Monday, July 23, 2018

Pungli.. Oh.. Pungli (30 Hari Menulis: Hari ke-28)


Hosh, nulis ini seabis pulang ngaprak dari salah satu pantai nan eksotis di daerah Banten, yaitu Pantai Legon Pari dan Pantai Sepang, Sawarna. Lumayan pegel-pegel bodi plus pantat juga sih setelah berjibaku di jalanan selama kurang lebih 6 jam. Eh, tapi di tulisan ini gw ga akan nulis tentang report perjalanan itu dulu ya, meskipun masih nyambung-nyambung juga sih.

Jadi gini, kan barusan kita ngaprak ke pantai itu, terus sekitar 5 km sebelum TKP itu jalanannya rusak parah, nah, ngeselinnya tuh hampir setiap beberapa ratus meter ada para oknum akamsi (anak kampung situ) yang malakin para pengguna jalan yang lewat dengan alesan untuk meminta kontribusi kepada kita sebagai biaya perbaikan perjalanan. Padahal, mana mungkin kan pungutan gak resmi gitu digunain buat betulin sarana prasarana jalan. Pastinya itu mah uangnya buat kantong mereka sendiri. Untungnya sih tadi mereka gak maksa gitu, jadi ga ngasih pun ga apa-apa, cuma kan tetep aja itu teh bikin ga nyaman perjalanan kita.

Hal kayak gitu juga bukan cuma sekali dua kali terjadi di sekitar tempat wisata Jawa Barat/Banten. Biasanya para oknum yang doyan bikin pungli (pungutan liar) ini suka ngincer tempat-tempat wisata yang lagi booming atau rame. Kalo misal mereka itu gak maksa-maksa amat sih gak gitu masalah ya, masih bisa di-skip. Lha gw pernah ngalamin pas mau jalan-jalan ke salah satu wisata air terjun, gerombolan oknum tiba-tiba nutupin jalan kendaraan yang lewat dan bakal ngasih jalan kalo kita udah ngasih. Terus pernah juga pas di sekitar wisata Gunung Pandang Cianjur, yang nagih punglinya megang senjata tajam dong, bedog/golok gitu. Mungkin kalo ga ngasih, kita bakal ditodong kali ya. Hadeuh..

Ujungnya kita jadi serba salah kan? Mau majuin objek wisata, nanti malah banyak yang bakal aji mumpung bikin pungli gini. Ga dimajuin juga, sayang banget, karena kayak gitu bisa bantu warga sekitar buat buka usaha di sekitarnya. Terus kudu kumaha atuh ngembangin wisata kita teh?

Yeah, akhirnya kita pun cuma bisa berdoa aja semoga para pungli-ers ini segera insaf dan ga ganggu potensi wisata di sekitar wilayah kita. Dan untuk aparat daerah sekitar, semoga bisa nertibin mereka juga. Aamiin.

#344kata

No comments: