Saturday, June 15, 2019

Artikel Wikipedia: Air Terjun


Artikel Wikipedia: Air Terjun

#30harimenulis_hari_12
463 kata


Curug Cikawah
Definisi Air terjun yang dikutip dari artikel Wikipedia adalah formasi geologi dari arus air yang mengalir melalui suatu formasi bebatuan yang mengalami erosi dan jatuh ke bawah dari ketinggian. Untuk di Indonesia yang mempunyai banyak pegunungan, air terjun dapat dengan mudah ditemukan. Tentu saja kebanyakan dari air terjun itu terbentuk secara alami dikarenakan erosi yang kerap terjadi. Namun ternyata tak sedikit pula air terjun buatan yang sengaja dibentuk sebagai hiasan taman atau untuk keperluan wisata.

Di Bogor sendiri, terdapat banyak air terjun atau curug dalam bahasa Sunda yang sudah dibuka untuk umum dan menjadi obyek wisata. Kebanyakan air terjun itu berhulu dari mata air yang berasal dari Gunung Gede Pangrango atau Gunung Halimun Salak serta beberapa bukit kecil di sekitarnya. Maka tak heran jika curug-curug itu berair jernih dan bersuhu dingin. Sehingga mengundang banyak wisatawan, terutama dari wilayah Jabodetabek.

Beberapa curug di Bogor yang terkenal karena keindahannya diantaranya:
-          Curug Seribu, merupakan air terjun tertinggi di Bogor yang berada di kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak. Dinamakan Curug Seribu karena di sekitarnya juga ada curug-curug kecil yang eksotis. Ketinggian curug ini sekitar 100 m.
-          Curug Pangeran dan Balong Endah, masih berada di kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak, memiliki air yang sangat jernih serta kolam/balong dengan bebatuan indah dan cocok dijadikan tempat berenang yang asyik.
-          Leuwi Hejo, Leuwi Cipet, dan Leuwi Liek, air terjunnya memang tidak terlalu tinggi, tetapi memiliki kolam indah berwarna kehijauan. Untuk yang berani menantang adrenalin, terdapat spot untuk loncat dari tebing (cliff jumping). Sering jadi incaran warga Jakarta dan sekitarnya karena letaknya ada di kawasan Sentul yang tak jauh dari ibu kota.
-          Curug Cikawah, ada di kawasan Ciasmara, Pamijahan, Bogor. Tempat ini sendiri merupakan perpaduan cantik antara air terjun dan kawah di dekatnya. Sehingga di beberapa spotnya air dari aliran sungai ini bersuhu panas. Tapi tenang saja, masih sangat aman untuk dipakai berenang atau sekedar berendam saja.
-          Curug Panjang, Curug Cilember, dan Curug Ciblao, merupakan curug yang bersumber dari mata air Gunung Gede Pangrango. Kesemuanya memiliki air yang jernih serta dingin dan menyegarkan. Lokasinya yang berada di kawasan Megamendung, Puncak ini sangat cocok dijadikan sebagai tempat penghilang penat. Banyak vila yang disewakan di sekitar lokasi menjadikan curug ini agak ramai dikunjungi ketika weekend atau musim liburan tiba.
Yup, daftar di atas sebenarnya hanya merangkum sedikit air terjun/curug di Bogor yang jumlahnya lebih banyak lagi dan terus bertambah. Malahan ada beberapa air terjun yang masih tersembunyi dan belum dikelola oleh Perhutani atau warga sekitar. Semoga dengan adanya banyak curug di daerah Bogor ini bisa meningkatkan pendapatan daerah. Di lain sisi, semoga para pengunjung yang datang ke wisata alam tersebut tetap menjaga keasriannya dengan tidak membuang sampah sembarangan di sekitar lokasinya. Yuk, sama-sama jaga wisata alam kita, agar anak cucu kita nanti tetap bisa merasakan hal serupa!

No comments: