Short Review: Skakmat & Star Wars: the Force Awakens

Huaa, bulan ini bulan pemborosan nih! Apa pasal? Karena gw udah nonton dua film terbaru di bioskop.. Hiks.. *lebay*. Ya, soalnya di htm bioskop yang sekarang rada mahal, gw biasanya nonton sekali dalam sebulan sih. Hehe.. Back to topic, dua film yang gw tonton di bulan ini adalah Skakmat dan Star Wars VII. Fortunately kedua film ini bikin gw terhibur bingit dah.. Ga percaya? Nih simak review singkat dari dua film itu:

1. Skakmat

Mungkin buat kalian yang liat poster film ini pasti bakalan ngemeng, "ah film apaan tuh, paling cuma aji mumpung karena film action indonesia lagi hits." Yeah, mungkin itu kesan pertamanya, terus kalo liat trailernya, "ah, apaan, action tapi sok ngelucu, pasti ga seru.." Apa komen di atas valid? I dont think so.

Nyatanya film ini meskipun bergenre action comedy tapi punya cerita yang lumayan bagus. Meskipun pace cerita di awal rada lambat, tapi pas ketemu konfliknya semakin seru euy. Mana fighting choreo serta angle cameranya udah mulai asik lah buat film ini. Beda ama Gangster, beneran ada peningkatan, padahal DOP nya sama. Tapi ya jangan ngarep bakalan sekeren The Raid, cuman ya udah baguslah untuk standar film Indonesia. :D

Kalo nyinggung soal aktingnya, akting Tanta Ginting as Jamal sang pemeran utama di sini paling juara dah. Ga tau ya kalo peran Jamal dikasih ke aktor lain, karena gw liat Tanta is Jamal, Jamal is tanta, udah cucok! Donny Alamsyah seperti biasa berakting prima juga, cuman entah kenapa wajahnya jadi keliatan lebih tua ya di film ini. Hannah Al Rasyid good sebagai mamih germo. Kang Cecep? Ekspresi bengisnya tetep keren, cuma kalo untuk dialog kayaknya perlu diasah lagi nadanya.

Kalo soal fighting? Baik Donny, Hannah, kang Cecep yang punya background bela diri semua, jadi pada keren bro di film ini. Emang bener sih, untuk film action fight gini mah emang lebih baik hire aktor/aktris yang emang udah jago bela diri, supaya pukulannya jadi berasa lebih nyata.

Last, soal komedinya, hmm, kalo gw sih terus-terusan dibuat ngakak ama tingkah polah Jamal dkk. Kocak pisan dah.

Kekurangan film ini palingan ya itu tadi pace di awal terlalu lambat, terus beberapa koreo fighting nya berasa ada pengulangan. Tapi overall film ini bageeeus.. Skor? 7/10

2. Star Wars VII: the Force Awakens

Gw emang bukan penggemar berat Star Wars tapi gw udah ngikutin semua filmnya. Jadi pas ada film lanjutannya, hukumnya wajib nonton laah. Mulai dari mana ya harus gw nilai film ini? Arrgh, sebenernya speechless juga mau bahasnya, karena film Star Wars the Force Awakens ini ternyata emang kuereen pool.

JJ Abrams beneran jago ngeramu pace film ini sehingga ga ada rasa ngantuk pas nontonnya. Dia sukses bikin film ini untuk bisa dinikmatin mereka yang pernah nonton film sebelumnya dan buat penonton yang belum sama sekali tau kisah Star Wars. Cuman mungkin buat yang baru liat Star Wars dari film ini emang bakalan ada feel yang kurang karena beberapa karakter dari film sebelumnya pada tampil di sini tanpa perkenalan yang cukup mendalam.

Untuk actionnya, segala aksi kayak kejar-kejaran pesawat, tembak-tembakan laser, adu light saber tetap seseru film sebelumnya. Keliatan juga banyak homage yang diselipin JJ Abrams di film sekarang ini. So, buat yang udah nonton film lainnya, bakalan lebih kerasa nostalgianya.

Soal acting, untuk pemeran Finn, Rey, Poe yang kayaknya pendatang baru, pada bagus euy. Terutama akting eneng Rey yang mempesona plus keren karena jago tarung juga. Ahay.. Sedangkan Han Solo, Leia tetep masih in character kayak di film mereka dulu. Cuman udah pada tuir aja keles yah. Hehe.. Kalo para pemain the Raid yang muncul di film ini gimana? Ya cukup mencuri perhatian juga walaupun muncul bentar. Nyehehe..

Last, kalo ngomongin film Star Wars pasti bahas scoringnya yang melegenda itu. Thanks to om John William yang tetep jadi composer di film ini. Masih merinding tiap denger scoring Star Wars dikumandangkan. Btw, entah kenapa pas scoring adegan perangnya ngingetin ama film Harry potter (hiks kangen film harpot), ya jelas lah ya karena pembuatnya sama. XD

Overall, filmnya ajiib. Dan disaranin buat yang belum nonton, usahain jangan OL atau search kata kunci film ini dulu dah, karena spoiler mulai bertebaran, becareful pokoknya mah ya. Hehe.. Skor? 8,5/10

--------------

Kesimpulan: pokoknya dua-duanya film yang wajib tonton di bulan ini. Jangan ampe kelewatan ya... :D

0 komen "Short Review: Skakmat & Star Wars: the Force Awakens", Baca atau Masukkan Komentar