Monday, June 1, 2015

#30hariMenulis Hari ke-1



Hari ke-1: Apa yang membuatmu menyukai film?

 Euleuh, sebenernya gw suka nonton film udah dari kecil. Cuman pas dulu mah nonton teh ya udah nonton ajah, ga pernah sampe ngefans atau ampe tau siapa pemain, sutradara, penulis naskah, dll nya. Inget banget pas kecil suka maen ke rumah temen yang punya laser disc player atau video player, film yang disetel pun ada Google V (power ranger jaman dulu), film Superman, Home Alone. Meskipun setiap maen ke rumahnya filmnya diulang-ulang itu melulu tapi tetep seru coy.

Nah, terus kan dulu tuh masih jaman-jamannya Layar Emas di tipi Rajawali, gw hampir ga pernah lewatin nonton filmnya. Tapi sekali lagi nontonnya ya masih polos-polos, yang penting rame. Cuman keselnya tontonan waktu itu adalah kepotong ama Dunia Dalam Berita pas jam 9 malem. Jadinya terkadang, kalo gw bete nonton beritanya, jadinya ketiduran dan si film pun tak kunjung selesai gw tonton. Kalopun sukses menunggu acara berita itu selesai, tantangan lainnya menunggu, gw disuruh tidur ama orang tua, karena takut bangun telat kalo tidur kemaleman. Makanya kadang-kadang kalo nonton tuh suka sembunyi-sembunyi, pura-pura masuk kamar, pas ortu udah masuk kamar juga, gw keluar dan nyalain tv dengan volume kecil. Hahaha.. *badung no jutsu*

Oh iya, di tipi swasta saat itu juga setiap hari liburan selalu diisi ama film-film anak-anak yang bikin gw seneng luar biasa. Kalo film luar ada kayak Air Bud, Space Jam, dsb. Film Mandarin ada film vampir-vampiran atau film Boboho. Hampir semuanya ga pernah gw lewatin dah kalo pas hari libur, apalagi tayangnya pas pagi-pagi, bikin males kemana-mana dan bikin males mandi. Wekeke..

Hmm *lirik bacaan diatas* kayaknya belum ngejawab pertanyaan kenapa gw suka ama film ya? Well, sebenernya alasan suka film pada saat itu emang pure karena gw seneng hiburan. Berbeda pas masuk SMA, ketika temen sebangku gw yang ternyata doyan ngoleksi vcd atau dvd original dari film, dari situ gw mulai suka minjem-minjem koleksi dia dan akhirnya pengetahuan gw soal film bertambah. Film yang gw tonton ga melulu film action atau drama, tapi berkembang ke film thriller, horor, psychology, atau film-film mikir. Akhirnya semenjak dari situ gw mulai ketagihan nonton film, gw juga mulai apal nama pemain-pemain film, sutradara-sutradaranya, perbedaan genre film, pokoknya semua tentang film. Nah, dari film yang gw tonton itu akhirnya gw tahu beberapa manfaat dari nonton film, kayak: Biasanya di tiap film ada pesan yang ingin disampaikan oleh film maker dan dari pesan itu biasanya gw bisa belajar sesuatu, terus juga di film kita bisa tahu kebudayaan negara lain, bisa tahu istilah-istilah kayak kedokteran, persidangan, dll sesuai film yang ditonton, dan sebagainya lah. Pokoknya berkat film itu kayak buku, dia bisa digunakan sebagai jendela dunia juga.  :D

#30hariMenulis2015
#30hariMenulis             

No comments: