. Takutnya doa kalian itu dikabulin lho, ntar pas minta mobil ada mobil jatoh aja di atas pala kita.. The End dah kalau kayak gitu mah. Jahaha..

Sip, sekian dulu aja deh tipsnya. Mudah-mudahan bisa diterapin ya...

NB: Penulis tidak bertanggung jawab apabila ada efek samping dari penerapan tips. Jahaha.. Oh iya, semuanya Just for Fun ya.. :D

1 komen "Tips Waspada Bencana", Baca atau Masukkan Komentar

kurnianza said...

wah baguz nie tipz nya .....