Thursday, July 12, 2018

Tentang Jalan Tol (30 Hari Menulis: Hari ke-18)


#30harimenulis #30harimenulis2018 #harike18

Tema: Random Wikipedia Article
Masuklah ke situs Wikipedia, pilih satu artikel, mengenai apa saja. Buatlah tulisan mengenainya. Ingat, bukan copy-paste, namun lebih ke bagaimana kamu bisa menguraikan tanggapanmu terhadap artikel tersebut.

Jalan Tol

Siapa sih yang belum pernah make yang namanya jalan tol? Buat yang doyan bepergian ke luar kota pastinya udah sering lewatin dong. Karena jalan ini dikenal atau sering diartiin oleh orang-orang sebagai jalan bebas hambatan, makanya ga sedikit yang gunain fasilitasnya. Padahal pengertian itu salah lho. Tapi apalah daya, masyarakat kita udah kecuci otak ama pengertian itu.

Arti sebenernya jalan tol adalah jalan yang khusus dilewatin buat kendaraan dengan roda empat atau lebih yang digunain buat mempersingkat jarak dan waktu tempuh. Buat make fasilitasnya pengguna wajib bayar sesuai tarif yang berlaku. Makanya jalan tol alias tollway itu artinya lebih ke jalan berbayar atau berbiaya.

Nah, makanya kalo nanti pas kalian make jalan tol dan jalanannya macet, jangan gampang protes. Karena pada dasarnya jalan tol ga harus bebas hambatan. Soalnya sering banget ngeliat di medsos, tiap jalan tol macet pasti ada yang bikin status kayak ‘gimana sih, udah tarifnya mahal tapi masih macet!’ atau ‘katanya bebas hambatan, ini malah nambah lama sampe tujuan karena banyak hambatannya’. Plis deh ah, sekali lagi jalan tol itu bukan solusi ngehindarin kemacetan.

Ngomong-ngomong soal jalan berbayar, mulai Oktober 2017 cara pembayaran jalan tol harus menggunakan kartu e-money lho. Di awal pemberlakuannya, banyak yang protes soal ketidak praktisannya, ribetnya, dll. Padahal kalo mau dipikir-pikir, hal itu harusnya malah bisa mempermudah kita pas mau bayarnya kan? Coba nih pas dulu sebelum peraturan e-money ini diberlakuin, kalo mau bayar pasti deh kudu nyiapin uang receh dulu atau kalopun pake nominal uang yang gede, jadi bikin lama pas nunggu kembaliannya. Alhasil, malah bikin ga efektif dan bikin antrian di pintu tol jadi lebih panjang deh. Nyebelin kan?

Sedangkan kalo pake e-money, tinggal tap di mesin, tunggu gate terbuka, jalan deh. Eit, tapi jangan lupa isi saldo e-money-nya dulu ya sebelum bepergian via jalan tol. Tenang aja, selain bisa diisi di atm bank sesuai e-money yang kalian punya, sekarang banyak gerai minimarket yang buka layanan top-up saldonya juga kok.

Selain kelebihan jalan tol yang dapat mempersingkat perjalanan, fasilitas ini juga tetep ada sisi negatifnya. Apalagi kalo bukan angka kecelakaan yang lebih besar dibanding jalan raya pada umumnya. Meskipun hal ini lebih disebabin oleh human error juga sih. Tapi faktor jalan yang lebar dan cenderung lurus, memang bikin kebanyakan pengguna kendaraan buat macu kecepatannya dengan kecepatan tinggi. Makanya para pengguna jalan tol diharapkan buat lebih ditingkatin kehati-hatiannya lagi. Dan buat para supir kendaraan, jangan ragu untuk mampir ke rest area yang ada di sekitar jalan tol kalo kalian udah mulai ngerasa capek dan ngantuk.

By the way, saat ini jalan tol di Indonesia sudah kesebar hampir di seluruh wilayah negeri ini lho. Dan sampai sekarang pun berbagai pembangunan jalan tol sedang dikerjain buat ngejangkau daerah yang lebih luas lagi. Oleh karenanya, mari kita doain semoga fasilitas ini semakin merata serta bisa mudahin akses kita untuk pergi kemana-mana. Aamiin.

#467kata

No comments: