Wednesday, July 18, 2018

Plus Minus Media Sosial (30 Hari Menulis: Hari ke-24)


#30harimenulis #30harimenulis 2018 #harike24

Plus Minus Media Sosial

Dahulu kala sang penemu media sosial pasti berpikiran untuk ngejadiin hal yang mereka bikin ini buat jadi sarana mencari teman atau sekedar bersenang-senang. Tapi di zaman now, penggunaan media sosial bisa lebih dari itu. Kesemuanya tergantung yang makenya juga sih. Bisa positif atau negatif.

Yah, kayak contoh di film aja, misalnya ditemuin cairan racun sekali tenggak mati, sisi positifnya mereka bisa gunain itu buat diminumin ke napi yang dihukum mati supaya ga berasa apa-apa, kalo negatifnya saat dipake penjahat, mereka bakal pake itu untuk racunin semua orang yang ngehalangin niat jahatnya. Ish, dua contohnya tetep serem ya, tapi lumayan lah buat nambah-nambah jumlah kata. Wekeke..

Nah, begitupun media sosial, dia punya dua mata pedang. Kalo digunain dengan baik, bakalan berfaedah dan ga ngerugiin orang. Sedangkan kalo digunain sebaliknya, ya udah ketebak lah ya, dijamin ga berfaedah dan ngerugiin orang pisan lah.

Sebagai contoh sisi baik media sosial diantaranya:

1.       Untuk Mempererat Silaturahim
Hayoo, ngaku.. Siapa yang bisa ketemu lagi ama temen sekolahnya dulu? Atau keluarga jauhnya yang udah loss contact setelah sekian lama. Atau malah ketemu lagi ama mantan? Lumayan kan bisa kepoin dia lagi. Hehe..

2.       Sebagai Alat untuk Mendapatkan Teman Baru atau Jodoh
Siapa sih yang ga mau nyari temen yang banyak? Hebatnya lagi kita juga bisa dapetin temennya ga melulu dari satu daerah. Ga terbatas lah, dari sabang sampai merauke atau bahkan seluruh dunia bisa jadi temen kita. Bahkan sama artis idola kita juga bisa temenan lho! Uhuy.. Bonusnya lagi nih, kalo hoki, kita pun bisa dapetin jodoh dari media sosial juga. Yeah, KALO HOKI. :p

3.       Untuk Sarana Promosi atau Iklan
Ga sedikit perusahaan yang ngebikin media sosial sebagai sarana promosi atau iklan untuk produk mereka. Makanya banyak dari mereka yang bikin akun official juga buat lebih gampang ngiklaninnya. Keuntungan bikin promo di media sosial juga, iklannya bisa diliat ama semua golongan. Terus kadang iklannya tuh nyamain ama apa yang sering kita cari. Jadinya kan buat pengguna medsos yang kena jebmen (jebakan betmen), bakalan langsung klik iklannya. Belum lagi kalau iklannya ampe viral, beuh, ga kebayang bakal dapet berapa juta viewer sebagai hasilnya.

4.       Agar Tahu Berita terkini
Sekarang, berbagai kasus atau berita, dengan gampang bisa kita temuin di media sosial. Baik yang berguna kayak info bencana alam atau yang ga jelas macam berita gosip-gosip atau skandal gitu. Ah, yang pasti buat yang jarang nonton tipi atau cari tahu berita di mbah gugel, kehadiran media sosial cukup ngebantu buat dapetin info terbaru. Eit, tapi inget jangan ampe kejebak info hoax ya. Terus kalo nemu berita juga jangan baca headlinenya doang. XD

5.       Untuk Cari Uang
Kalo ini mah baru-baru aja sih. Beberapa media sosial kayak Instagram atau yang terbaru, tik tok, bisa dipake oleh mereka buat nyari uang lho. Tapi ga segampang itu juga sih, karena sang pemilik media sosialnya juga kudu punya followers yang banyak dulu. Baru deh abis itu bakal banyak yang minta endorse dengan minta iklanin produknya di akun mereka dan mereka dapet uang dari itu. Atau kalo kasus tik tok, buat meet and greet aja deh terus kasih htmnya. Halah.

Sekarang kita bahas sisi negatifnya, media sosial bisa jadi:

1.       Sarana Pamer
Hmm, sebenernya ga negatif-negatif amat sih. Karena emang pada dasarnya kan media sosial itu intinya buat pamer dan pencitraan. Hihi.. Tapi terkadang yang dipamerin itu ga sesuai ama kehidupan nyatanya. Sehingga jangan kaget kalo ada yang kopdar dengan teman medsosnya dan mendapati orang yang ditemuin ga sesuai foto profilnya yang ajib itu, eh, akhirnya dia sampe bunuh diri. Yep, kasusnya pernah terjadi di Cina.

2.       Sarana Menyebarkan Hoax
Ini nih sebenernya yang paling bahaya. Berbagai berita hoax dengan gampang diviralin juga ama para pengguna media sosial. Biasanya sih mereka ga sadar kalau udah nyebarin berita hoax asalkan beritanya itu sesuai dengan idealisme atau untuk nyerang hal yang mereka ga suka. Jadinya, bagiin dulu beritanya, cek bener enggak beritanya mah belakangan aja. Heuleuh-heuleuh. Cik atuh-lah, udah 2018 nih, dimana akses buat cek hoaxnya juga udah makin gampang, tolong saring hal yang kalian mau sharing! *Hey, its rhyme!*

3.       Penghancur Pertemanan
Sebagai lanjutan dari poin no 2, gara-gara info hoax, banyak yang malah jadi musuhan lho. Padahal di dunia nyata mah mereka best friend, tapi karena perbedaan pendapat (biasanya yang nyebar hoax emang lebih bebal dan susah dikasih taunya sih) akhirnya jadi jarang ketemu dan ngomong. Yeah, semua karena debat di medsos!

4.       Buat Mata-matain or kepoin orang
Ini juga agak bahaya sih. Tahu gak sih, para penjahat zaman now itu sekarang mah suka mantau calon korbannya dari media sosialnya. Misalnya mereka mau ngerampok rumah kita, eh, status kita isinya ‘lagi jalan-jalan sekeluarga’, mereka jadi tahu rumahnya kosong dan bisa langsung eksekusi deh. Terus yang lebih bahaya tentunya ngepoin mantan. Entahlah ya, kayaknya sakit banget liat foto-foto dia, apalagi kalo dia foto ama yang baru dan keliatan sangat bahagia. Hiks..

5.       Nyebabin Kecanduan
Hmm, coba ngaku, seberapa sering kalian ngebuka halaman media sosial kalian? Entah untuk sekedar cek doang atau update status. Pasti sering kan? Tapi jangan ampe kalian lupain pekerjaan kalian ya. Soalnya banyak nih, yang pekerjaannya terbengkalai gara-gara keseringan cek media sosial.


Okay, sekarang udah tahu kan plus minus penggunaan medsos? Semoga kita lebih bisa dapet manfaatnya ya dibanding mudharatnya. Ingat, jempolmu harimaumu!


#863kata

No comments: