Monday, June 10, 2019

Review Buku: Aku Anak Yang Baik


Review Buku: Aku Anak Baik

#30HariMenulis2019_hari_8
328 kata

Berawal dari challenge 30 Hari Menulis di hari ke-4 yang harus membuka salah satu halaman buku dan menceritakan kata pertama yang terlihat, maka buku Aku Anak Baik karangan Anisa Widiyanti inilah yang terpilih untuk menjadi korban. Gara-gara itu pula buku ini ikutan dibaca isinya. Isi buku terbitan Tiga Ananda ini menceritakan tentang keseharian anak dengan konflik-konflik sederhana di setiap babnya dan cara penyelesaiannya yang sesuai tuntunan hadits.

Bahasa buku ini pun bisa dibilang sederhana dan ringan juga. Jelas saja, karena pangsa yang dituju memang anak-anak. Makanya tidak usah heran jika di setiap halamannya berisi gambar ilustrasi yang berwarna-warni. Selain untuk membantu menggambarkan isi cerita, gambar itu juga bisa membuat anak-anak tetap betah membaca. Semua halamannya pun serba full color. Dijamin deh, anak-anak yang membaca tidak akan cepat bosan membolak-balik halaman buku ini.

Sebagaimana buku anak yang lain, selalu ada pesan moral yang baik yang dapat dipetik di setiap akhir ceritanya. Sebuah kutipan terjemahan hadits pun disematkan di halaman akhir babnya. Untungnya berkat bahasanya yang sederhana tadi, semua itu jadi tidak terasa menggurui. Malah barangkali anak-anak dapat lebih mudah menyerap intisari atau pesan-pesan yang coba disampaikan oleh cerita-ceritanya.

Pokoknya buku ini memang sangat cocok diberikan orang tua kepada anak mereka untuk belajar menjadi anak yang baik sesuai tuntunan hadits. Sangat cocok pula dijadikan sebagai alternatif cerita pengantar tidur untuk anak selain cerita dongeng-dongeng pada umumnya. Semoga saja setelah membaca atau mendengar cerita di buku ini, anak-anak dapat meneladani segala tindakan baik yang ada di buku ini dan mempraktekannya di dunia nyata ya. Aamiin.

Oh iya, ternyata selain buku ini, sang pengarang pun telah membuat beberapa cerita lain yang tetap mengajarkan kisah-kisah mulia di dalamnya. Buku-buku tersebut tergabung dalam seri 10 Akhlak Mulia. Melihat buku Aku Anak Baik yang bagus ini, sepertinya buku yang lainnya pun layak untuk dikoleksi. Boleh juga lah nanti cari di toko buku untuk hadiah ulang tahun keponakan. XD

Skor:
Desain: 7/10
Cerita: 7,5/10
Ilustrasi: 8/10
Recommended? Yes!

No comments: