Sunday, July 15, 2018

Tema: Kekinian (30 Hari Menulis: Hari ke-21)


#30harimenulis #30harimenulis2018 #harike21

Tema: Kekinian

“Hey, guys.. Kali ini gua ada di salah satu restoran yang lagi ngehits di Bogor lho.. Gua juga mau nyobain makanan andalan mereka yang lagi booming, ayam geprek mozarella yang ada level pedasnya gitu lho! Terus nanti di sana juga gua bakal.. bla.. bla.. bla..”

Yeah, begitulah contoh salah satu aksi seorang vlogger (video blogger) atau youtuber ketika ngebahas soal restoran atau makanan yang lagi kekinian di salah satu daerahnya. Yep, ke.. ki.. ni.. an. Emang sebenernya apa sih kekinian itu? Hmm, mungkin bisa jadi diartiin sebagai hal yang sedang booming dan paling up-to-date kali ya. Jadi kalo lo-lo semua ga ngelakuin hal yang lagi kekinian tuh rasanya kudet (kurang apdet) dan basi banget deh pokoknya.

Alhasil generasi zaman kiwari bin masa kini pasti selalu ngerasa takut atau bersalah kalo mereka ga ngikutin hal-hal yang sedang ngehits di waktu itu. Contohnya nih, di tahun kemaren, mainan spinner tiba-tiba booming banget di seluruh penjuru dunia dan ga perlu nunggu waktu lama deh buat hampir semua generasi kekinian untuk punya mainan itu. Atau seperti contoh di awal, ketika salah satu makanan booming kayak ayam geprek atau es kepal gitu, langsung deh semua bakal nyariin dan rela antri panjang untuk nyobain. Padahal mereka biasanya ngelakuin itu agar bisa pamer di medsos doang.

Tapi kekinian gitu juga ga melulu tentang barang atau makanan lho, soal pekerjaan pun ada. Contohnya kayak jadi Vlogger atau Youtuber, jadi Selebgram, atau yang terbaru jadi seleb tik tok. Soalnya pernah liat salah satu liputan dimana sang reporter coba nanyain ke anak-anak SD kisaran kelas 1-3 soal cita-cita mereka dan jawabannya udah ketebak, banyak dari mereka yang kepengen jadi Youtuber.

Sebenernya ga jelek juga, toh itu pekerjaan halal. Cuman kok rasanya miris aja, ketika kids jaman old bener-bener ngegantungin cita-cita setinggi langit kayak mau jadi pilot, astronot, dokter, dll lha sekarang malah mau jadi Youtuber atau Selebgram kayak gitu aja. Tapi sekali lagi, namanya anak-anak atuh ya, masih pada polos dan belum mikirin ke depannya. Mereka juga palingan mau jadi itu karena ngikutin apa yang diliat atau ditonton oleh mereka sehari-hari.

Efek kekinian juga ga melulu negatif sih, kalo kita bisa manfaatin momen malah bisa dapet untung banyak dari itu. Makanya ketika misal ayam geprek booming, banyak restoran yang langsung nyediain menunya. Terus banyak juga pengusaha yang nyoba buka restorannya. Kan lumayan tuh, kayak gayung bersambut pisan. Bahkan pihak bioskop kalo ada film yang dijamin hype-nya tinggi, ga takut untuk muter film itu di semua studionya.

Hanya saja, efek tersebut juga biasanya ga akan tahan lama. Ya iya lah, namanya aja kekinian, jadi kalo udah lewat masanya, pasti abis deh, ga akan laku lagi, dan orang-orang bakal nyari hal yang lebih kekinian lagi. Coba aja sekarang, kayaknya udah hampir ga pernah liat ada anak yang maen spinner lagi, kalo ke toko mainan juga pasti selalu liat masih banyak stoknya yang belum kejual meskipun udah diobral abis. Atau kalo minuman tuh ada kayak Capcin (cappucino cincau) yang udah jaraaang banget yang jualan, saking udah basi alias ga kekinian pisan.

Nah, sekarang keputusan tinggal di tangan kita masing-masing deh. Mau ikutan arus dengan selalu ngikutin hal kekinian atau jadi generasi woles (selow) yang mau ada hal booming apapun juga sebodo amat, yang penting tau kalo itu ada dan ga kudet banget. Well, apapun pilihannya yang penting itu semua ga sampe ngerugiin diri sendiri dan juga orang lain deh ya. :-)

#558kata


No comments: