Friday, June 21, 2019

Short Review: Film Rilisan Januari – Juni 2019


Short Review: Film Rilisan Januari – Juni 2019

#30HariMenulis_Hari_19
2068 kata

Agak sedih sih setelah gw liat postingan blog gw yang bahas review film, ternyata review terakhir itu ditulis sekitaran Agustus 2018. Yang dibahas saat itu tuh ada film MI:6, Si Doel, Wiro Sableng, sama Sebelum Iblis Menjemput. Itu pun digabungin jadi short review dalam satu postingan pula. Haha.. Emang sih, setelahnya gw lebih sering review film di status Facebook doang, tanpa nulis di blog. Habisan kalo di blog jarang ada diskusi sih *alesan padahal emang kemalesan doang*.

So, untuk menebus hutang review gw selama ini, mari simak bahasan film rilisan dari awal tahun 2019 sampe sekarang.. Capcuus, cyiin!

·         Keluarga Cemara

Sebagai salah satu generasi yang hidup di tahun 90an dimana sinetron masih banyak berkualitas bagus, gw mesti nonton film ini dong. Yep, film ini diangkat dari sinetron yang tayang pada saat itu. Hanya bedanya kalo di film tuh ceritanya kayak prekuel dari sinetronnya, tapi dengan seting zaman kekinian. Untuk generasi old, harusnya tahu dong karakter-karakter film Keluarga Cemara ini yang terdiri dari Abah, Emak, Euis, Ara, dan Agil. Nah, karena ini prekuel, karakter Agilnya belum lahir deh.

Terus hasilnya gimana? Jelas aja masih sama berkualitas kayak sinetronnya dong. Dengan setingnya yang dibuat kekinian juga gak ngubah tone cerita, ceritanya masih bisa ngalir dengan enak. Karakter Abah yang berusaha ngadepin kesusahan dan berusaha berjuang untuk keluarganya tuh makjleb banget, Emak yang tetep setia nemenin Abah serta senantiasa sabar dalam mengurusi anaknya juga bikin hati jadi hangat cuy, Euis sebagai anak pertama yang berusaha mengerti keadaan keluarganya yang lagi susah juga keliatan kuat di luar meski dalam hatinya mungkin ingin berontak, dan terakhir karakter Ara yang meskipun polos tapi selentingan pertanyaan-pertanyaannya bikin keluarga lainnya makin kuat untuk menghadapi segala kesederhanaan mereka.

Pokoknya keseluruhan film apik untuk ngebuka tahun 2019 dan saking sukanya gw ama film ini, sampe gw bikin fanfic cerita parodinya lho! *ngiklan*

·         How to Train Your Dragon: The Hidden World

Dari film pertamanya, film animasi ini gak pernah ngecewain deh. Sampai di instalment ketiganya ini juga tetep seru lho. Di film ini ngisahin tentang Hiccup yang kini sudah jadi raja di kerajaan Vikingnya. Sebagai raja, dirinya ingin menciptakan negeri impian yang aman bagi para Viking dan naga peliharaan mereka. Tapi ternyata itu gak gampang, apalagi dengan adanya gangguan dari pemburu naga yang kini sedang mengincar naga nightfury milik Hiccup, Toothless, serta naga lainnya.

Seperti gw bilang di atas, film ini emang tetep ciamik dan gak ngecewain. Malahan karena ini dibuat sebagai penutup seriesnya, endingnya jadi penutup yang sangat indah dan mengharukan euy. Kalo waktu itu gw gak nonton ramean, mungkin gw udah mewek di dalem studio tuh. Untungnya gw bisa jaim. Haha.. Overall, recommended movie!

·         Terlalu Tampan

Pada tahu gak, bray, kalo film ini tuh sebenernya diangkat dari series komik Webtoon lho! Hmm, gw sendiri aja tahu lho, meskipun belum pernah baca komiknya *somse*. Tapi, yang bikin gw tertarik nonton ini pada saat itu bukan karena diangkat dari komiknya itu, melainkan karena trailernya yang jayus, absurd, dan selera humornya yang kayaknya gw banget gitu lah. Coba film mana lagi yang karakter tokohnya kayak di film ini, ada Mas Kulin, Mas Okis, Bu Suk, Pak Archewe, dll.

And yes, pas gw nonton film ini ternyata ekspektasi gw terpenuhi lho. Humor absurd, lebay, dan koplak sukses bikin gw dan penonton lain ngakak pol ketika di dalem studio. Tapi tenang, jalinan cerita film ini juga tetep OK lho, tentang pencarian jati diri si Mas Kulin yang baru aja ngadepin dunia luar dan nemuin apa artinya keluarga, persahabatan, dan cinta. Cuit-cuiiit.. Saking sukanya gw ama film ini, gw nonton ampe dua kali dong. Lagian pas nonton kedua mah tiketnya gratisan hadiah kuis sih. *malah dibongkar*

·         Dilan 1991

Siapa sih yang gak penasaran ama kisah lanjutan dari film Dilan 1990 ini? Jujur aja, gw yang suka ama penggarapan film pertama, langsung gak pake mikir buat beli tiket film lanjutannya ini. Soal kisahnya emang tetap berkutat di Dilan dan Milea, dan ngisahin soal perjalanan mereka saat pacaran. Berbagai rayuan maut dari Dilan juga tetep keluar di film ini, meski kebanyakan jatuhnya jadi kurang, mungkin karena udah pada ada di trailer sih ya.

Berhubung ini bukan film terakhir, ending filmnya dibuat gantung lagi dah. Yang pasti masih penasaran ama cerita akhirnya kayak gimana sih. Hmm, apa baca novelnya dulu aja ya? Lagian novelnya udah punya tapi belum dibaca jugak. *plaak*

Secara keseluruhan film yang masih layak tonton. Meski kualitasnya harus gw akui rada kurang dibanding film pertama, tapi sangat sayang kalo dilewatkan.

·         Captain Marvel

Inget gak adegan end credit scene Avengers Infinity War saat Nick Fury ngirim pesan pager yang nampilin suatu logo? Gw inget banget, tapi gw gak ngeuh kalo itu apaan. Herannya beberapa penonton malah bersorak riuh pas ngeliat itu, usut punya usut itu tuh logonya si Captain Marvel, guys! Yeah, film Captain Marvel emang digadang-gadang jadi next film di Marvel Cinematic Universe (MCU) sebelum film puncak Avengers: Endgame. Makanya pas filmnya muncul, langsung dah cus ke bioskop.

Filmnya sendiri lebih merupakan prekuel tentang siapa sosok Captain Marvel a.k.a Carol Danvers ini, dan kenapa selama ini dia gak bantuin para Avengers dalam ngelindungin bumi tercinta. Gw yang bukan fans komik akhirnya merasa terhibur dengan film perkenalan dengan sang kapten ini. Dan di akhir film, lagi-lagi harus dibuat penasaran dengan jalinan kisah MCU selanjutnya.

·         Shazam!

Agak dibuat penasaran sama film superhero yang diangkat dari komik DC ini karena tone-nya dibuat fun, beda dengan film-film DC sebelumnya yang selalu dark. Lagian sosok heroinnya emang nyeleneh sih. Siapa yang nyangka atuh kalo anak sekolah bisa berubah jadi sosok dewasa yang punya kekuatan super kayak bisa nembakin petir, kuat terhadap peluru, dan bisa terbang! Kisahnya sendiri lumayan asyik sih, tentang arti kekeluargaan gitu. Jokesnya juga banyak. Tapi entah kenapa, enggak masuk ke sanubari gw.

Yep, filmnya tuh menurut gw agak kurang dan rada garing gitu. Tapi ketolong sedikit twist di akhir sih. Hingga filmnya gak jelek-jelek pisan di mata gw. Btw, jangan ngatain gw sebagai antek Marvel ya gara-gara komen kayak gini. Gw tuh suka banget genre superhero, bahkan BvS yang kata orang jelek itu juga gw suka. *bela diri dikit takut dibully XD*

·         Avengers: Endgame

Wuhuuu, film paling ditunggu dari keseluruhan MCU phase 3 ini akhirnya berhasil gw tonton. Segala pertanyaan dan rasa penasaran dari akhir film Avengers: Infinity War pun terjawab di sini. Sumprit dah, gw super duper suka ama film ini. Dengan durasi sekitar 3 jam, harusnya bisa bikin bosen dong, tapi untungnya Russo Brothers selaku sutradara sukses meramu kisahnya jadi enjoyable. Dijamin buat penonton yang udah ngikutin MCU dari film pertamanya, bakalan kehipnotis sama tampilan di layar. Hingga akhirnya battle di di akhir bikin darah makin berdesir saking merindingnya. Keren dan epik tenan poko’e!

Terus, saking cintanya kita sama tokoh-tokoh di MCU ini, pas ada tokoh yang harus tewas kok kayak kehilangan beneran gitu ya. Hingga gak berasa deh air mata ikutan ngalir. Eh, gw tahan juga sih, jadinya nyesek pisan di dada deh. Hiks.. Oh iya, gw nonton film ini 3x di bioskop lho saking sukanya!

·         Pokemon Detective Pikachu

Sempet rada pesimis begitu ngeliat trailer dimana si Pikachu jadi bisa ngemeng, udah gitu pengisi suaranya itu Ryan Reynold pula. Jadi kayak Pikachu rasa Deadpool dah. Tapi akhirnya pas filmnya rilis tetep ditonton juga. Lebih ke efek penasaran ama dunia Pokemonnya sih.

Ternyata pas udah nonton, malah kehibur banget ama si Pikachu rasa Deadpoolnya (di ending dijelasin kok kenapa dia bisa ngemeng). Udah gitu suka banget ama penampakan dunia Pokemonnya. Terus bisa liat penampakan Pokemon-pokemon juga merupakan suatu hiburan tersendiri. Ceritanya sih sebenernya simpel. Bagian detektif-detektifannya juga dijamin gak akan bikin anak kecil yang nonton jadi mumet. Dan buat yang dewasa juga gak gitu kacangan lah eksekusinya. Overall, OK movie. Akhirnya ada film yang diangkat dari game yang gak gagal. Hoho..

·         John Wick 3: Chapter 3 – Parabellum

Seperti biasa, ending gantung dari film sebelumnya bikin gw jadi harus nonton film ini. Belum lagi aktor laga Indonesia favorit gw, Kang Yayan Ruhian dan Cecep A. Rahman ikut andil di film ini juga. Alhasil, tanpa kudu mikir, tiket pun langsung gw booking. Eit, tapi biar greget, gw pun nontonnya ama salah satu pemainnya juga dong. Yep, waktu itu gw dan komunitas Perantau nonton bareng sama kang Yayan Ruhian di salah satu bioskop di kota Jakarta. Greget gak tuh!

Hmm, tenang aja, soal penilaian terhadap filmnya mah tetep bakalan seobjektip (pake ‘p’) mungkin kok. Yang pasti, filmnya emang keren abis! Full aksi dari jedar-jedor tetembakan, kejar-kejaran pake mobil, motor, kuda, terus lempar-lemparan pisau, pukul-pukulan, tendang-tendangan, semuanya komplit-plit! Keanu Reeves selaku pemeran utama tetep se-bad ass penampilan dia di film sebelumnya dah pokoknya. Soal scene kang Yayan dan kang Cecep? Ternyata gak receh-receh amat lho. Cukup banyak scenenya, bahkan ada scene dengan dialog bahasa Indonesianya. Mantep ‘kan?

Kesimpulannya, film ini memang cocok buat penyuka film aksi, penyuka babang Keanu Reeves, pengikut film John Wick sebelumnya, dan penyuka binatang! *IYKWIM*

·         Godzilla II: King of the Monsters

Trailernya yang rada-rada misterius tapi keren ini bikin gw ngerasa filmnya sangat cocok ditonton di layar lebar. Apalagi film pertamanya yang meskipun rada drama, tapi gw cukup suka juga. So, pas filmnya rilis, hari pertama itu langsung gw beli tiketnya deh! Terus hasilnya gimana?

Yes, karena ekspektasi gw memang adegan gelut para kaiju alias monster raksasa, jadinya semuanya terpenuhi deh. Lupain karakter manusianya yang memang diliatin supaya cerita bisa ngalir *jahat*. Pokoknya bakbikbuk antar para monster itu sungguh luar binasa.

·         Si Doel the Movie 2

Duh, si Doel ini ya, udah tuir masih aja bimbang milih pasangan antara Sarah atau Zaenab. Tapi entah kenapa, gw yang ngikutin sinetronnya zaman dulu itu tetep aja dibikin greget ama filmnya. Film pertamanya sendiri cukup sukses ngedeliver kisah dimana si Doel untuk pertama kalinya ketemu ama anak kandungnya. Nah, di yang kedua ini, konfilknya rada upgrade nih, dimana si Doel yang udah ketemu Sarah dan anaknya ngerasa bimbang untuk tetep nyerein Sarah atau tetep setia dengan Zaenab yang statusnya hanya nikah siri aja sama dia. Zaenab yang tahu kalo Doel udah ketemu ama cemceman lainnya itu pun mulai ngerasa gundah gulana sampe mikir apa harus memperjuangkan hubungannya atau ngalah.

Arrgh.. Pokoknya biarpun kisahnya sinetron atau FTV bange, film kedua ini tetep sukses bikin kita gregetan kayak film pertamanya. Mana udah gitu endingnya dibuat gantung lagi. Terus film ketiganya mungkin kudu nunggu satu tahun lagi. Uh, kzl, kzl, kzl. Tapi biarpun gitu, pasti tetep nonton lah nanti. Oh iya, meski ini drama cinta-cintaan, tetep banyak scene ngakak kok, siapa lagi kalo bukan Bang Mandra yang jadi biang kekocakannya! Hoho..

·         Hit and Run

Pas pertama liat trailernya tuh, kayak ‘Duh, annoying banget dan gak lucu banget sih!’. Tapi, emang dont judge a movie by the trailer-nya doang sih. Karena pas udah ditonton mah, segala hal annoyingnya itu malah keliatan masuk akal alias sesuai karakter. Dan ternyata lumayan lucu juga.

Meskipun gw rasa filmnya rada telat panas. Jadinya joke di awal-awal itu belum makjleb dan kurang lucu. Nah, pas dari pertengahan sampe akhir baru deh kocak dan bikin ngakak. Salut buat bang Joe Taslim, Tatjana Saphira, Jefri Nichol, dan Chandra Liow yang udah nampilin kemistri yang sip. Btw, biarpun scenenya didominasi ama komedi, bagian aksinya gak digarap secara remeh lho. Koreografi aksinya tetep gokil dan keren tudemaks, apalagi pas ngelawan antagonis utama yang diperanin kang Yayan Ruhian. Semoga ke depannya makin banyak film Indonesia bergenre komedi aksi yang kayak gini dah. Amin!

·         Rumah Merah Putih

Alenia Pictures, salah satu PH yang selalu garap film yang berbau nasionalis dan hasilnya gak kacangan. Makanya pas  gw nonton trailer film Rumah Merah Putih dan tahu ini diproduksi oleh Alenia Pictures, hasrat ini pun mau gak mau tergoda untuk nonton filmnya di bioskop.

Hasilnya, lagi-lagi gw mau dibuat mewek ama filmnya. Haha. Tapi dibanding film rilisan PH ini sebelumnya, menurut gw kok rada kurang gitu. Terutama di bagian editingnya. Kalo masalah akting, tetep pada juara lah. Pevita Pearce juga gw ngerasa di sini merupakan penampilan akting terbaiknya. Terus aktor-aktor bocah pendatang barunya pun bagus-bagus pula aktingnya. Tapi sayang, kalo kata gw mah tayang filmnya kecepetan. Coba kalo tayang di bulan Agustus, pasti lebih apik dan makjleb deh. Yuk ah buruan ditonton di bioskop, soalnya gw yakin film kayak ginian tuh gak akan bertahan lama bertahan di layar lebar. Huhu..

Yak, udah segitu dulu aja ya, short review film versi gw-nya. Semoga ke depannya gw gak males lagi bikin long review per film. Kalo pun tetep males, semoga bisa direkap kayak gini dah ya. Hahaha.. Sampai jumpa di postingan berikutnya! *wink*

No comments: