Sunday, June 2, 2019

Trip Dadakan ke Bandung: Day One (Curug Cipanas Nagrak Kancah)

Curug Cipanas Nagrak Kancah


Trip Dadakan ke Bandung
Day One (Curug Cipanas Nagrak Kancah)

30HariMenulis2019_Hari_2
1.132 kata

Hari Jumat kemaren merupakan hari terakhir gw gawe sebelum libur lebaran. Bersamaan dengan itu, gajian juga pasti cair dong, meski tanpa THR karena masih karyawan baru. Hiks. Nah, gw ama temen bernama Mr. Wangsa yang entah kesambet apa tiba-tiba mutusin buat nge-trip ke Bandung. Berawal dari ngobrol-ngobrol soal rencana ngaprak setelah lebaran, eh, malah dijadiin secara instan hari itu juga. Dengan harapan kalo nge-trip bulan puasa itu tempat wisata bakalan sepi dan juga jadi lebih irit karena enggak akan banyak jajan or kulineran. Tapi beneran bakal sesuai ekspektasi kah? Atau malah kebalikannya? Penasaran? Let’s cekidot!

Jumat jam 21.00 WIB (31 Mei 2019)

Setelah perencanaan dadakan dan ga mateng tapi serius itu, gw n Mr. Wangsa segera pulang ke rumah buat nyiapun baju ganti untuk di Bandung nanti. Yep, kita emang rencanain untuk berangkat ke Bandung di malam hari ini dengan menggunakan sepeda motor. Sengaja berangkat malam buat ngehindarin macet yang mungkin terjadi di musim mudik seperti sekarang ini. Apalagi jalur yang bakal dilewatin itu seringkali jadi pusat kemacetan. Belajar dari pengalaman tahun-tahun sebelumnya juga sih. Pernah kejebak macet hampir sepanjang jalan soalnya. Huhu..

Waktu menunjukkan jam 23.00 WIB saat kita udah ready dengan segala perlengkapan tempur. Mesin motor Mio J yang mau kita pake pun udah dipanasin. Saatnya berpamitan ama orang rumah dan mari kita cao. Rute yang bakalan kita tempuh yaitu via Bogor Selatan – Tajur – Ciawi – Puncak – Cipanas – Cianjur – Ciranjang – Padalarang – Cimahi – Bandung. Ngecek gugel map sih jaraknya sekitaran 120 km dan waktu tempuhnya 3 jam setengah. And sesuai prediksi, penampakan map bebas dari zona merah atau macet. Semoga elo ga bohong ya gugel map, soalnya aku tuh udah sering banget dibohongin tau gak, apalagi kalo soal hubungan. #eaa.

Wuhuu, ternyata emang enelan lho apa yang ditampilin di map itu. Dari Bogor sampe Bandung tuh perjalanan motor kita bebas dari yang namanya macet! Entahlah ya, apa mungkin para mudik-ers itu lebih milih lewat jalan tol daripada jalan gunung gini yak. Maybe yes maybe no. Meskipun perjalanan gw ini ga ada rintangan, bukan berarti waktu tempuhnya makin cepet lho. Yang ada malah sekitar jam 3.30 pagi kita baru sampe di Cimahi alias waktu tempuh sekitar 4 ½  jam. Apa pasal? Pertama, pas kita lewatin jalur Puncak, udaranya lagi dingin-dinginnya banget, jadi kita lambatin deh laju kendaraan. Kedua, kita sempat istirahat sejenak sekalian isi bensin di SPBU sekitar Cianjur. Ketiga dan yang paling lama, foto-foto di jembatan Padalarang. Hahaha..

Narsis di jembatan Padalarang
Btw, berhubung kita sampe Cimahi pas udah jam sahur, kita pun melipir ke salah satu restoran fast food yang buka 24 jam. Ternyata lumayan banyak juga ya yang sahur di resto berlogo M ini. Padahal kan makanannya ya standar, kalo ga nasi ama ayam goreng, ya burger ama kentang, atau malah burger ama nasi. Hihi. Gw pun kalo nemu warteg juga bakalan lebih milih itu, tapi berhubung ga nemu dan masih punya banyak duit di kantong, jadinya milih tempat ini deh. Heuheu..

Beres makan, pas banget waktu imsak. Gw n pren pun nyari mesjid buat laksanain Salat Subuh. Sekalian cari tempat istirahat buat sekedar rebahin tubuh ini. Berhubung tempat tujuan pertama kita itu tempat wisata di sekitaran Lembang, Bandung, kita pun belokin motor ke kiri dari jalan utama Cimahi. Untung belokannya pas banget di sebelah resto, jadinya ga perlu nyari-nyari lagi. Belum juga kita jalan jauh, masjid pun udah ketemu. Langsung deh parkirin motor, dan laksanain Salat di situ.

Sehabis Salat, ternyata mata jadi berat. Alhasil selain rebahin badan, kita pun jadi numpang tidur di situ. Wekeke.. Lumayan lah, kurleb 2 jam si mata dikasih istirahat. Hingga jam 7 pagi, kita mutusin untuk kembali lanjutin perjalanan.

Sabtu Pagi (1 Juni 2019)

Secara perlahan namun pasti, kita pun terus macu kendaraan via jalur perbatasan Cimahi – Lembang.  Udara dingin pagi itu mau gak mau jadiin kita lebih pelanin speed motor. Sumprit, udara sini ampir ga beda jauh ama udara pas gw lewatin Puncak Bogor tadi malem. Ngecek di aplikasi cuaca di HP, ternyata suhunya sekitaran 18 derajat Celcius. Lumayan juga yah.

Oh iya, berhubung udaranya dingin gini, gw ngasih saran ke temen untuk ngunjungin pemandian air panas. Yang pasti bukan Ciater yang jauh nan mahal itu. Gw ngusulin untuk pergi ke Curug Cipanas Nagrak Kancah. Hayoo, warga  Bandung-nya juga pasti masih banyak yang belum pada hafal atau tau tempat itu ya? Letaknya ada di Desa Nagrak Kancah, Lembang, Parongpong, Bandung. Atau kalau masih mau kepo, cek aja di peta, terus ikutin deh petunjuk arahnya. Tapi jangan terlalu percaya ama mbah Gugel ya, entar disasarin kayak gw.

Yeah, gw ama temen saat itu sukses dibikin linglung ama si peta. Lagian di peta itu yang ditunjukin malah via jalan Nagrak Kulon. Setelah nanya-nanya akamsi, ternyata lokasinya ditutup portal. Kita pun ditunjukin jalan yang lurus, eh, jalan  yang bener oleh mereka yaitu via Desa Nagrak Kancah. Rupanya cuma beda satu gang doang. Wekeke.. Tapi biarpun kita udah di jalan yang bener, petunjuk jalan masih minim euy, akhirnya buat yakinin hati yang galau ini, kita pun nanya-nanya lagi, and yes, jalurnya ga salah dong. Ahay.

Sekitar 500 meter macu motor dari mulut gang, kita pun sampe di tempat parkir yang memanfaatkan halaman rumah warga sekitar. Setelah itu kita ditunjukin gang kecil dan voila, Curug Cipanas Nagrak ada di depan mata. Penampakan curug di pagi itu bener-bener yahud deh. Asap hangat mengepul dari aliran air dan kolam di bawahnya yang berwarna kehijauan. Pokoknya ngundang hasrat kita untuk segera nyebur deh. Plus ngundang hasrat untuk selfie-selfie ria. Hehe..

Selfie ala-ala
Sepi kayak kolam pribadi

So, ga perlu waktu lama dong, kita pun segera untuk nyebur ke salah satu kolamnya. Pas masukin kaki, suhu airnya lumayan panas, eh, pas masukin seluruh bodi, airnya jadi anget-anget kuku doang. Tapi lumayan lah, suhunya pas banget buat mereka yang males mandi di cuaca yang lagi dingin kayak sekarang ini. Lagipula tiket masuknya cuma 15 ribu doang lho. Ga akan rugi-rugi amat lah ya, apalagi pemandangan sekitarnya pun masih alami. Beda dengan pemandian air panas Ciater yang udah dikelola swasta dan udah dijadiin kolam renang, sehingga kurang alami.

Tapi, berendam air panas di sini ternyata gak boleh lama-lama. Karena kadar belerangnya yang masih tinggi. Jadi ga usah heran kalau bau belerangnya juga sangat menyengat di hidung kita. Eit, tapi kelebihan dengan adanya belerang ini ternyata malah bikin kulit kita sehat. Buat kelen-kelen yang punya penyakit kulit, segeralah mandi di pemandian air panas ini. Dijamin sembuh! << Asal sebelumnya ke dokter spesialis kulit dulu *sama aja boong*.  XD

Gak kerasa, udah sekitar dua jam gw ngejoglog di pemandian air panas yang berasa private karena sepi pengunjung ini (ya iyalah bulan puasa gitu lho). Gw pun mutusin untuk kembali lanjutin perjalanan. Target berikutnya, CIC (Ciwangun Indah Camp), Curug Pelangi Cimahi, dan tentunya Bandung Kota. Eit, tapi sabar dulu ya, field report itu bakalan ada di postingan berikutnya, alias bersambung gitu lho *dihajar massa*.

So, jangan dulu dipindah channelnya ya, and see u di postingan berikutnya.


2 comments:

Karl said...

Permisi tanya, apakah curug cipanas nagrak sudah beroperasi lagi? Karena di awal tahun sempat ditutup. Saya baca tulisan Anda tuh dbuat per 1 Juni 2019 tp saya belom pernah dengar sudah dibuka resmi kembali, oleh sebab itu saya menanyakan. Terima kasih.

A-Bye said...

@Karl:

Pas Juni itu memang sudah beroperasi. Tapi kalau sekarang sepertinya lagi direnovasi. Untuk lebih jelas cek ig resmi pengurusnya aja di @cipanas_nagrak