Thursday, June 13, 2019

Tips Ketika Listrik Mati


Tips Ketika Listrik Mati

#30harimenulis2019_hari_11
560 kata

Yuhuu, gak kerasa tantangan 30 hari menulis udah sampai di hari ke-11. Hampir setengah jalan nih. Denger-denger lumayan banyak yang mulai berguguran juga pesertanya, kebanyakan sih karena sibuk dan susah bagi waktu. Maklum, yang ikut event bergengsi bertaraf nasional ini ‘kan umurnya random, dari yang paling muda, baru lulus sekolah (kayak gw. Fufu), yang udah punya anak, sampe yang udah tuwir. Gw juga ngerasa event tahun ini emang paling berat, karena bentrok ama Lebaran juga. Untung gw masih bisa bertahan, meskipun harus terseok-seok dan nyetor pun dengan tulisan seadanya.

Nah, di hari ke-11 yang ngasih tema soal ‘Darkness’ alias ‘Kegelapan’ ini, gw gak mau dicap sebagai kang tulis asal setor dong (padahal openingnya aja  udah ngalor ngidul biar jumlah kata bertambah. Hihi). Kali ini, gw mau ngasih sesuatu yang mungkin menurut kebanyakan orang sepele, tapi sangat penting. Yes, gw mau ngasih tips soal apa yang mesti dilakuin ketika di malam hari listrik rumah tiba-tiba mati dan ruangan langsung diselimuti kegelapan (nyambung ‘kan ama tema? Hehe). Tanpa perlu berlama-lama lagi, yuk mari kita simak tipsnya di bawah ini.

Ketika listrik mati...

1.       Pastikan mati listriknya bukan hoax. Segera cek status teman-teman lo di FB, WA, IG, apa mereka bikin status mati listrik atau enggak. Inget ya, cari teman yang satu wilayah doang. Jangan yang beda kampung atau beda kota! Kalo misalnya gak ada yang update status, berarti mati lampunya hoax. Segera laporkan ke KOMINFO! Eh, tunggu, sebelumnya cek dulu meteran listriknya deh, barangkali token listriknya udah abis atau lo belum bayar tagihan bulanannya. Hehe..
2.       Jika sudah pasti kalo itu beneran mati listrik, jangan panik! Segera cari alat penerangan alternatif, kayak lilin, lampu senter, lampu tempel, obor, atau api unggun! Masa sih nyari salah satu penerangan alternatif itu gak bisa? Oh iya, pas nyari-nyari alatnya pasti tangan kalian nyoba ngeraba-raba dalam kegelapan ‘kan? Ati-ati ya jangan salah raba. Takutnya pas nyari korek api, malah dapetnya ‘korek’ yang lain. Hiiy!
3.        Jangan lupa buat ngecek pintu rumah serta kendaraan yang keparkir. Apa pintunya udah kekunci apa belum, terus kalo punya kendaraan kayak mobil atau motor yang masih keparkir di luar, segera masukin ke dalam dan kunci yang bener juga. Inget ya, hanya masukin kendaraan milik kalian, jangan malah punya tetangga, maling dong itu mah! Hayah.
4.  Ingat-ingat tadi sebelum mati listrik sebelumnya, jumlah orang yang ada di rumah ada berapa. Jangan sampe pas udah idup, jumlah orangnya berkurang atau malah nambah. Berabe ‘kan cuy!
5.       Kurang-kurangin pake HP. Soalnya kalo lobet, susah ngecasnya. Biarpun ada powerbank juga palingan gak akan optimal. Masalahnya HP nyala di malem hari itu penting. Selain bisa buat senter darurat, kali aja malem-malem itu mantan lo kembali khilaf dengan nelpon lo dan minta balikan. Aamiin pisan lah!
6.       Jika mati listrik berkelanjutan, silakan hubungi dokter. Eh, hubungi PLN di wilayah masing-masing. Barangkali pas nelpon PLN, bisa kenalan ama mas/mbak CS-nya, terus berjodoh deh. Cocok nih buat mereka yang mau mup on.
7.       Langkah 1 sampai 6 di atas bisa enggak dilakukan asal lo pada ngelakuin tips yang no 7 ini, yaitu pas rumah ujug-ujug gelap, just doing nothing! Gak usah lakuin apapun. Terus tidur aja deh. Pas kebangun besoknya harusnya udah nyala dong. Hoho.

Oke sip. Kayaknya 7 poin di atas udah cukup buat ngebuka wawasan kalian sedikit. So, silakan praktekin tipsnya pas kejadian ya. Tapi inget, resiko ditanggung sendiri! Gw Abay, pamit! Sampai ketemu di tulisan lainnya. :p

No comments: