Monday, February 19, 2018

Short Review Film: Susah Sinyal, Dilan 1990, Black Panther


Yes.. Akhirnya bisa ngereview film lagi nih. Padahal setiap abis nonton film, jari ini teh udah gatel banget buat komenin tentang filmnya di blog ini, tapi apa daya  reviewnya malah lebih sering ditunda-tunda. Makanya jangan heran kalo gw baru mau ngereview film Susah Sinyal sekarang, padahal gw udah nonton film ini bahkan seminggu sebelum filmnya tayang reguler. Terus daripada nanti kemalesan lagi buat review, jadi gw satuin aja ama review film Dilan 1990 yang jumlah penontonnya sangat meledak selama waktu tayangnya. Serta terakhir gw akan ngereview film Black Panther yang merupakan pembuka dari Marvel Cinematic Universe alias MCU di tahun ini. Ok kalo gitu, langsung kita cekidot aja yo!

Susah Sinyal

Film ini merupakan film ke-3 arahan Ernest Prakasa setelah Ngenest dan Cek Toko Sebelah. Untuk film pertamanya masih belum nyetel ama selera gw alias biasa aja bagi gw. Untuk film kedua, gw suka banget! Kalo yang sekarang? Yep, lagi-lagi Ernest bikin gw ngakak, bahkan kalo boleh dibilang filmnya lebih lucu dari kedua film sebelumnya, petjah banget gitu lho! Dan tentunya bukan itu aja yang jadi senjata utama film ini buat muasin gw, karena selain itu filmnya juga ga ngelupain bagian cerita dramanya yang sesuai judul filmnya, bercerita soal hubungan ibu dan anak yang berasa udah 'susah sinyal' alias susah nyambung bin selek. Yah, meskipun untuk bagian dramanya lebih suka yang pas film Cek Toko Sebelah, tapi film ini juga udah sip pisan lah.

Apalagi pemeran-pemerannya berhasil membawakan peran mereka dengan baik. Ada Adinia Wirasti yang jadi pengacara sukses tapi bingung ketika menjalankan sosok ibu, ada Aurora Ribero yang tadinya gw raguin aktingya, tapi ternyata sukses meranin anak yang haus kasih sayang dari orang tuanya, ada Ernest sebagai temen karakter Asti, Valerie Thomas sebagai pemanis, serta beberapa artis pendukung dan cameo yang biarpun cuma numpang lewat tapi lumayan mencuri perhatian, dan scene stealer di film ini jatuh kepada pemeran ibu Ernest yang tiap dia muncul, pasti bikin ngakak parah. Hehehe..

Untuk departemen lain sih kayaknya ga ada masalah. Scoring atau soundtrack cukup bisa bangun suasana. Sinematografinya juga ok pisan. Bisa banget nangkep keindahan dari Sumba yang jadi salah satu setting di film ini.

Yak, pokoknya overall skornya adalah 8/10 and semoga babang Ernest tetep bisa bikin film berkualitas dan menghibur kayak gini lagi ya.

Poster film Susah Sinyal

Dilan 1990

Tadinya nih ya, gw teh ga tertarik pisan buat nonton film ini. Meskipun waktu ada berita fans yang ngeraguin ketika Iqbal (ex Coboy Junior) kepilih jadi Dilan tuh gw sempet denger. Karena ini film tuh katanya diangkat dari novel berjudul sama (yang ditulis oleh Pidi Baiq), dan menurut para fans penampilan si Iqbal tuh kurang bad boy, ngga kayak karakter di novelnya. Eh, pas filmnya udah tayang malah pada suka, karena aktingnya bagus banget, ceunah. Dari sini gw mulai tertarik nonton, tapi masih belum ada niatan buat ke bioskop, karena antriannya udah ngalahin antri sembako cuy. Eh, terus temen-temen di salah satu grup film ngereview kalo film ini bagus n bikin baper juga. Apalagi settingnya yang berada di tahun 90an katanya bikin nostalgia abis. Yaudah lah ya, akhirnya gw pun ke bioskop juga (di saat penonton udah nyampe 4 jutaan saat itu), untungnya udah ga pake ngantri lagi, meskipun yang nonton masih banyak aja. Terus gimana review dari gw?

Yang pasti komen gw pas keluar dari studio bioskop ke temen, "pantes atuh banyak yang baper!" Yep, bener pisan. Film ini teh penuh banget kata-kata gombalan dari karakter Dilan kepada Milea. Tapi entah kenapa enggak receh dan ngena aja gitu. Mana kedua pemeran utamanya Iqbal Ramadhan dan Vanesha Prescilla berhasil ngebangun kemistri super duper apik. Makanya ga heran kalo filmnya bisa disukai baik dari kids jaman now sampe kids jaman old yang sekalian nostalgia untuk cara pedekate di tahun 90an (pake puisi lah, nelpon dari telpon koin lah, surat-suratan lah, dll.. Ahay).

Hebatnya lagi, film ini teh sebenernya minim konflik dari awal ampe akhir, tapi enak aja ngikutinnya, ngalir aja gitu. Hingga pas credit title muncul, kita malah ngerasa filmnya bentar bingit, padahal durasinya dua jam lho! Mungkin karena dibantu ama scoring dan soundtrack yang enak juga kali ya. Terus sinematografernya juga bisa bikin nuansa 90an-nya berasa pisan. Meskipun untuk beberapa detail kota Bandungnya ada yang tetep kekinian, tapi usaha mereka udah patut diacungin jempol. 

Yak, overall skornya adalah 8/10 juga. And, semoga di sekuelnya (Dilan 1991) tetep bisa dibikin keren ya.

Poster Film Dilan 1990
Sobekan tiket film Dilan 1990 (Eh, belum disobek deng!)


Black Panther


Buat yang ngikutin film-film dari MCU pasti pada nunggu film solo dari karakter Black Panther  yang sempet muncul di film Captain America: Civil War ini dong! Iya kan? Iya aja deh ya.. Tentu aja, gw pun sempet dibikin penasaran ama asal usul si Macan Kumbang ini karena gw pan bukan pembaca komiknya. Dan di hari pertama film ini rilis di Indonesia, gw langsung ngibrit ke salah satu bioskop favorit gw (karena termurah. wekeke) untuk nonton filmnya. Hasilnya? Aku sih yes, ga tau kalo mas Anang.. hehe..

Yoyoy, untungnya nonton di jam pertama dan di hari pertama rilis tuh, gw bakal nonton tanpa ekspektasi dan tanpa kepengaruh ama review yang berseliweran di internet atau medsos. Jadinya, beres nonton ini gw ngerasa cukup puas ama delivery untuk pengenalan sang Black Panther ini. Setelah sebelumnya gw dibuat takjub ama penampakan Planet para buangan di film Thor: Ragnarok, di film ini gw kembali dibuat terkesima ama penampakan Wakanda (kampung halaman T'Challa si Black Panther) yang ternyata sangat hi-tech sekali. Tapi nuansa budayanya masih kental juga. Disokong juga ama scoring bernuansa Afrika bingit yang ngebuat semuanya jadi makin ngeblend.

Cuma emang, namanya film perkenalan, unsur dramanya pasti bakalan lebih banyak yang mungkin bagi sebagian orang bakalan bikin boring or ngantuk. Untungnya setiap bagian action-nya sangat menghibur. Apalagi sosok villain punya motivasi yang kuat untuk jadi antagonis di film ini. Oh iya, seperti film MCU lainnya, film Black Panther juga punya dua after Credit Scene yang sebenernya bisa diskip tapi cukup ngejelasin keadaan salah satu tokoh di film MCU lainnya juga sih. Jadi semua pilihan terserah pada anda, mau diskip atau diliat. Yang pasti, Black Panther bakalan balik lagi di film MCU berikutnya yang tayang di bulan Mei, Avengers: Infinity War! Uhuy!

Overall skor 7,5/10.
 
Poster film Black Panther
Sobekan tiket film Black Panther (Eh, belum disobek deng! *dejavu* :p )

No comments: