Tuesday, June 25, 2019

Curug Hunter


Berpose di Curug Cikaso Sukabumi

#30harimenulis2019_hari_23
682 kata

Buat temen-temen di komunitas yang gw ikutin, gw ini udah terkenal sebagai tukang ngaprak lho, wa bil khusus ngaprak ke curug atau air terjun. Emang sih mungkin sekitar 80% air terjun yang ada di Bogor udah gw datengin, baik yang udah dikelola ama yang belum (sok iye). Makanya gak heran, setiap kali mereka mau jalan-jalan, selalu nanya tempat rekomendasi ke gw melulu, atau bahkan minta gw anterin juga. *sombong*

Ngemeng-ngemeng soal hobi ngaprak ini, sebenernya dimulai setelah gw mulai gawe lho. Soalnya dulu pas masih anak sekolah mah gw teh anak rumahan banget. Bahkan nih ya, dulu pas mau ke suatu tempat dan kudu naik angkot, gw suka gak berani atau malu-malu untuk bilang kiri atau berhenti ke mamang sopir. Makanya pernah sampe kelewat jauh banget dari tempat tujuan, nunggu orang lain yang bilang kiri soalnya. Haha. Ya gitu lah, saking gw jarang keluar rumah.

Lagian nih ya, sekolah gw juga dari TK sampai SMA itu semuanya ada di deket rumah. Jadi, kalo mau berangkat sekolah ya gak ada yang mesti naik angkot. Semuanya bisa ditempuh dengan jalan kaki! Hmm, tapi mungkin kalo zaman now, biarpun deket ke sekolahnya tetep bakalan naek motor kali ya. Hoho..

OK, balik lagi ke hobi gw, pertama kali gw maen ke curug itu kalo gak salah pas ada gathering dengan salah satu komunitas. Waktu itu kita maen ke Curug Luhur Bogor. Sempet deg-degan juga lho pas pertama kali ngeliat curug yang lumayan gede ada di hadapan gw. Terus jadinya rada parno juga buat berenang-renang gitu di aliran sungainya. Padahal gw teh bisa berenang, cuman karena baru pertama kali, jadinya maen di pinggirannya aja. Untungnya yang lainnya juga ngelakuin hal yang serupa. Hihihi..

Dari situ, passion gw soal nyurug mulai meningkat deh. Apalagi pas gw kerja mah, udah dibekelin motor sendiri. Jadinya lebih bebas buat jalan-jalannya dong. Tapi berhubung akses atau pengetahuan curug gw masih cetek saat itu, medsos juga masih jarang yang ekspos, curug yang gw datengin ya cuma yang deket-deket dari rumah doang. Ada Curug Nangka yang merupakan curug sejuta umat, Curug Luhur tadi yang sekarang malah masuk blacklist karena tiketnya yang mahal dan udah gak natural lagi, dan Curug Putri Pelangi yang sebenernya penampakan curugnya biasa aja tapi enak buat berenang. Tapi biarpun gitu, gw udah seneng pake banget!

Nah, makin ke sini, perkembangan curug mulai bisa dilihat di medsos deh. Mulai banyak curug-curug baru yang ketahuan dan mulai dibuka. Saat itu demi muasin dahaga gw soal itu, gw gabung ke komunitas Traveller dan Backpacker (Track) Kaskus Bogor yang setiap dua minggu sekali komunitasnya ngadain ngaprak ke curug-curug yang baru dibuka itu (sesekali ke gunung atau ke pantai juga sih). Bahkan beberapa curug yang memang belum dikelola pun sempet dicari. Btw, yang lucu sih, ternyata member komunitas juga kebanyakan masih pemula soal curug-curug ini, jadinya pas di awal-awal kita jalan, sering banget dibuat nyasar bareng ama gugel map. Maklum, kebanyakan curugnya memang belum ada titiknya juga.

Makanya, buat kids these day, harusnya pada bersyukur banget, karena sekarang gugel mapnya udah sangat update. Jadinya buat jalan-jalan ke tempat manapun jadi lebih gampang dan potensi nyasar lebih dikit. Eh, tapi yang gw seselin ama curug-curug atau tempat wisata jaman sekarang tuh, HTM-nya yang makin mahal! Padahal dulu mah HTM-nya tuh kalo belum dikelola paling bayarnya parkir doang, kalo pun udah dikelola, HTM termahal itu 10 ribu lah. Eh, sekarang, yang termurah aja udah 20 ribuan, belum termasuk punglinya. Hiks.

Alhasil gw yang doyan ngaprak ini sekarang mah mesti mikir-mikir dulu kalo mau maen. Masalahnya, udah mah tempat wisatanya makin rame, pengeluaran pun makin tinggi. Huhu! Tapi yang namanya udah hobi, kadang pengeluaran juga gak dipikirin sih. Hanya saja, sebagai people penikmat alam, gw cuman bisa berdoa, semoga pemerintah bisa ngatur harga tempat wisata dengan lebih manusiawi lagi (Pemerintah say: Masih banyak urusan lain yang lebih urgent keleus!).

Akhir kata, yuk, buat yang mau ngaprak bareng, jangan ragu buat hubungin gw. Kali aja, dari jalan-jalan ke alam, jadi jalannya ke pelaminan. Ahay. Oh iya, semoga aja selain wisata Banten dan Jawa Barat, gw mulai bisa eksplor wilayah lain ya (For now, I point you – Malang!). So, kapan-kita-kemana?

No comments: