#30hariMenulis hari ke-18 'Perjalanan Berkesan'



“Ceritakanlah tentang perjalanan berkesanmu”


Beuh, tema #30hariMenulis kali ini bisa dibilang adalah tema yang pas ama gw kali ini *sotoy*. Karena beberapa bulan ke belakang, gw lagi hobi jalan-jalan atau travelling. Dan bagi gw, semua perjalanan itu termasuk perjalanan yang berkesan! Meskipun sebagian besar perjalanan itu hanya dilakukan dengan One-Day-Trip (ODT) atau sehari perjalanan tetep ga ngurangin keasyikan petualangan gw. Maklum, sejak kerja di tempat sekarang, dapet jatah libur hanya seminggu sekali euy, alhasil perjalanan itu ya hanya bisa sehari pulang pergi.

Dari sebagian besar perjalanan itu kebanyakan yang gw datengin adalah wisata alam. Dan hanya sekitaran Bogor atau Jawa Barat dan Banten. Sebenernya pengen sih sesekali ke luar Jawa Barat/Banten cuman sekali lagi, gw hanya bisa ngelakuin ODT jadi hanya sekitaran ini yang bisa gw sambangin. But seriously, meskipun gw udah banyak datengin tempat-tempat wisata di sekitaran Jawa Barat/Banten, masih banyak pula tempat yang belum bisa gw jejaki. Makanya daripada gw harus jalan-jalan jauh, mendingan yang deket-deket dulu aja tho..  Bisa ke Pantai, Curug, Goa, Gunung, dll. Mungkin ntar kalo tempat wisata yang deket-deket beneran udah habis  gw perawanin semua, gw mulai bisa merambah ke daerah lainnya atau bahkan sampe ke luar negeri.

Btw, kebanyakan jalan-jalan versi gw itu dilakuin dadakan. Jadi biasanya pas hari-H itu malah gw baru mikirin tempat itu dan finally meluncur tanpa ragu. Keuntungan jalan-jalan dadakan itu jalan-jalannya pasti jadi, ga kayak jalan-jalan yang direncanain dari lama. Kekurangannya, ya persiapannya jadi kurang, bahkan seringkali karena gw masih belum tau alamat persis tempat yang mau didatengin itu, ya jadi sering nyasar juga. Wekeke..

Oh iya, pernah baca di salah satu blog tentang travelling, sebetulnya travelling kemana aja itu bakalan menyenangkan atau berkesan asal: 1. Ga ada parno-parnoan di jalan. Keep positive thinking. 2. Berangkat bersama temen/partner/grup yang asik atau klop. 3.  Udah dapet restu dari orang tua/suami/istri.

Poin pertama penting karena biasanya kalo pas selama perjalanan selalu negative thinking yang ada kita ga akan bisa nikmatin perjalanan kita. Yang ada ntar selama perjalanan tuh mikirin yang nggak-nggak melulu, takutnya yang dipikirin malah kejadian lho! Kalo positive thinking kan enak, jadi ga ada beban pikiran, just let it go pokoknya mah. Kayak gw dulu pernah touring semotor malem-malem pake motor tua yang mesinnya udah kacrut, bensinnya bocor pula, tapi karena gw ga ada pikiran negatif dan yakin bisa pulang pergi dengan selamat, Alhamdulillah, ga ada kejadian buruk yang menimpa, liburan  gw juga jadi tetep asik karena gw ga mikirin apapun.

Poin kedua ga kalah penting nih. Pernah ga sih kalian jalan ama orang yang selalu jutek di jalan, atau ga mau sharing bekel/sharing cost, atau ama yang parnoan, atau yang selalu liat jam nanya kapan pulang. Hahaha.. Untungnya gw belum pernah jalan ama orang-orang itu (kecuali yang nanya kapan pulang mulu *plaak*), gw sih kebanyakan jalan ama geng Ripuh (geng anak Bogorgakure yang gokil-gokil), geng Woles (temen-temen futsal gw di Warung Jambu), atau yang terbaru ini Track (Traveler-Backpacker Kaskus Bogor).. Alhamdulillah semuanya asik-asik. Kerasa pisan kompaknya. Jadi susah senang bersama lah kalo lagi jalan-jalan. Ga terkecuali ama anggota Track, padahal pas pertama jalan ama mereka, gw ga kenal sama sekali ama orang-orangnya, tapi pas jalan, nyambung pisan. Jadi kayak udah kenal lama gitu dah. Kalo ama geng Ripuh ama Woles sih wajar aja, gw ama mereka udah ngegeng sejak lama, mau kongkow doang atau dibawa jalan dijamin seru!

Yang terakhir, restu orang tua/suami/istri. Entah ini mitos atau apa, tapi kalo kita tetep berangkat meskipun ga dapet restu dari ortu atau pasangan, biasanya ntar ada aja kesialan yang terjadi (kecuali kalo kalian ngajak si Johor dari geng Ripuh, dia mah Jinx, ga ngaruh udah dapet restu atau nggak. Haha). Yah, emang sih terkadang kalo ga diizinin tuh rasanya  kayak nyebelin, ngeselin, betein, tapi mo gimana lagi.. Mungkin nanti di lain waktu bisa dapet restu juga.

Yak, di luar poin itu maybe masih banyak hal lainnya yang bikin perjalanan berkesan. Yang pasti meskipun jalan-jalan kita ga gitu jauh, ga menutup kemungkinan untuk bikin kita terkesan ama perjalanannya. Karena terkadang dalam suatu perjalanan itu, yang dituju adalah proses  menuju ke sananya, bukan soal target tempat semata. Overall, kemanapun kalian akan pergi senantiasa Safety First dan happy travelling all!

0 komen "#30hariMenulis hari ke-18 'Perjalanan Berkesan'", Baca atau Masukkan Komentar