Friday, July 6, 2018

Tips Ngurangin Kecanduan (30 Hari Menulis: Hari ke-12)


#30harimenulis #30harimenulis2018 #harike12

Tips Ngurangin Kecanduan

“... Dan janganlah kamu berlebih-lebihan, sesungguhnya Allah tidak menyukai orang yang berlebih-lebihan.” QS. Al An-‘Aam ayat 141.

Sengaja majang kutipan terjemahan dari salah satu ayat di dalam Al-Qur’an di paling awal karena kali ini gw mau bahas soal kecanduan. Yeah, pada dasarnya kecanduan memang perbuatan yang dilakukan secara berlebihan sampai harus mengorbankan atau melupakan rutinitas lainnya. Sebagai contoh  yang paling banyak terjadi diantaranya kecanduan terhadap game, narkoba, internet, gadget, dan lainnya.

Gw masih inget deh, dulu pernah baca berita ada seorang pria tewas di warnet setelah bermain games 3 hari berturut-turut sampe lupain makan. Dan juga banyak berita-berita kayak artis yang dari luar keliatan kayak baik-baik aja, ga taunya kecanduan narkoba bahka sampe jadi pengedar juga. Dan FYI sekarang kecanduan game udah dimasukin ke kategori gangguan mental ama WHO lho! Emang segitu negatifnya kah perihal kecanduan ini? Kalo ngeliat contoh-contohnya sih iya. Terus gimana cara supaya kita bisa ngendaliin yang namanya kecanduan ini?

1.       Cara awal paling gampang sih, dengan mengontrol atau mengurangi jatah kita saat melakukan hal yang kita candu. Misal, dari awalnya kita maen game hingga 10 jam sehari, kita kurangi cukup 2 jam aja.
2.       Minta bantuan ke temen atau keluarga supaya ikutan ngawasin kita. Nah, saat kita mulai konsisten buat nyoba ngurangin kebiasaan kita yang berlebihan, support dari temen atau keluarga sangat dibutuhin di sini. Jadi kalo misalnya kita udah mutusin buat maen game 2 jam aja, ya udah stop, kalo masih ngeyel, temen/keluarga kita bakalan ngasih tau atau lebih bagus kalo mereka juga bisa tegas dan langsung ngehentiin kegiatan kita saat itu juga. Awalnya pasti keliatan ngeselin, tapi kalo kita udah berhasil, dijamin bakal berterima kasih ama mereka.
3.       Alihkan perhatian dengan melakukan kegiatan lain yang lebih berguna. Bisa dengan memperbanyak ibadah atau sekedar jalan-jalan menikmati lingkungan/alam sekitar buat refreshing otak atau kalo masih anak sekolahan bisa dengan belajar or ngerjain tugasnya, dan lain-lain. Jadi kan selain kita bisa ngurangin porsi kecanduannya, kita bisa nyelesein hal lain juga, ga stuck di satu kegiatan doang.
4.       Masih susah? Apa boleh buat, perlu bantuan psikolog deh. Yeah, pilihan terakhir emang kudu diserahin ke ahlinya lah. Mereka pasti lebih tau cara-cara yang lebih jitu untuk ngatasin kecanduan ini. Mungkin bisa jadi malah jadi terapi penyembuhan paling cepat diantara lainnya.

Akhir kata, semoga tulisan gw kali ini bisa bermanfaat ya, minimal buat gw pribadi, umumnya buat yang mau rela buang waktunya buat baca tulisan ini. Dan juga mohon maaf kalo ada salah-salah kata yo. Maklum, gw pun hanya manusia biasa dan pernah jadi korban kecanduan juga. Kalo gitu, sampai ketemu di tulisan lainnya.. Bhay!

#418kata

1 comment:

duniaputri said...

konseling. HAHAHA. Abaaaaaay, miring2nya manaaaa? manyeeeeh. uing sok sakapeung, nepi ka "nyuruk" lantas sadar, anjay aing kudu taubat dari candu ini. menyadari bahwa diri ini kecanduan, teu gampang oge sih. bisa tapi, dengan kekuatan bulan esalah pikiran. hasyah.