Wednesday, July 11, 2018

My First Trip to Yogyakarta Part Three (30 Hari Menulis: Hari ke-17)

#30harimenulis #30harimenulis2018 #harike17

My First Trip to Yogyakarta
Part Three
Edisi Pantai Pok Tunggal dan Pantai Watu Lawang

Pagi di Pantai Pok Tunggal

Sepulangnya dari Umbul Ponggok, gw n genk segera nancap gas ke wilayah pantai selatan Jogjakarta yang berada di daerah Gunung Kidul. Tujuan pertama kita adalah Pantai Pok Tunggal yang kalo diliat dari racun foto dari Mbah Gugel sih fotonya apik tenan. Nah, dikarenakan kemungkinan kita sampe di sana itu sekitaran bada Maghrib, maka mau ga mau kita mesti nginep deh di TKP. Dari hasil survey di internet sih di sana banyak penginapan juga, tapi berhubung kita udah bawa tenda, jadinya lebih seru kemping dong. Yep, moga-moga rencana kemping kita di pantai ini bisa terlaksana tanpa kendala berarti.

Dalam perjalanan menuju pantai selatan ini, kita ngikutin arahan dari GPS-nya Mbah Gugel. Alhamdulillah, jalan yang ditunjukinnya overall mulus. Salut deh buat pemerintahan Jogja, meskipun kita sering diarahin ke pedesaan gitu, tapi kita jarang nemu jalanan yang rusak. Udah gitu, kanan kiri jalan juga selalu dikasih pemandangan yang keren dari persawahan atau bukit-bukit hijau yang menjulang. Pokoknya sepanjang perjalanan teh, otak beneran ke-refreshing pisan.

Sayang, di pertengahan perjalanan, cuaca tiba-tiba mendung, dan ga perlu nunggu lama, turunlah rintik-rintik hujan. Untungnya motor yang kita sewa ini udah termasuk jas hujan, sehingga ga perlu kuatir baju atau barang bawaan kebasahan. Tapi karena hujan ini, kecepatan motor kita jadi diturunin deh. Alon-alon asal kelakon lah ya. Biar lambat asal selamat.

Betapa bahagianya kita pas nemu plang ‘Selamat Datang di Gunung Kidul’ setelah kurang lebih satu setengah jam nyetir. Tapi rupanya dari situ teh masih butuh waktu sejam lagi buat nyampe ke pantai yang mau kita tuju. Yosh, semangat lah, yang penting kita ga nyasar!

Patung Selamat Datang di Gunung Kidul #eh

Setelah kita masuk ke daerah Gunung Kidul ini, pemandangan sekitar lebih didominasi oleh pohon lebat euy. Kayaknya sekarang kita lagi lewatin jalan di tengah hutan yang ada di perbukitan. Soalnya jalannya juga mulai belak-belok plus nanjak turun lebih menantang daripada pas jalan di perkotaan yang lurus doang. Euh, mana sekarang juga udah Maghrib pula, jalanan ini pun minim penerangan, jadinya makin gelap deh. Dan entah kenapa, meskipun masih jam 6, suasana udah berasa horor. T_T

Kita terus pacu kendaraan kita dengan harapan segera menemukan lagi kehidupan. Tapi apa daya, sepanjang jalan malah kita hampir ga nemuin kendaraan lain yang sekedar pas-pasan atau berjalan beriringan. Herannya lagi, jalanan yang kita lewatin ini kayak makin sempit gitu, palingan cukup buat dua mobil doang kalo ditaruh berderetan, itu juga udah pas-pasan banget. Akhirnya karena ragu, kita cek lagi gmapsnya. Arahnya sih masih bener, tapi ama si GPS itu kita emang diarahin buat blusukan, karena pada dasarnya GPS kan emang nyari jalur tersingkat, tapi jangan yang sepi gini juga keleus! Hiks..

Cek ricek gmaps lagi dan akhirnya kita nemuin pencerahan, sekitar 15 menit lagi kita bakal nyampe ke jalan utamanya. Yeah, masih belum nyampe pantai sih, tapi seenggaknya kita nyampe di jalanan yang rame dan lebih luas dah. Ya udah deh, kita geber kecepatan motornya hingga akhirnya sampe di jalan utama yang penuh dengan tanda-tanda kehidupan. Kiri kanan yang kita lewatin sekarang mah kebanyakan berupa pemukiman penduduk. Udah gitu di setiap simpangan jalan juga mulai ada petunjuk jalan. Kalopun masih nyasar, banyak penduduk akamsi (anak kampung situ) yang bisa kita tanya. Kan jadinya kita bisa lebih tenang. Hehe..

Berhubung waktu Maghrib, masih ada. Kita pun melipir ke salah satu Masjid di perempatan jalan buat shalat sekalian istirahatin pantat yang mulai pegel. Selesai Shalat, kita mampir ke salah satu minimarket di sampingnya buat belanja bekal buat kemping nanti. Terus nanya-nanya arah juga deh. Kata si Mbak n Mas karyawan minimarketnya, pantai emang udah deket. Sik asik..

Btw, sebelum kita gas motor lagi, ternyata ada bapak-bapak yang nyamperin kita dan nanya tujuan. Kita pun jawab kalo kita mau ke Pantai Pok Tunggal. Tiba-tiba raut wajah si bapak itu terlihat khawatir. Soalnya katanya belokan menuju lokasi pantai itu rentan kelewatan. Jalanannya juga masih belum bagus. Alhasil dia pun nawarin buat nganterin kita sampe belokan itu lho karena katanya arah tujuan dia juga searah, rumahnya ada di deket situ.

Awalnya sih sempet curiga, takutnya kan kita malah dibawa kemana gitu. Tapi melihat ketulusan si Bapak, kita pun percaya aja. Dan bener deh, dia tuntun kita sampe salah satu belokan yang jalannya masih tanah bebatuan. Setelah itu dia instruksiin petunjuk jalan dari situ, katanya cukup ikutin aja, tapi hati-hati di pinggirannya masih jurang. Kita pun langsung ngucapin terima kasih ke beliau, dan si bapak itu pamit terus balik lagi ke arah kita tadi datang. Hey, berarti arah tujuan kita sebenernya berbeda ya. Makin salut deh sama si Bapak yang mau nganterin kita meskipun tujuannya berlawanan arah. Ah, ternyata orang Indonesia masih banyak yang ramah-ramah ya. *terharu*

Dengan perjuangan terakhir lewatin jalan berbatu, akhirnya kita pun tiba di parkiran Pantai Pok Tunggal. Karena ini weekday dan bukan musim liburan, motor yang keparkir pun cuma punya kita euy. Berarti besok juga kita maen di pantai kayak pantai pribadi dong ya. Ahay..

Setelah parkirin motor dan mastiin kunci atau barang bawaan ga ada yang ketinggalan, kita pun jalan ke arah pantai. Suara debur ombak yang besar kedengeran dari jauh. Beuh, ternyata pantainya luas euy, makanya si ombak pun hampir ga bisa keliatan alias samar-samar aja saking luasnya.

*Lirik jam di hape* Wih, udah jam 8 malem. Pantesan si Bapak yang nganterin kita tadi khawatir. Kita pun lirak-lirik cari tanda-tanda kehidupan lagi. Di pantai ini memang banyak warung-warungnya tapi kebanyakan udah pada tutup euy, Mau buka tenda pun agak ragu, karena ujan masih turun, terus kita juga belum izin ama warga sekitar. Takutnya kan buat kemping ada wilayah-wilayah tertentu gitu, ga bisa asal buka dimana aja. Setelah jalan sekitar 20 meter, ternyata ada warung yang buka. Dengan senang hati kita pun mampir dan mesen teh manis hangat untuk ngobatin tubuh dari rasa dingin serta sepiring nasi goreng untuk ngasih makan cacing-cacing di perut.

Abis itu kita tanya soal tempat yang bisa dipake kemping, kata mereka sih bebas aja, asal jangan terlalu deket ke bibir pantai, takut laut tiba-tiba pasang. Lagipula kan memang masih ujan. Akhirnya dengan kebaikan hati mereka, si Mas dan Mbak pemilik warung malah nawarin kita buat istirahat di bale-bale warungnya aja. Tadinya kita mau nolak karena merasa ga enak, tapi ternyata mereka malah udah ngeluarin tiker dan karpet buat alas tidur kita. And you know what, semuanya tanpa biaya alias gratis. Ini teh bener-bener ketulusan mereka aja yang ngeliat kita udah cape dari perjalanan jauh. Memang sih bale-bale ini sederhana, tapi bagi kita yang udah letih lelah ini kayak hotel bintang lima. Akhirnya setelah laksanain Shalat Isya, kita semua pun terlelap ditemani suara merdu deburan ombak di pantai.

Day Two

Menyambut sunrise di Pantai Pok Tunggal
Sekitar jam 5 Subuh, kita semua udah bangun lagi. Kita pun segera melaksanakan Shalat Subuh terlebih dahulu. Setelah itu lambat laun suasana sekitar pantai mulai terlihat. Sesuai dugaan, pasir putih pantai ini memang luas sekali. Jarak dari bale kami ke bibir pantai juga ternyata cukup jauh. Mungkin sekitar puluhan meter. Tapi biarpun semaleman hujan, air laut malah keliatan lagi surut. Cuaca pagi itu juga ternyata malah terlihat cerah euy. Ga ada awan mendung bergelayut di langit.

Jepret jebret.. Padahal gaya doang itu mah..

Berharap ada sunrise di Pantai Pok Tunggal ini, kita pun naik ke tebing di atas pantai. Kata si Mbak warung, pemandangan dari atas memang bakal lebih bagus. Dan setelah setengah jam berjalan kaki, semua itu terbukti. Pemandangan lautan lepas Samudera Hindia sangat-sangat-sangat kuereeen dari atas sini. Sayangnya, sang matahari terbit dari bukit di sebelah kiri tebing ini. Tapi tetep ga ngurangin kekerenan pemandangannya sih. Oke lah, berhubung cahaya mulai terang, kita pun mulai sesi foto-fotonya. Udah jauh-jauh dari Bogor ke sini, masa ga ada kenang-kenangannya, iya nggak? Heuheu..

Ngemeng-ngemeng di pantai ini beneran cuma ada kita doang lho. Berasa private beach lah. Jadinya mau ngapain aja bebas kali ya. Bebas sih, asal jangan lakuin yang enggak-enggak aja, kayak lakuin vandalisme atau malah berbuat mesum. Ya kali atuh ah. -_-

Puas foto-foto di atas tebing, kita pun turun lagi. Kita pun baru sadar ternyata si Pantai Pok Tunggal ini garis pantainya ga begitu panjang euy dan ngebentuk cekungan kayak teluk gitu. Cuma tetep aja ombak yang ngehempas ke bibir pantainya itu gede-gede pisan, khas ombak pantai selatan Jawa lah. Tadinya mau coba main air di bibir pantainya, tapi kita urungin niat aja karena perjalanan itin masih padat, takut kecapekan duluan. Tapi berhubung masih pagi, kita lanjut eksplor ke setiap sudut pantai ini.

Btw, kata si Mbak kalo dI sebelah kiri tebing yang kita naikin itu ternyata ada pantai lain, tapi jalanannya baru longsor jadi masih belum aman buat dilewati. Nah, dia pun nyaranin kita buat jalan ke arah kanan aja, katanya di situ ada pantai bagus juga yang penuh dengan batu karang. Duh cuma rada lupa euy namanya kalo ga salah namanya tuh Watu Kodok atau apa gitu ada watu-watunya pokoknya. Eh, setelah cek mbah Gugel ternyata namanya Pantai Watu Lawang. Jauh amat ya ama yang gw inget. Wakaka..

Berbeda ama Pantai Pok Tunggal yang berhamparkan pasir putih yang luas, pantai Watu Lawang kebanyakan didominasi oleh batu-batu karang di bibir pantainya. Hal ini ngebikin spotnya jadi banyak yang instagramable banget. Sengaja eksplor di pantai ini dengan nyusurin bibir pantainya dan memang itu keputusan yang bener. Soalnya kita jadi bisa sesekali rendemin kaki di air laut yang bening pisan. Terus ngerasain sensasi pijatan lembut begitu nginjak pasir pantainya yang halus. Belum lagi di area pantai memang bentuk karangnya unik-unik. Ya udah deh, kalo udah gini mah, siap-siap keluarin kamera dan foto-foto. Hoho..

Masak air buat ngupi dan nyusu pagi

Akhirnya tenda cuma jadi properti foto-foto. Haha

Penampakan salah satu batu karang unik di Pantai Watu Lawang

Ga kerasa matahari udah mulai meninggi, kita pun mutusin balik ke bale-bale warung. Air laut juga mulai pasang euy, jadinya buat rute pulang kita lewat jalur atas yang udah dibuat warga deh. Sekitar jam 9 kita udah di warung lagi. Kita pun numpang mandi di toilet warung. Istirahat sejenak dan siap capcus lagi ke arah timur untuk eksplor pantai Gunung Kidul lainnya. Yep, karena pantai inceran kita kali ini rada jauh, jadinya kita kudu naik motor lagi deh.

Kelar mandi, kita pun mesen sarapan ke si Mbak. Dan selesai sarapan, kita harus berpamitan dengan mereka. Eit, ga lupa buat bayar semua makanan dan minuman yang kita pesen dong. Dan kagetnya, semua itu murah pisan lho. Pas ditanya apa bener ga salah itung, mereka jawab, “Iya, kita ga mau mahalin harga, supaya para pengunjung ga kapok dan datang ke sini lagi.” Beuh, bener pisan. Coba aja kalo wisata Jawa Barat bisa kayak gini. Tapi karena mereka udah mau kita repotin, kita pun kasih uang lebih dan berdoa semoga mereka makin dilancarin rezekinya.

Kalo gitu, sampai ketemu lagi ya Mas dan Mbak pemilik warung.. Sampai ketemu lagi juga buat Pantai Pok Tunggal. Dan mari kita lanjut petualangan kita di daerah Gunung Kidul Jogjakarta ini.. Berancuuut..!

Bersambung..

#1747kata

NB:
Masih bersambung ya sodara-sodara. Perjalanan masih panjang. Padahal liburannya mah pendek. Wekeke.. Tetep nyimak sampe part terakhir ya!