Friday, July 13, 2018

Drama Ojol Bagian 5 (30 Hari Menulis: Hari ke-19)


#30harimenulis #30harimenulis2018 #harike19

Drama Ojol
Bagian Kelima

Hujan deras telah mengguyur kota Bogor selama hari itu. Abdi yang berprofesi sebagai seorang driver Ojol (Ojek Online) tentu saja jadi berasa sedih. Gimana enggak, setiap hujan begini, penumpang pasti lebih milih angkutan umum yang bisa ngelindungin mereka dari kebasahan, seperti angkot atau taksi online. Tapi Abdi gak patah semangat, dia yakin kalau dia masih mau tetep berusaha, pasti nanti bakal ada hasilnya.

“Dra, gua ngider dulu ya..” ucap Abdi pamitan ke temennya yang ada di basecamp. Saat itu hanya ada si Mandra, sedangkan si Acung yang biasa stand by malah mager dan pengen tidur di rumah aja.

“Mau kemana, bray?” tanya Mandra yang lagi selonjoran, tangan kanannya pun lagi asyik garuk-garuk pantatnya.

“Cari orderan atuh... Lumayan pan kalo dapet, bisa buat beli kopi.”

“Owalah, narik ujan-ujan buat ngopi? Ngomong dong! Bentar deh gua seduhin. Gua masih ada stok nih,” cerocos Mandra, dia emang dikenal sebagai orang yang ga ngerti bahasa kiasan atau perumpamaan.

Abdi nepuk jidatnya, “Yee, maksud gua teh lumayan buat tambahan uang atuh. Lagian ogah ah diseduhin kopi ama lo. Soalnya elo mah doyan nyeduh lagi ampas bekasan kopi yang udah abis!”

“Edaas, kok lo tau, bro? Hehe..” Mandra cuma cengengesan. “Ya udah sih, tunggu rada kecilan aja baru keluar. Sekarang mah lagi gede-gedenya gini.”

Tanpa ngegubris temennya, Abdi berjalan ke arah motornya, membuka joknya kemudian ngeluarin jas hujan miliknya untuk dipake. Gak lupa, hapenya juga dia taroh di plastik water proof. Setelah itu dia naiki motor maticnya dan dengan yakin dia terjang air hujan yang menghadangnya. Sesaat, dia melirik ke arah Mandra, temennya itu lagi manyun karena tadi komentarnya didiemin dan juga mungkin dia juga sedih ditinggal sendirian di basecamp.

Di cuaca yang kayak gini, Abdi hanya bisa jalanin motornya di kisaran kecepatan 20-30 km/jam aja. Soalnya lebih dari itu, penglihatannya jadi makin buruk karena kehalang air hujan yang nimpa kaca helm motornya.

Fokus nyari orderan, Abdi arahin motornya ke pusat-pusat keramaian kayak stasiun, terminal, atau mall-mall. Tapi sesuai dugaan lah ya, hapenya anyep ga bunyi sama sekali, ga ada penumpang atau order yang nyangkut satu pun. Padahal biasanya ada minimal orderan yang mesen makanan, ini mah nihil euy. Abdi yang udah muter-muter sekitar sejam lamanya akhirnya mutusin buat balik ke basecampnya aja sambil nunggu hujan rada kecilan atau reda sesuai saran temennya.

Tapi baru setengah jalan ke arah basecamp, hape Abdi bunyi, ada orderan masuk. Telunjuknya pun dengan sigap menyocol orderan itu. Abdi pun menepi terlebih dahulu buat mastiin orderannya.

‘Permisi, Bu. Pesen ojek ya? Posisi sesuai titik gps?’ ketik Abdi di layar hapenya.

‘Iya, mas, sesuai titik ya..’ balas chat Ibu itu.

‘Ok, tapi saya cuma ada jas hujan plastik ya, Bu. Ga apa-apa?’

‘Iya, ga apa-apa..’

‘Baik, Bu, saya meluncur. Tunggu sebentar ya.’

Seketika Abdi merasa bersemangat lagi. Mukanya yang dari tadi cemberut karena orderan sepi pun langsung tersenyum. Meskipun baru satu orderan tapi rasanya udah kayak kena jatohan sekarung duit dari langit. Atuh siapa yang gak seneng ketika usahanya membuahkan hasil? Biarpun hasilnya baru secuil.

Setelah dia pacu motornya sekitar 5 menit, Abdi pun membelokkan motornya ke salah satu komplek perumahan. Suasana komplek itu berasa sepi dikarenakan cuaca yang masih buruk. Taman bermain di tengah komplek yang biasanya rame didatengin anak-anak sekitar juga jadi lengang.

Blok H Nomor 17, mana ya? Batin Abdi, matanya terus mencari. H-15... H-16... Aha, ketemu!


“Assalamu’alaikum..” Abdi mengucap salam di rumah bercat hijau dan berpagar hitam yang di depannya ada mobil sedan.

“Wa’alaykumussalam,” suara seorang perempuan menjawab dari dalam, “masuk aja, mas!”

Nah, lho? Kok disuruh masuk? Bukannya dia mesen ojek karena mau ke stasiun? Batin Abdi keheranan. Dengan ragu, dia langkahin kakinya masuk ke dalam teras rumah itu.

“Mas Abdi?” tanya si Ibu sang pemilik rumah pas dia keluar nyamperin Abdi.

“I-iya, Bu.. Hmm, jadi mesen ojek saya kan, Bu?” Abdi kebingungan, karena keliatan banget si Ibunya belum dandan, dia cuma pake daster doang plus kerudung nyangkut seadanya.

“Jadi sih, tapi..”

Ngedenger kata ‘tapi’ di akhir ucapan si Ibu membuat Abdi kudu siap-siap nerima segala kemungkinan.

“... Ibu kan mau ngadain tahlilan nanti Ba’da Maghrib, nah, karena di rumah cuma ada Ibu ama anak yang masih balita dan si ayahnya belum pulang kerja, jadi ibu minta bantuan si Mas buat bantuin beberes perabotan dan gelar karpet. Mau ya, Mas? Tenang aja, nanti ada ongkos capeknya.”

Bener aja dugaan Abdi, apa yang diucapin si Ibu selanjutnya itu ngebuat dia rada ga percaya. Tapi apa mau dikata, dirinya udah ada di rumah itu, jadi mau ga mau dia pun nerima permintaan pelanggannya dengan senang hati. Anggap aja ini mah kayak lagi bantuin tetangga, pikirnya. Lagian pekerjaan Ojolnya ini emang selalu bikin kejutan sih. Selalu ada kisah dan drama yang bisa dia ceritain kelak ke anak-cucunya.

“Ada lagi yang bisa saya bantu, Bu?” basa-basi Abdi setelah dia membereskan request pelanggannya itu.

Si ibu itu tersenyum. “Udah, Mas.. Udah OK. Sisanya bisa saya lanjutin sendiri. Makasih ya, Mas..”

“Sama-sama, Bu.. Saya pamit dulu ya..”

“Sekali lagi makasih, Mas.. Maaf saya cuma bisa ngasih ini ya, sebagai balas budinya..”

Abdi hanya mengangguk sambil menerima satu bingkisan makanan dan sebuah amplop dari tuan rumah.

Setelah agak jauh dari rumah itu, Abdi membuka amplop yang dia terima. Ternyata amplop itu berisi dua lembar uang seratus ribu. Seketika Abdi pun langsung mengucap syukur, karena usaha dan niat baiknya dibalas kontan oleh sang Maha Pemurah.

Dia pun tersenyum, lalu bergumam, “Ah, rejeki memang ga akan kemana..”

Selesai

#891kata

NB:
Halo, Drama Ojol balik lagi nih. Dan seperti biasa, kisah ini emang diangkat dari kisah nyata seorang bapak Ojol yang dapet orderan tapi bukannya buat nganter malah disuruh bantuin beberes. Ada-ada aja ya. Hehe.. Akhir kata, jangan bosen-bosen buat ngikutin series Drama Ojol ini, okeh?!

No comments: