Wednesday, September 26, 2018

Short Review: Film Agustus 2018 (MI:6, Si Doel, SIM, Wiro Sableng)

Film yang ditonton di bulan Agustus 2018


Sebelumnya gw sempat bahas tentang film yang rilis di bulan Agustus dan film yang bakal gw tonton di bulan itu, nah, untuk kali ini gw bakalan kasih short review tentang film-film yang telah gw saksikan di bulan kelahiran orang-orang bernama Agus tersebut. Curcol dulu ah, niatnya mah kan gw teh cuma mau nonton 2 film aja, eh, ga taunya malah jadi 4 film. Sebenernya bisa nambah jumlah nontonnya lagi seandainya gw ga bisa nahan hasrat dan seandainya keuangan mencukupi. Tapi emang film yang rilis di bulan Agustus pada menggoda selera sih. Beberapa yang gw sesalin ga nonton tuh kayak Brother of the Year film Thailand keluaran GDH, ada juga Detective Conan the Movie yang terbaru, terus film Sultan Agung yang pas gw mau nonton udah keburu turun layar.

Alesan lainnya gw jadi banyak nonton itu karena gw manfaatin promo dari salah satu aplikasi pembelian tiket online yang bernama tix id. Tiga dari film yang gw tonton manfaatin promo buy 1 get 1, sedangkan yang satu lagi promo diskon 73% pas tanggal 17 Agustus, ajib banget yak. Makanya lumayan bisa ngirit lah. Eh, btw gw ga diendorse ama aplikasi ini ya, gw mah cuma nginfoin aja supaya kalian juga jadi kalap nonton kayak gw gara-gara promo aplikasinya. Hahaha..

Yowis lah, sekarang mari kita masuk ke pembahasan inti aja,  kita repiu satu persatu filmnya...


Mission: Impossible - Fallout
Poster Mission: Impossible - Fallout

Sebenernya di jaman kiwari mah udah banyak film bertema agen-agen kayak gini, tapi entah kenapa franchise ini merupakan salah satu yang bisa bertahan dan tetap rutin merilis sekuel-sekuelnya. Tapi emang sih selain karena faktor Tom Cruise sebagai aktor utama, kelebihan Mission Impossible dibanding film lain tentu aja di kualitas filmnya yang bisa terjaga, bahkan selalu melebihi film-film sebelumnya, tak terkecuali untuk film Mission: Impossible - Fallout ini.

Filmnya tetep menawarkan aksi mendebarkan, dari yang tembak-tembakan, kejar-kejaran mobil/motor, kejar-kejaran helikopter, atau sekedar baku hantam doang. Hebatnya, kesemua adegan itu bisa ditampilin dengan asyik. Apalagi di film terbaru ini dari jajaran cast ketambahan sang pemeran Superman, Henry Cavill yang dijamin bikin ciwi-ciwi yang nonton pada meleleh liat ototnya yang gede-gede. Wekeke.. Oh iya, salut juga deh buat Tom Cruise yang jalanin semua aksinya tanpa stuntman. Gokil pisan lah!

Kesimpulan: Sangat cocok buat penyuka film aksi dan spionase. Semoga kalo ada film berikutnya bisa tetep keren atau malah lebih keren lagi. Amin.

Skor: 8/10 bintang.


Si Doel the Movie

Poster Si Doel the Movie

Salah satu alesan nonton ini pastinya karena faktor nostalgia dan penasaran ama lanjutan kisah dari seriesnya yang dulu tayang di salah satu stasiun tv kita. Pas nonton sih ga muluk-muluk hasilnya bakal sebagus seriesnya sih (ya iyalah medianya aja beda), tapi ternyata setelah nonton malah tetep bagus. Salut pisan lah ama aktor ama aktrisnya yang biarpun udah lama banget gapnya, di film terbaru ini mereka tetep in character. Karakter yang diperanin mereka masih sama kayak dulu kala. Si Doel tetep serius dan lebih mainin mimik muka, Bang Mandra yang petakilan tapi selalu memecah tawa, Atun yang selalu digodain bang Mandra, Zaenab yang tetep manis, Sarah yang masih cool, dan yang paling salut, maknyak yang meskipun lagi sakit masih bisa nampilin sisi keibuan yang juarak. Untuk cast barunya juga ternyata ga ngecewain, ada anaknya Atun yang sama-sama endut, terus ada si Dul yang merindukan sosok ayahnya.

Ceritanya pun enak lah, ngalir gitu aja. Ga njelimet. Pun ga perlu dipake twist-twist-an. Tapi tetep makjleb. Malah di salah satu scene, mata gw teh sempet berkaca-kaca karena kepengaruh ama dramanya (Mungkin kalo nonton sendiri di rumah mah udah mewek. Haha). Kekurangan film ini cuma di durasi yang kependekan. Cius, gara-gara itu jadinya bikin endingnya gantung lagi deh. Tapi biarpun gitu, kalo ada sekuel pasti bakalan gw jabanin buat nonton lagi.

Kesimpulan: Film yang pas buat para penggemar si Doel series dulu. Buat generasi kekinian juga ok lah karena ceritanya emang selalu down to earth dan bisa diterima semua kalangan.

Skor: 7,5/10 bintang.


Sebelum Iblis Menjemput

Poster Sebelum Iblis Menjemput

Sebelum nonton film ini, sempet galau dulu dong. Apa pasal? Tentunya karena bingung mau nonton film horor yang mana, soalnya kan di waktu yang sama ada film Kafir: Bersekutu dengan Setan juga. Baca review dari yang udah nonton malah makin bingung, karena ada yang bilang film Sebelum Iblis Menjemput lebih bagus, dan ada yang bilang sebaliknya. Huft. Tapi syukurlah, setelah Shalat Istikharah *lebay* gw pun milih film horor buatan om Timo ini. Menurut gw filmnya OK lah, meskipun ada beberapa scene yang memang ga logis dan bisa dibilang plot hole, tapi overall gw enjoy juga nontonnya. Horornya pun lumayan dapet. Jump scare-nya juga ga murahan.

Soal akting, gw suka ama penampilan om Ray Sahetapy as Lesmana dan Karina as istrinya, terus ada tanteh Ruth yang jadi dukun. Akting mereka yang paling ok lah di film ini. Sedangkan untuk jajaran muda-mudinya kayak Neng Chelsea Islan, Pevita Pearce dan lainnya masih bisa meranin dengan baik juga. Meskipun di beberapa scene kadang malah agak kurang.

Kesimpulan: Pokoknya sebagai film horor, tugas film ini untuk nakut-nakutin cukup berhasil. Meskipun kalo mau dibandingin ama film Pengabdi Setan-nya Jokan, film ini sedikit ada di bawahnya. Sangat cocok ditonton bareng temen-temen se-geng.

Skor: 7/10 bintang.

 
Wiro Sableng 212

Poster Wiro Sableng 212

Film ini nih yang paling niat banget mau gw tonton di bulan Agustus. Soalnya gw kan termasuk generasi 90an yang sempet ngikutin tv seriesnya dulu. Jadinya penasaran pisan deh ama film terbarunya. Alhasil pas ada presale tiketnya, gw pun ga ragu buat beli (yang pasti karena promonya juga menggiurkan. Wakaka).

Sempet ragu ama kualitas CGI film ini karena di teaser pertamanya tuh kayak belum beres gitu, mirip kayak sinetron laga yang ada naga-naganya, tapi pas kemaren nonton ternyata malah CGI dan Sinematografinya keren pisan. Ada glitch-glitch dikit mah wajar lah ya, tapi secara keseluruhan ajib lah.

Ceritanya sendiri emang khas film kolosal, soal pendekar putih lawan pendekar hitam ditambah dengan cerita perebutan takhta. Kesemuanya enak banget diikutin lah. Tapi yang paling gw suka tentunya scene awal dimana kita diperkenalkan pertama kali dengan karakter Wiro Sableng yang merupakan murid dari Sinto Gendeng. Apalagi kemistri murid sableng dan guru gendeng itu nyatu banget. Banyak scene kocaknya lah tiap scene mereka. Wekeke... Tiap karakter-karakter yang muncul juga ternyata sangat menarik. Hanya saja ga semuanya dapet screentime yang cukup, kesannya jadi kayak karakter numpang lewat doang.  Sayang pisan lah.

Kalo soal akting, hampir semuanya berakting dengan bagus. Vino sukses meranin karakter Wiro yang emang sableng, ada pula Anggini yang diperanin Sherina yang mimiknya selalu serius, Fariz sebagai Bujang Lapuk Tapak Sakti pun jalanin perannya dengan luwes, kang Yayan Ruhian juga berhasil meranin Mahesa Birawa yang jadi main villain di sini. Sisanya pun ok-ok pisan lah.

Tapi sayang, untuk bagian aksinya malah digarap dengan kurang ok. Gw yakin sih koreografi buatan kang Yayan dan kang Cecep mah udah bagus, tapi angle kamera pas nangkep adegan laganya malah kurang pisan. Jadinya setiap adegan aksi tuh seringnya teh di-zoom mulu, atuh gimana bisa nikmatin koreonya ya? Huft, semoga di film selanjutnya bisa diperbaiki ya.. :D

Kesimpulan: Biarpun filmnya itu berseting kerajaan, tapi jangan takut, karena filmnya tetep asyik buat diikutin buat generasi kekinian. Bahasa yang dipake juga ga pake bahasa yang kaku kok. Dan meskipun masih ada kekurangan, film ini masih recommended. Ditunggu buat sekuel berikutnya..

Skor: 7,5/10 bintang.


No comments: