Sunday, July 1, 2018

Say No to Hoax! (30 Hari Menulis: Hari ke-7)


#30harimenulis #30harimenulis2018 #harike7


Hoax oh hoax.. Dari dulu, dari sebelum zaman hape android, elo udah merajalela dengan mudahnya. Entah siapa yang mulai menyebarkan atau apa tujuannya, yang pasti elo tuh nyebelin abis tau nggak! Dan gw ga abis pikir, kenapa masih ada aja orang yang percaya ama lo terus dengan mudah nyebarin lagi ke yang lain? Dan hebatnya ketika ada yang ngasih tau kalo elo itu hoax, mereka biasanya hanya berdalih dan mengatakan ambil hikmahnya aja. Oh, puh-lease!

Seharusnya di zaman sekarang dimana informasi lebih mudah didapetin, elo dengan gampang mudah dideteksi. Tapi apa daya, berkat kejeniusan lo dalam menyampaikan berita, orang-orang dengan mudah terlena dengan isinya dan langsung percaya.

Nyebelin gak sih, gara-gara lo juga, orang jadi sering saling serang, saling merasa paling benar, saling menjatuhkan. Hey atau emang itu tujuan lo muncul? Harus gimana dong ya buat ngadepin lo?

Padahal seharusnya, elo juga bisa gampang ketauan, bahkan tanpa perlu cek dan ricek lebih mendalam. Tapi terkadang orang-orang juga hanya taklid buta atau percaya sama lo karena tulisan lo itu sefaham atau sepemikiran dengan mereka. Bisa juga karena tulisan lo itu berisi untuk menjatuhkan lawan politik mereka alias hanya fitnah semata. Yeah, mata mereka lebih sering dibutain oleh idealisme mereka sendiri, sehingga mereka juga dengan senang hati make elo sebagai alat menyerang tanpa peduli faktanya. Entahlah, mereka sebenernya tau kalo itu elo atau memang mereka itu gak tau, yang penting lawan mereka kalah.

Untungnya, banyak orang yang peduli soal masalah ini dan berniat untuk memberantas lo dari muka bumi (Huft, butuh usaha keras ini sih). Beberapa situs dibuat agar mempermudah bagi orang-orang untuk mengecek keberadaan lo. Dari hoax receh sampai level tinggi, semuanya bakalan kegep oleh mereka. Nih, gw sebutin beberapa situs yang sering dipake orang buat ngedeteksi lo, diantaranya adalah turnbackhoax.id, hoaxbuster.id, hoaxornot.detik.com, dan masih banyak lagi.

Tapi tetap saja, meskipun keberadaan situs-situs tersebut udah berusaha  ngasih akses kemudahan kepada orang-orang soal keberadaan si hoax ini, semuanya tetap dikembalikan kepada usaha orang untuk mau melawan lo atau cukup percaya gitu aja.

Akhir kata, semoga elo beneran bisa musnah di bumi ini, agar bumi terbebas dari informasi palsu, adu domba, fitnah, dan segala efek negatif karena kemunculan lo. Dan semoga kita bisa mencegah diri kita dalam menyebarkan tulisan hoax, syukur-syukur bisa memberitahu yang lain ketika mereka menyebarkannya. Tetap semangat Turn Back Hoax!

#380kata

No comments: