Pintar Vs. Bodoh

Hmm.. menurut ekspedisi gw, eh apa tuh sebutannya, oh iya penelitian dan pengetahuan gw dari buku atau dari sekolah dll, ada beberapa sebab kenapa anak itu pintar ato bodoh, kalau begitu kita coba jelaskan satu-satu :
  • Gol 1, Kepintaran karena Gift alias Anugerah. Yeah, walaupun orang-orang ini nggak belajar secara intensif(baca: les atau bimbel) tapi biasanya tetap bisa berprestasi dan ga kalah ama yg les. Dan juga kadang-kadang golongan ini bersifat santai setiap ada ulangan atau ujian, bahkan tidak belajar atau minimal membaca sedikit, tapi tetep ajee dapet nilai bagus. Jika ada ulangan mendadak pun, kemungkinan besar bisa mengerjakan karena mengandalkan memorinya yang kuat.
  • Gol 2, Kepintaran setelah usaha keras. Sebenarnya setiap manusia itu memang sudah diberi kepintaran, namun pada golongan ini kepintaran itu harus dipancing dulu dengan belajar tekun, bisa dengan Les kesana-kemari, atau menjadi kutu buku (baca buku terus, jadi lupa keramas, kutuan deh *halah*). Jadi, yang termasuk golongan ini tuh harus berjuang keras dulu agar bisa mencapai taraf pintar, dan biasanya sih dari gol ini justru banyak melahirkan orang-orang sukses (benarkah???).
  • Gol 3, Kepintaran yang terkikis (bahasa kasarnya mah, dari pinter jadi BODO). Well, bisa jadi orang ini tadinya termasuk gol 1, tapi akhirnya kepintarannya menurun, gara-gara males belajar, terlalu malas tepatnya. Bisa dikarenakan salah pergaulan, mikirin pacar mulu, atau benar-benar malas belajar dan ga pernah baca buku atau memperhatikan gurunya lagi. Hmm... Sepertinya orang Indo kebanyakan yg Gol ini deh.
  • Gol 4, Kepintaran yang tiada tara. Sori, salah istilah.. maksudnya Kepintaran yang tidak didapat, walaupun sudah berusaha keras. Orang di Golongan ini, walaupun sudah belajar tambahan kemana-mana, masih tidak bisa menjadi pintar. Tapi biasanya orang di Gol ini, bakal memanfaatkan otot daripada otak, so dia nantinya bakalan bekerja sebagai atlet, olahragawan, ato mungkin tukang kuli :D . Pokoknya Allah maha Adil dalam menciptakan makhluknya, tidak ada yang sempurna seratus persen gitu lho, pasti punya kelemahannya!!
Hohoho, sekian analisis gw tentang Kepintaran manusia, boleh percaya boleh tidak, yang pasti kalian termasuk gol yg mana neh?

Tapi, kita tidak boleh sombong gara-gara kepintaran kita, karena Allah pernah berfirman: "Kepintaran manusia itu, hanya setetes dari air Samudera, dan dibagi-bagi ke seluruh manusia dari zaman nabi Adam, sampai Hari Akhir.. Sedangkan sisanya itu adalah Ilmu Allah". Beuh, manteb kan?! Makanya jangan sampe deh merasa bahwa kita paling pintar.

Nah, yg di atas itu pengertian pintar secara harfiah, tapi sebenarnya ada pengertian lain lagi, apakah itu?? "Barangsiapa yang takut pada Allah, dan melaksanakan segala perintahnya itulah yang termasuk golongan orang pintar, sedangkan barangsiapa yang tidak takut kepada Allah, dan senantiasa mengerjakan larangannya, itulah yang termasuk golongan orang Bodoh!". Nah, Lho! Jadi, jangan hanya pintar otak aja ya.. tapi harus pintar Ibadah juga, Okeh! ;)

3 komen "Pintar Vs. Bodoh", Baca atau Masukkan Komentar

muscat said...

wah bagus juga tulisan lo bay... hehehe... klo gw masuk gol... gol... ujian kagak belajar trus dapet angka bebek... huks huks... nasibbb... emang kudu usaha ya bay... T_T

manda said...

Abay ngomongin masalah Pintar ibadah?

Pinter!!!

A-BYe said...

Entahlah, tiba2 dapet wangsit buat bikin tulisan ituh.. hehehe

Ayo, berjuang untuk pintar di dunia dan akhirat... B-)