Tuesday, July 24, 2018

Iqra! (30 Hari Menulis: Hari ke-30)


#30harimenulis #30harimenulis2018 #harike30 #hariterakhir

Iqra!


Dahulu kala, ada seorang anak SD yang seperti anak pada umumnya dimana sepulang sekolah, kegiatannya hanya bermain saja. Hingga suatu hari, ada seorang teman yang memberinya sesuatu hingga ia pun lupa untuk bermain ke luar untuk beberapa saat. Ternyata temannya itu meminjamkan sebuah buku cerita fiksi kepadanya, sampai ia pun hanyut terbuai petualangan dalam imajinasinya ketika membaca buku tersebut. Akhirnya setelah ia menamatkan buku itu, ia menjadi ketagihan untuk membaca buku lainnya. Terima kasih ia ucapkan untuk temannya karena telah mengenalkan sebuah dunia baru yang menyenangkan dan menakjubkan padanya. Dan sekarang anak SD yang sudah beranjak besar itu sedang menulis artikel ini di komputernya. ^_^


Yep, seperti itulah kisah pertama kali gw kenal yang namanya novel. Inget banget novel yang pertama dibaca itu cerita Trio Detektif-nya Alfred Hitchcock. Setelah baca itu pun akhirnya gw jadi sering sisihin uang jajan untuk beli buku novel lainnya, kayak cerita Lima Sekawan, Goosebumps,  Lupus Kecil, Pasukan Mau Tahu, dll. Bahkan gw pun nabung buat beli novel Harry Potter yang mahal pisan itu. Lagian malu kan kalo minjem terus ke temen yang disebut di atas. Jadinya kalo punya sendiri, nanti mah jadi bisa tuker pinjem ama dia, ga malu-maluin banget kan (tapi tetep aja ujung-ujungnya minjem ya. Hehe).

Emangnya baca buku teh seseru apa sih? Terus apaan yang didapet kan cuma baca buku fiksi doang? Euh, plis atuh lah, masa kayak gitu masih ditanyain. Baca buku teh seru pisan. Imajinasi kita beneran dimaenin pas lagi baca. Apalagi kalo buku itu bener-bener masih baru dan belum pernah difilmin, jadinya kita pun mesti bayangin penampakan karakter serta setingnya. Manfaatnya pun banyak. Selain untuk melatih kemampuan otak untuk mendeskripsiin kata yang tertulis, pada saat itu gw dapet banyak pengetahuan berkat baca itu.

Inget pisan, dulu itu pas gw baca salah satu novel Lima Sekawan ketika mereka berpetualang di suatu pulau, dijelasin mereka itu lagi maen di laguna, dan gw pun langsung bengong beberapa saat nyoba bayangin bentuknya. Maklum sebelumnya belum pernah denger atau liat tempat kayak gitu. Terus dulu juga kan ga ada mbah gugel. Tapi berkat gw baca buku itu gw pun jadi tau kalo laguna itu berupa danau air asin di dekat laut yang terpisah oleh batu karang, pasir atau semacamnya. Beuh, langsung deh kebayang kerennya. Terus coba yang baca komik Detektif Conan, pasti jadi pada tau soal racun Kalium Sianida yang sering dipake oleh pelaku pembunuhannya. Ciri-ciri korban yang terbunuh karena racun itu juga dijamin pada tau deh.

Eh, tapi pengetahuan juga ga melulu dari buku kisah fiksi sih, tapi dari baca yang lainnya juga. Entah itu artikel internet, koran, majalah, atau bahkan membaca kitab suci seperti Al-Qur’an. Intinya mah, rajin-rajin baca apapun dah. Tapi inget, yang dibaca juga mesti disaring, jangan ditelen mentah-mentah, karena jaman sekarang mah artikel hoax juga ada banyak. Tapi kalo sering baca mah pasti bisa bedain juga mana yang bener dan hoax.

Lagipula masih inget kan wahyu pertama yang diturunin ke nabi kita, Nabi Muhammad SAW? Wahyu itu berbunyi, ‘Bacalah!’. So, geng jangan lupa untuk terus membaca ya. Jangan sampe deh Indonesia jadi negeri darurat membaca. Karena orang pintar itu bukan karena minum to*ak an*in tapi karena banyak membaca. *wink*

#520kata


NB:
Hiks, tulisan terakhir di event 30 Hari Menulis nih. Sedih juga ya. Meskipun seneng juga sih karena akhirnya bisa konsisten nulis tanpa bolong di 30 hari ini. Semoga tahun berikutnya masih bisa ikutan lagi deh.. Dan semoga tanpa event ini juga masih bisa nulis dengan semangat. See u next year ya buat peserta 30HM! Hiks..

No comments: