Tuesday, July 10, 2018

My First Trip to Yogyakarta part two (30 Hari Menulis: Hari ke-16)


#30harimenulis #30harimenulis2018 #harike16

My First Trip to Yogyakarta
Part Two


Pose di depan Candi Prambanan
 
Day One

Setelah berhasil menginjakkan kaki untuk pertama kalinya di kota Jogjakarta (baca: Yogyakarta), kita yang kelaparan langsung nyari makan. Eh, di depan stasiun ternyata ada warung makan kecil sejenis warteg gitu lah, tapi karena kita lagi di Jogja, sebutannya jadi warjog ga sih? #krik. Cuaca pagi di kota pelajar ini lumayan hot euy. Padahal masih jam 7, entah kenapa udah gerah aja. Hmm, tapi mungkin karena efek belum mandi juga kali ya. Hihi..

Beres makan, kita pun janjian ama mas-mas rental motor di depan stasiun. Yep, buat ngirit budjet dan lebih bebas kalo mau kemana-mana, kita mutusin buat nyewa motor selama trip di kota ini. Dua motor matic yang kita sewa itu dikasih bandrol 60ribu per motor per hari di luar bensin. Kita hanya cukup ngasih 3 tanda pengenal kayak KTP, kartu BPJS, dll sebagai jaminan. Untuk info nama rental motornya, hmm *mikir*, rada lupa sih. Yang pasti kita dapet infonya dari IG. Cukup pake hashtag #rentalmotorjogja pasti langsung muncul banyak rekomendasi. Kalo mau pake tempat rental yang sama kayak kita, tinggal cari yang IG-nya ada foto kita aja ya, soalnya sebelum cao, kita sempet difoto ama mereka. Ga ngebantu pisan ya infonya? Hahaha..

FYI, selain sewa motor, transportasi umum yang ada di Jogja itu ada TransJogja alias buswaynya Jogja. Cuman bedanya ama busway di Jakarta, di sini mah busnya ga pake lajur khusus. Koridornya ada banyak, dan haltenya kebanyakan ada di setiap tempat-tempat wisata terkenal di daerah ini. Kalo untuk htmnya cuma seharga 3.600 rupiah aja. Atau kalo yang ga mau ribet, Ojek Online dan Taksi Online juga sepertinya udah ada.  Hmm, akhirnya gw ngasih info rada berguna kan? *bangga*

Back to topic, sesuai itin, destinasi pertama kita adalah *SFX: Jreng-jreng* Candi Prambanan. Kita milih ini sebagai pilihan pertama soalnya abis dari situ bakalan ke Umbul Ponggok yang arahnya sama. Lumayan lah, dengan arah yang sama kita dapet dua objek wisata. Lagipula, menurut saran dari temen yang udah ke Jogja, main ke candi itu emang lebih baik pagi-pagi, karena makin siang makin panas.

Jam 8 pagi kita udah sampe di Candi Prambanan. Sempet rada bingung pas di jalan kotanya karena banyak perempatan gitu, tapi bisa sampe juga di tempat wisata yang punya nama lain Candi Roro Jonggrang ini. Htm buat masuk candi ini ternyata lumayan juga euy yaitu sebesar 40 ribu rupiah. Rada kaget juga karena naeknya lumayan, beda ama info yang gw baca di internet.  Eh, tapi mungkin buat orang lain mah harga segitu murah meureun ya? Untuk parkir motornya sih cukup bayar 2 ribu aja.

Pas masuk ke dalam komplek Candi Prambanan untuk pertama kali, gw dibuat rada takjub juga ama penampakannya. Padahal udah sering liat di tipi-tipi, tapi begitu liat asli, ternyata lebih keren euy. Hanya saja, candinya teh lebih kecil dari ekspektasi gw. Ga nyia-nyiain momen, gw pun dokumentasiin setiap sudut candi ini. Untung ada si Om Danny, yang selalu siap motoin, plus ngasih arahan gaya di tiap sisi candi. Wekeke.. Makanya salah satu foto dari tempat ini, gw jadiin sebagai foto profil di FB saking kerennya. Gw-nya aja udah keren, apalagi ditambah backgorundnya yang ajib, jadinya pan keren kuadrat, iye ga? *langsung pada muntah berjamaah*

Ini profpic FB yang diomongin.. Hehe..

Btw, pas baca-baca keterangan yang ada di depan salah satu candi, ternyata tinggi ujung candi ini sempet berkurang lho karena pernah kesamber petir. Makanya sekarang atasnya ga keliatan lancip lagi, jadi rada tumpul karena kena gludug tadi. Terus ada beberapa stupa juga yang rusak dikarenakan gempa yang melanda Jogja beberapa waktu lalu. Oh iya, untuk ngehindari dari tangan jail yang mau nyuri batu candi atau sekedar corat-coret, di candi ini udah dipasang CCTV. Harusnya tanpa CCTV juga pada nyadar ya, aset bersejarah kayak gini sayang banget kan kalo ampe rusak atau dicorat-coret alias kena efek vandalisme. Makanya kita kudu jaga baik-baik ya.

Sekarang mah di atas candinya udah ada penangkal petir

Full team!
Saking betahnya di Candi Prambanan, kita baru keluar dari tempat itu sekitar jam 11. Ngemeng-ngemeng, pintu keluar candi ini sengaja diarahin ke pusat oleh-oleh lho. Dijamin buat pemburu pernak-pernik unik bakalan mupeng pas lewat. Harga yang ditawarin juga murah-murah. Kalo jago nawar malah bisa lebih drop lagi harganya. Sayangnya, waktu itu gw ga beli apa-apa karena rencananya emang baru mulai belanja oleh-oleh tuh di hari terakhir. Kalo hari pertama mah takut ngeberatin tas euy, soalnya perjalanan masih panjang. Tapi ini jadi salah satu hal yang bakal gw sesali nanti. Nanti pas hari terakhir gw bakal ceritain kenapanya. Hiks..

Keluar dari Candi Prambanan, kita pun ngarahin motor ke kota Klaten, karena objek wisata berikutnya yang kita tuju ada di sana. Yep, kita bakalan ke Umbul Ponggok. Arti kata Umbul Ponggok berasal dari umbul yang artinya mata air, sedangkan Ponggok diambil dari nama daerah dimana objek wisata itu berada. Karena kita dari pagi belum mandi, pastinya di tempat itu kita bakal ngojay bin berenang-berenang cantik gitu dah. Buat yang belum tahu, hal yang unik dari tempat itu adalah kolam mata air tempat kita berenang itu tuh ada ikannya juga lho. Lha apa bedanya ama ngojay di kolam ikan? Sabar.. Nanti juga gw jelasin dah.. << nanti-nanti melulu yak?

Setelah sempat istirahat di tengah perjalanan buat nikmatin es dawet yang harganya cuma 3 ribu, dengan bantuan GPS-nya google maps dan GPS-nya ‘Gunakan Penduduk Sekitar’, kita pun sampe di TKP tepat jam 12 siang. Kita pun mampir ke Masjid yang ada di seberang tempat prkirnya dulu buat Shalat Zuhur (dan ikutan ngecas HP bentar. Wekeke). Kelar shalat, kita pun masuk ke dalem kawasan Umbul Ponggok. Htmnya teh kalo ga salah 13rb per orang, untuk motor 5rb.

Pertama kali masuk, sempet timbul rasa kecewa, karena ternyata tempatnya tuh udah ga keliatan alami aja gitu. DI sekitarnya udah dibeton dan banyak warung-warung juga. Jadi kayak maen ke kawasan kolam renang pada umumnya. Eit, tapi pas gw nyemplung untuk pertama kalinya, ternyata malah langsung takjub gitu ama suasana bawah airnya. Ajib pisan. Beruntung, gw udah sengaja bawa kacamata renang jadi bisa lebih puas nikmatinnya. Pokoknya jadi berasa snorkeling di laut lepas, padahal ini mah renangnya di kolam air tawar.

Nah, buat ngejawab pertanyaan sebelumnya tentang apa bedanya ama berenang di kolam ikan? Beuh, jelas beda banget lah. Sumprit deh, biarpun di dalemnya tuh banyak ikannya (gede-gede pula), tapi airnya tetep bening, jernih, dan ga berbau amis. Ya, berarti penamaan tempat ini tuh ga bohong ya, airnya bener-bener  dari mata air. Oh iya, buat yang ga bawa perlengkapan renang, tenang aja, di sini tuh ada penyewaan kacamata renang, kaki katak, pelampung, dan ban. Harganya juga terjangkau lah. Terus buat yang pengen punya dokumentasi bawah air, ada penyewaan action cam juga. Di beberapa spot bawah airnya juga udah dikasih properti lho, kayak motor, sepeda, atau sekedar kursi doang. Sekali lagi, untungnya gw punya action cam, meskipun versi murah, tapi karena objeknya udah bagus, hasilnya jadi ga murahan!

View bawah air Umbul Ponggok, bening pisan kan ya?

Ditemenin ikan-ikan

Cuman, buat ngehasilin foto yang dimau tuh butuh usaha ekstra euy. Apalagi kalo mau foto ama properti-propertinya. Karena kan propertinya itu ditenggelemin di kolam yang dalemnya kurang lebih dua sampe tiga meteran. Beberapa kali gw, om Danny, dan si Ridwan mesti ganti-gantian nyelem dan berenang plus motoin sambil berusaha tahan napas selama mungkin. Entah berapa kali juga air kolamnya ga sengaja keminum ama gw. Huhu.. Sebagai tips foto di sini, jangan lupa untuk beli pakan ikan supaya pas kita foto, ikannya pada ngumpul, dijamin lebih asoy deh nanti hasilnya.

Ga kerasa, saking asyiknya maen air di Umbul Ponggok, waktu pun semakin sore. Akhirnya setelah makan siang di warung setempat dan ikut shalat lagi di Masjid, kita pun mutusin untuk pergi ke destinasi berikutnya yaitu main ke Pantai Selatan yang  ada di wilayah Gunung Kidul!

Karena Klaten ini ada di wilayah utara Jogjakarta, perjalanan untuk sampai di pantai selatan Jawa ini diperkirakan sekitar 2-3 jam menurut mbah Gugel. Jadi, karena kita berangkat dari Umbul Ponggok sekitar jam 4, maka kalo ga ada masalah kita bakal sampe jam 6 atau jam 7 malam. Tapi apa bener kita bakal sampe tepat waktu? Tunggu kisahnya di part berikutnya ya.. Ahay..

Bersambung..

#1306kata

NB:
Yosh, part 2 kelar. Lagi-lagi di atas seribuan kata. Setiap bikin FR emang selalu susah ngerem buat nulis sih. Ini juga udah berusaha nahan diri buat ga nyeritain lebih detail. Wekeke.. Moga yang baca ga bosen ya, dan tetep nunggu part selanjutnya.

No comments: