Monday, July 9, 2018

Cerpen: Ai Lap Yu, Eneng (30 Hari Menulis: Hari ke-15)


#30harimenulis #30harismenulis2018 #harike15

Tema : Picture-telling
Unggah sebuah gambar/foto beserta tulisanmu, tulislah apa yang kamu rasakan atau lihat dari gambar/foto tersebut. Jadikan ia sebagai inspirasi.

Catatan: Fotonya ditaruh di bawah ya..


Ai Lap Yu, Eneng

“Kang, capek? Istirahat aja dulu atuh, Kang..”  

Ah, aku bersyukur sekali bisa memiliki perempuan sepertinya yang selalu menaruh perhatian kepadaku.

“Ih, si Akang mah lagi panas terik tau, hayu neduh dulu, nanti lagi aja dilanjut nyangkulnya,” ucapnya lagi penuh khawatir. Kali ini aku menyerah, langsung saja kuikuti maunya, meskipun pekerjaanku menggarap kebun ini baru separuhnya saja. Lagipula memang sudah waktunya makan siang sih.

“Sini, Kang, duduk sebelah Eneng..” katanya lagi sembari memamerkan senyumnya.

Aku pun duduk di sampingnya, kutatap wajahnya yang cantik khas mojang Sunda, lalu kubalas senyumnya. Dan tanpa peduli dengan badanku yang penuh peluh, dipeluknya diriku dengan manja. Sekali lagi aku harus berterima kasih kepada sang Maha Kuasa karena telah menjodohkanku dengan seorang bidadari sepertinya.

“Neng, maafin Akang ya..” ucapku tiba-tiba, mata bulatnya menatapku dengan penasaran. “Karena Akang masih belum bisa jadi pria yang baik buat Eneng, belum bisa beliin apa-apa buat Eneng, belum bisa bahagiain Eneng.. Pokoknya Akang minta maaf!”

“Kang.. Eneng mah bisa ngeliat dan deket ama Akang tiap hari aja udah bahagia kok. Mau Akang dalam kondisi apa juga, Eneng pasti ada di samping Akang. Jadi, Akang ga usah ngerasa salah apa-apa ya,” ujarnya penuh kesungguhan, aku mendekapnya lebih erat.. “Oh iya, Eneng teh udah bawain makan siang  buat kita di rantang. Yuk, makan dulu..”

Usai berkata seperti itu, dia pun membuka rantang bawaannya dan menatanya di tikar yang dia hamparkan di bawah pohon mangga yang ada di pinggir ladang kami. Saat dia menata makanan itu, aku memerhatikannya dengan seksama. Seakan masih tak percaya kalau dia adalah seorang putri kaya raya dari seorang tuan tanah dari desa kami.

Yang membuatku salut, dia rela dibenci oleh keluarganya demi menikahiku. Keluarganya memang tak setuju dirinya menikah dengan petani miskin sepertiku. Makanya di setiap kesempatan aku selalu meminta maaf kepadanya, walaupun begitu, jawabannya tetap sama, dia mencintaiku apa adanya dan siap menemaniku apapun yang terjadi.

“Kang, Eneng ambilin ya makanannya..”” suara lembutnya memanggilku. “Mau disuapin juga gak?”

Sebelum aku sempat menjawab, tangannya sudah menyodorkan sesendok nasi beserta sepotong jengkol di atasnya. Aku pun membuka mulutku.. “AAA...”
.
.
.
“Adaaw!”

Sebutir buah mangga jatuh tepat di atas kepalaku. Aku yang tak kuasa menahan sakit dan kesal pun berteriak, “BUAH MANGGA NGEHE! KENAPA NYADARIN LAMUNAN GUA PAS SI ENENG DIKIT LAGI MAU NYUAPIN SIH!”

“Asep, ternyata si maneh teh di sini! Dari tadi dicari-cari kirain kemana, taunya keur ngalamun di bawah pohon. Udah gih buru macul lagi, jangan lama-lama teuing istirahatnya. Entar keburu sore!”

Duh, gagal romantis ama si Eneng, aku malah dimarahi oleh si Abah. Tapi tak apalah, anggap saja lamunanku tadi itu sebagai sebuah ramalan masa depan. Akang janji Neng, Akang bakal wujudin khayalan tadi jadi kenyataan. Ai Lap Yu, Eneng!




Selesai

#444kata

NB:
Moral of the story, jangan terlalu banyak ngelamun dan ngekhayal entar bisa gila. Kalopun masih mau ngelamun, pilih tempat yang aman, kalo bisa jauh-jauh dari pohon mangga.

No comments: