Tuesday, July 3, 2018

My First Trip to Yogyakarta (30 Hari Menulis: Hari ke-9)


#30harimenulis #30harimenulis2018 #harike9
Tema: Perjalanan


Stasiun Yogyakarta

My First Trip to Yogyakarta

Jujur aja, karena gw ini sering banget yang namanya jalan-jalan *belagu* (namanya juga hobi, iya nggak?), jadinya di challenge perjalanan 30 hari menulis ini gw  malah bingung mau ngangkat yang mana. Sempet nulis draft perjalanan ke Pulau Seribu, tapi pasti kepanjangan, akhirnya disimpen dulu deh di dokumen. Terus sekarang mau bahas apa dong? *Pura-pura mikir* Aha! Sekarang mah bahas tentang pengalaman pertama naik kereta api jarak jauh dan naik pesawat terbang aja, yes? *pembaca say: “Serah lo dah, tong!”*. Gimana sih kenorakan gw saat bepergian ke luar daerah? Lets cekidot kuy..

September tahun lalu, saat gw baru berhenti kerja, dan akhirnya ngerasa bebas karena punya waktu  yang buaanyak puool, gw pun ngajakin beberapa temen untuk jalan-jalan ke Yogyakarta. Gayung bersambut, dua orang temen (Ridwan dan Om Danny –red) mengiyakan ajakan gw dan siap untuk mengeksplor Kota Pelajar juga. Sempet berdebat soal transportasi apa yang bakal dipake buat ke sana. Niat awal sih mau pake motor, tapi akhirnya diurungkan aja, takut pas nyampe sananya malah keburu kecapean. Padahal, motor Mio gw udah diservis full tuh (baca: ganti oli doang keleus #eaa), eh, malah ga jadi dipake. Terus apa dong hasilnya? Kita pun deal untuk make kereta untuk pulang perginya.

Eh, tunggu? Kok jadi naek kereta PP, naik pesawatnya kapan? Nah, di sinilah terjadi perdebatan lagi, karena kita mau trip ala backpacker yang murah, opsi pesawat terbang pun sempat bakal dihapus. Beruntung, juragan Ridwan memberi keringanan buat gw dan om Danny, untuk membayar separuh harga tiket pesawatnya. Alesannya sih karena dia pengen nyobain naik pesawat juga. Haha, kirain teh gw doang yang pengen ngerasain itu.

Ya udah, kalo udah gini mah libas aja deh. Jadi, hasil keputusannya adalah berangkat naik kereta, pulang naik pesawat terbang. Udah ya, deal ya, jangan sengaja manjang-manjangin debat lagi supaya batas minimal kata tercapai (ala trik om Ari. Ahaha). Akhirnya, dua minggu sebelum keberangkatan, kita pun beli tiket secara online. Tiket Kereta Bogowonto dari Stasiun Pasar Senen tujuan Stasiun Yogyakarta dan Pesawat Terbang Air Asia dari Bandara Adi Sucipto ke Bandara Soekarno-Hatta.

Geng ngaprak Yogyakarta.. ki-ke-ka (Om Danny, gw, Ridwan)


Hari-H

Karena gw jalan-jalan hanya selama 3 hari 4 malam di sana, jadinya barang bawaan pun ga gitu banyak, satu ransel juga cukup lah. Lagian cowok mah ga pake rempong juga kan. Kaos dua biji juga rasanya udah cukup. Cuma berhubung, ada rencana kemping di pantai, gw pun ngejinjing tenda ukuran 4p juga. Setelah persiapan ready, gw segera meluncur ke Stasiun Bogor untuk bertemu kedua temen gw.

Jadwal kereta Bogowonto yang kita pesan tuh berangkat jam 21.45, kita pun berangkat dari Stasiun Bogor dari jam 6 atau bada Maghrib. Supaya nyampe ke sana sekitar jam 8an, jadinya bisa nyantai dulu dan ga bakal diburu-buru waktu. Buat ngurangi resiko kalo ada kendala apa-apa juga sih. Pan ga lucu, di pengalaman pertama gw naik kereta ke Jawa, gw-nya ketinggalan kereta. Wekeke..

Untungnya, perjalanan kita sesuai dengan rencana. Palingan sedikit tersendat pas kita naek taksi online dari Stasiun Gondangdia ke Stasiun Pasar Senen-nya. Maklum jam pulang kerja, lalu lintas Jakarta jadi rada macet. Sampe di Stasiun Pasar Senen, kita mutusin untuk cetak tiket dulu. Karena gw ama si Ridwan baru pertama kali ke stasiun ini, kita berdua pun nyerahin segala urusan ke om Danny. Eh, tapi ternyata om Danny juga keder, karena terakhir kali dia ke sini tuh udah lama dan sekarang kondisinya udah banyak perubahan. Emang terakhir ke sini berapa puluh tahun lalu, om? *digetok om Danny* Haha..

Akhirnya kita cari-cari petunjuk aja dan beberapa kali nanya ke pak satpam yang lagi jaga. Sempet nyasar malah ke tempat pembelian tiket, untung si Mbak CS-nya baik, dia pun nunjukin tempat cetak tiketnya. Terima kasih Mbak-nya, sekarang kita udah megang tiket fisiknya deh. Fyuuh, lega juga, coba ya kalo aja kita dateng pas waktu mepet, pasti udah panik tuh. Untung aja, kita datengnya lebih awal.

Beres cetak tiket, jam masih nunjukin pukul 20.30, masih sejam lebih lagi. Kita pun mutusin buat ISHOMA (Istirahat, Sholat, Makan) dulu.

Hingga ga berasa ada pengumuman dari speaker bahwa kereta Bogowonto jurusan Yogyakarta sudah tiba. Kita pun diarahkan ke salah satu pintu, dan disuruh mempersiapkan tiket plus ktp/tanda pengenal lainnya sesuai nama yang tertera di tiket. Berhubung bukan musim liburan, antrian pun ga gitu panjang, dan tanpa waktu lama, kita udah ada di atas peron. Sebenernya pengen foto-foto dulu di depan keretanya *norak*, tapi berhubung keretanya udah mau berangkat 5 menit lagi, jadi ya udah deh langsung naek aja.

Di dalam Kereta Bogowonto kelas ekonomi, tempat duduknya tuh saling berhadapan dengan posisi 2x2 dan ada dua baris. Jadi satu bangku cuma dua orang dan itu lumayan lega. Cuman sayangnya, si bangkunya rada keras euy. Mudah-mudahan bisa tidur di keadaan kayak gini deh selama perjalanan. Yang pasti untuk ukuran kereta ekonomi, keretanya sih udah lumayan nyaman. Udah AC, terus ada colokan di setiap jendela (lumayan kan buat ngecas hape), dan toiletnya juga bersih. Oh iya, sekarang juga udah ga dijual lagi tiket berdiri (udah dari lama keleus), so kondisinya juga makin enak.

Tuut.. Tuut... Sang kereta malam pun akhirnya berangkat. Gw excited parah nih pas rangkaian kereta mulai bergerak.  Tapi karena kita berangkat malem, alhasil ga ada pemandangan yang bisa diliat deh. Ya udah sih, sekarang mah tidur aja dan berdoa semoga bisa selamat sampai tujuan.

Euh, ternyata nyobain tidur sambil duduk di kursi yang rada keras tuh susah juga. Padahal goncangan kereta ga gitu kerasa lho. Untungnya (lagi), sekarang bukan musim liburan, banyak kursi kosong tak berpenghuni. Gw pun pindah ke kursi itu untuk tidur dengan posisi miring. Yang pasti lebih nyaman dari posisi duduk lah. And finally, gw berhasil terlelap.

Gw terbangun di Subuh hari saat kereta sudah sampai di daerah Purwokerto. Keretanya juga lumayan berhenti lama di sini. Tadinya pengen turun dulu buat nikmatin udara segar dan numpang Shalat Subuh di Musholanya. Tapi nanti takut ketinggalan ah.. Maklum baru pertama kali, jadi masih atut-atut gitu. Nah kan, baru aja diomongin keretanya udah berangkat lagi. Hehe.. Alhasil kita pun ngelaksanain Shalat Subuh di dalam kereta aja.

Sekitar jam setengah 6, matahari mulai muncul dengan malu-malu. Kereta juga sepertinya sudah masuk di wilayah Yogyakarta. Akhirnya pemandangan pedesaan mulai terlihat. Sawah-sawah terhampar luas dan gunung serta bukit yang berdiri kokoh menyambut kedatangan gw n geng di pagi itu. Udah deh, dari situ mah mata gw teu bisa ingkah (ga bisa pindah) dari jendela. Here we come, Yogyakarta!

And finally, sekitar jam 6 pagi, kereta yang kita tumpangi berhasil touch down di stasiun tujuan. Sebelum turun, kita cek ricek dulu, takut ada barang yang ketinggalan. Setelah yakin ga ada barang yang tertinggal, kita pun berjalan ke pintu kereta. Dan inilah, langkah pertama gw di Daerah Istimewa Yogyakarta!

Bersambung..

#1091kata

NB:
Nah, kan.. Gw teh kalo nulis catatan perjalanan selalu kepanjangan.. Ini teh baru perjalanan berangkatnya, belum entar di Yogyanya, terus pas pulangnya. Hahaha.. Kalo gitu nanti ditunggu kelanjutannya lagi ya! Wekeke..

No comments: